Pria Di Samarinda Memilih Gantung Diri Karena Ditinggal Istri

Pria Di Samarinda Memilih Gantung Diri Karena Ditinggal Istri

ONIXNEWS – Lantaran depresi karena berpisah dengan sang istri sekitar satu tahun lalu, seorang pria berusia 42 tahun ditemukan tewas gantung diri di salah satu ruko di jalan Tarmidi kelurahan Sungai Pinang Luar, kecamatan Samarinda Kota, Samarinda, Kalimantan Timur.

Jenazah yang berinisial RF ini ditemukan tewas pada hari minggu (30/8/2020), kapolsek Samarinda Kota AKP Aldy Harjasatya mengatakan bahwa jenazah ditemukan gantung diri menggunakan tali yang digunakan untuk ayunan.

“untuk barang bukti yang diamankan ada tali, foto keluarganya dan ikat pinggang” ujar Aldy.

Dalam penyelidikan sementara yang dilakukan oleh kepolisian, tidak ditemukan tanda tanda kekerasan dari tubuh korban.

“menurut keterangan dari pihak keluarga, korban diduga depresi akibat ditinggal istrinya.” Tuturnya.

Setelah melakukan penyelidikan di TKP, pihak kepolisian langsung mengevakuasi korban dan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah, Abdoel Wahab Syahranie Samarinda.

Sedangkan untuk keluarga korban dibawa ke Polsek Samarinda Kota untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Sumber : Tribunkaltim.co

Editor : Onixradio

Mulai Dari Hilangkan Ketombe Hingga Mencegah Kanker, Ini dia Khasiat lain Daun Salam

Mulai Dari Hilangkan Ketombe Hingga Mencegah Kanker, Ini dia Khasiat lain Daun Salam

ONIXNEWS – kalian pernah menyadari gak sih bahwa ternyata bumbu dapur yang biasa kita gunakan dalam pembuatan makanan untuk menambah cita rasa ternyata memiliki manfaat lain. Contohnya Daun Salam, ternyata daun yang biasa kita temui di dapur ini memiliki manufaat untuk kesehatan tubuh loh.

Banyak orang yang belum mengetahui apa manfaat lain dari daun ini, melansir lybrate.com, berikut manfaat hebat daun salam untuk tubuh:

  1. Membantu meningkatkan kesehatan jantung

Asam caffeic dan rutin adalah senyawa organik penting yang ditemukan di daun salam. Rutin memperkuat dinding kapiler di jantung, sementara asam caffeic dapat membantu menghilangkan kolesterol "jahat" dari sistem kardiovaskular.

  1. Mengobati masalah menstruasi

Nah untuk kalian yang biasa merasakan nyeri perut saat haid atau haid yang tidak teratur bisa nih mengkonsumsi olahan daun salam ini. Minum air daun salam dapat melancarkan menstruasi secara teratur. Selain itu Daun salam juga memiliki sifat untuk menyembuhkan keputihan.

  1. Tidur lebih nyenyak

Tidur yang tidak nyenyak kadang membuat kita tidak fit saat bangun keesokan harinya, konsumsi daun salam sebelum tidur membantu tidur lebih nyenyak. Cukup teteskan beberapa tetes ekstrak daun salam, yang dicampur dengan air dan diminum.

  1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Buat yang punya masalah dengan system pencernaan nih, Daun salam punya efek sangat kuat pada sistem gastrointestinal. Tak hanya merangsang buang air kecil, tapi bisa menurunkan kandungan racun pada tubuh dan juga merangsang untuk muntah ketika sesuatu beracun tak sengaja dikonsumsi. Senyawa organik di daun salam sangat efektif untuk meredakan sakit perut. Beberapa protein yang sulit dicerna, tetapi daun salam punya enzim unik untuk membantu melancarkan pencernaan.

  1. Meningkatkan kesehatan rambut

Kalian punya ketombe ? huh ganggu banget kan ? rasa gatal dikepala membuat kita gak nyaman nah Daun salam bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Untuk meningkatkan kesehatan rambut dan menghilangkan ketombe, daun salam dikukus dalam air dan kemudian digosokkan pada kulit kepala setelah keramas.

  1. Membantu mengobati kondisi pernapasan

Ketika minyak esensial daun salam diekstrak, dapat dicampur ke dalam salep dan dioleskan ke dada untuk membantu meringankan masalah pernapasan. Cukup oleskan di dada dan biarkan dalam semalam. Menghirup uap dengan rebusan air dan daun ini punya efek yang mirip aromaterapi dan dapat mengencerkan dahak. Sifat antibakterinya juga dapat menghilangkan bakteri berbahaya yang mungkin terperangkap di saluran pernapasan.

  1. Membantu mencegah kanker

Kombinasi unik antioksidan dan senyawa organik padadaun salam seperti fitonutrien, katekin, linalool, dan parthenolide, membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan sel-sel sehat bermutasi menjadi sel-sel kanker.

Yups, itu tadi beberapa manfaat lain dari daun salam, selain manfaatnya yang menambah cita rasa ternyata ada manfaat lain yang tersembunyi. Selamat mencoba !

Sumber : Nakita.id

Editor : Onixnews

Jerinx Menulis Surat Meminta IDI Untuk Melakukan Penelitian Terhadap Dirinya

Jerinx Menulis Surat Meminta IDI Untuk Melakukan Penelitian Terhadap Dirinya

ONIXNEWS – Setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ujaran kebencian, Jerinx SID pemilik nama asli I Gede Ari Astina menitipkan sebuah surat yang ia tulis dari dalam penjara yang ia titipkan kepada Nola Alexandra kemarin (27/8/2020).

Jerinx ditangkap dengan kasus pelecehan profesi IDI yang ia utarakan melalui akun instagramnya. Setelah ditahan beberapa waktu, pihaknya pun mengajukan untuk penangguhan penahanan, namun hasilnya nihil karena pihak kepolisian menolak nya.

Berikut isi surat yang Jerinx tulis :

1.Tanggal 13 Agustus 2020 polisi melakukan swab test kepada saya di Rutan Polda Bali dan disaksikan seluruh tahanan dan petugas jaga. Hasil tes swab saya NEGATIF (-). Yang mana artinya sejak sebelum saya ditahan saya tidak membahayakan nyawa siapapun.Penting di catat sejak 4 Juni 2020, setiap hari saya kontak langsung dengan ratusan bahkan ribuan orang, minum 1 gelas ramai2, terkait kegiatan bagi2 pangan gratis bagi warga yang membutuhkan di tempat usaha saya, TWICE BAR.Jika boleh saya memberi masukan, sebaiknya IDI/Kemenkes meneliti kondisi saya untuk menemukan penjelasan ilmiah kenapa saya tidak terinfeksi Virus Covid-19. Saya siap lahir batin menjadi relawan agar bangsa yang saya cintai ini lekas terbebas dari rasa takut yang berlebihan.

2.Sebagai WNI setiap tahanan berhak mengajukan penangguhan tahanan dan hal ini dilindungi oleh Undang Undang. Saya mengajukannya BUKAN karena saya cengeng tapi karena saya melihat banyak sekali kejanggalan dan konflik kepentingan dalam kasus saya. Detail kejanggalannya bisa di pelajari di tayangan "Hotroom Hotman Paris" yang membahas kasus saya (tersedia di Youtube).Tolong dicatat saya belum dinyatakan bersalah oleh pengadilan Jadi biarkan saya bertarung di pengadilan dan apapun keputusan pengadilan nanti akan saya terima secara ksatria.Sekali lagi saya tidak cengeng. Yg cengeng itu adalah mereka-mereka yang melanggar protokol kesehatan namun lolos dari jerat hukum karena dekat dengan kekuasaan. Yang BLENGIH SEJATI adalah mereka mereka yang tidak pernah memberi makan warganya namun menertawai rakyat yg berjuang memberi makan ratusan perut kelaparan tiap harinya tanpa pamrih. Yang tidak berpendidikan adalah mereka yang memanfaatkan kekuasaan untuk menginjak hak warganya lalu berlagak paling suci seolah tanpa dosa. Leluhur Bali tidak buta. Karma itu NYATA !!!

3.Saya mohon kepada kawan2 yg santun, cerdas dan memiliki pergaulan luas agar jangan diam saja melihat ketidakadilan yg menimpa rakyat kecil terkait kebijakan wajib rapid/swabtest. Negara kita memiliki anggaran ratusan triliun rupiah untuk pandemi ini. Sudah seharusnya tdk ada rakyat yg diharuskan membayar untuk rapid/swabtest dan dengan anggaran sebesar itu semestinya tidak ada rakyat yg kelaparan. Kelaparan adalah sumber utama kriminalitas.

Jadi, kawanku yg selalu cerdas dan kritis tolong gunakan santunmu dalam membela yang lemah. Gunakan wawasan adidayamu dalam melindungi hak rakyat kecil. Buktikan pada dunia jika sopan santun adalah satu2nya cara yg mampu membebaskan bangsa ini dari penjajahan dan pembodohan.

Rutan Polda Bali, 17 Agustus 2020

Surat yang Jerinx tulis dan di upload sang istri di akun instagramnya.

Kasus yang menjerat Jerink saat ini dilimpahkan ke kejaksaan, mengenakan seragam tahanan dan tangan diborgol, drummer grup band Superman Is Dead (SID), I Gede Ari Astina alias Jerinx digiring ke ruang pemeriksaan lantai tiga gedung Ditreskrimsus Polda Bali, Kamis (27/8/2020).

Jerinx bakal menjalani proses pelimpahan tahap dua dari kepolisian ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali. Sambil digiring, Jerinx yang mengenakan masker di dagu mengaku dirinya dalam kondisi sehat.

"Sehat, Jeg Merdeka!" kata Jerinx sebagaimana dikutip dari TribunBali.Jerinx berjanji akan mengeluarkan beberapa statement ke publik setelah dirinya melalui proses pelimpahan ke Kejaksaan.

"Saya ada beberapa statement nanti," ucap Jerinx. "Kedatangan kami untuk mendampingi proses pelimpahan perkara Jerinx ke kejaksaan," kata Gendo.

Gendo berharap pihak Kejaksaan, khususnya Jaksa Penuntut Umum memberikan penangguhan terhadap penahanan Jerinx.

Pertama, menurut Gendo, sekarang masih masa pandemi Covid-19.Kedua, terkait kebijakan pemerintah untuk mengurangi jumlah tahanan di dalam rutan.

"Kemudian, Jerinx ini kan bukan koruptor, bukan juga terkait suap menyuap, dan ini juga bukan kasus pembunuhan yang membahayakan masyarakat, HP-nya sudah disita, jadi apa urgensi untuk penahanan Jerinx," tambah Gendo.

Sumber : Tribunkaltim.co

Editor : Onixradio

Covid-19 Dan Relaksasi Di Kota Balikpapan

Covid-19 Dan Relaksasi Di Kota Balikpapan

ONIXNEWS – Jika kita membicarakan tentang covid-19 tidak aka nada habisnya, karena selama beberapa bulan kita sudah melewati keadaan yang sangat berdampak kepada keidupan sehari hari karena pandemi ini. SERSAN NGOPI kemarin (26/8/2020) mengambil tema tentang Covid-19 & Relaksasi. Kali narasumber yang dihadirkan yaitu Zulkifli (Kasatpol dan Bid. Penegakan hukum gugus tugas covid-19 Kota Balikpapan), Chita Wijaya (CEO Mahacita Indonesia Event Organizer), Adam (Anggota Gugus Tugas) dan Rere (Perwakilan Masyarakat).

Sampai dengan agustus ini Balikpapan sudah masuk fase ke 3 relaksasi, namun untuk saat ini dalam upaya pencegahan penyebaran yang lebih luas pemerintah belum bisa membuka THM (Taman Hiburan Masyarakat), hal tersebut dikarenakan masih banyaknya hal hal yang perlu di pertimbangkan lagi.

Selain daripada itu, ada beberapa tempat umum dan fasilitas umum di Kota Balikpapan yang masih belum menerapkan protokol kesehatan. Dengan adanya hal tersebut, membuat para petugas lebih ekstra lagi melakukan pengawasan dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

“dengan adanya pandemi ini kita menyesuaikan diri dengan konsep new normal, kami belajar banyak dari sini. Melakukan koordinasi melalui daring dan melakukan promosi event webinar tersebut dengan online. Dari sini itu kita jadi punya pr baru untuk belajar lebih dalam lagi dengan digital” ujar chita menanggapi dampak dari pandemi terhadap industry kreatif.

1 bulan terakhir Kota Balikpapan mengalami peningkatan kasus sebesar 300%. Dengan adanya peningkatan yang sangat besar ini, pemerintah Kota Balikpapan akhirnya menerbitkan Perwali No 23 tahun 2020 tentang penegakan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya untuk pencegahan dan pengendalian covid-19 di Balikpapan.

“kita mungkin terlihat tinggi karena kita banyak melakukan swab massal dan rapid test massal, jadi kita banyak mengindifikasi lebih awal penularan ini,akhirnya data kita semakin besar” ujar adam.

Sanksi mengenai wajib masker ini diberlakukan kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker dikenakan denda sebesar Rp 100.000 . Dengan adanya peraturan ini diharapkan masyarakat lebih peduli akan kesehatan dan kondisi sekitarnya.

“saya menemukan 2 kenyataan di kota Balikpapan, yang pertama covid itu benar ada dan yang kedua banyaknya yang belum sadar. Jadi jangan lagi bilang covid itu tidak ada” ujar zulkifli melihat keadaan pandemi selama ini. Perwali mengenai tindak disiplin ini diminggu pertama hanya menerapkan teguran lisan oleh petugas kepad pelanggar. Namun di minggu kedua akan mulai diberlakukan denda tersebut.

“yang masyarakat minta adalah aksi dari penindakan kedisiplinan tersebut. Banyak warga yang sudah peduli ternyata lebih banyak yang tidak disiplin atas protokol itu sendiri. Sehingga menyebabkan lebih banyak yang positif” ucap rere yang mewakili keluh kesah masyarakat tentang pandemi yang tak kunjung usai ini.

Covid-19 bukan mainan jangan masa bodoh yang berlebihan, jika mengharap pemerintah hanya akan menjadi harapan. Mari kita bergerak bersama untuk mencegah penyebaran, pemerintaha butuh kesadaran bukan ketidakpedulian.

Editor : OnixRadio

Strategi Digital Marketing Produk Halal Yang Harus Disiapkan Oleh Pelaku Usaha

Strategi Digital Marketing Produk Halal Yang Harus Disiapkan Oleh Pelaku Usaha

ONIXNEWS - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan kemarin (24/8/2020) telah menggelar Webinar Edukasi Mengenai Strategi Digital Marketing Produk Halal di Era New Normal sebagai bagian dari rangkaian Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Kawasan Timur Indonesia (KTI) tahun 2020.

Webinar ini dibuka oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Bimo Epyanto, dan diikuti oleh lebih dari 500 peserta UMKM, akademisi, pondok pesantren, asosiasi, pelaku usaha, dan lembaga/Pemerintah Daerah di seluruh kawasan Timur Indonesia mulai dari Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, hingga Papua secara daring.

Webinar ini menghadirkan tiga narasumber dari pakar ekonomi islam dan praktisi ekonomi digital yaitu Tim Ahli Dewan Industri Kreatif Syariah Indonesia (IKRA), Adiwarman Karim, CEO Hijup.com, Diajeng Lestari, dan Director of Government Affairs & Strategic Collaborations Grab Indonesia, Uun Ainurrofiq.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menyampaikan pentingnya pelaku usaha di daerah memanfaatkan potensi besar marketplace di Indonesia untuk marketing produk-produk halal. Produk halal yang tersertifikasi memiliki nilai jual dan daya saing yang tinggi terutama di era kebiasaan baru yang mengedepankan prinsip lifestyle bersih dan sehat. Nilai transaksi 4 marketplace terbesar pada bulan Mei 2020 mencapai Rp 20,08 triliun. Sedangkan total nilai transaksi 14 marketplace terbesar pada bulan Mei 2020 mencapai Rp 24,07 triliun.

Dalam menghadapi era kebiasaan baru saat ini, Tim Ahli Dewan Industri Kreatif Syariah Indonesia (IKRA) juga menuturkan bahwa pelaku ekonomi daerah terutama UMKM dapat menerapkan 3 (tiga) strategi yang sudah dilakukan perusahaan besar untuk memaksimalkan potensi yang ada yaitu: i) pendekatan same product – different channel melalui diversifikasi channel penjualan dengan produk yang sudah ada, ii) pendekatan same infrastructure – different product yang melakukan pengembangan produk baru mengikuti kebutuhan pasar, dan iii) pendekatan same product - different infrastructure yang cenderung meningkatkan daya saing produk existing melalui penguatan faktor produksi memanfaatkan strategic advantage pada era kebiasaan baru.

Selain itu ada CEO Hijup.com dan Director of Government Affairs & Strategic Collaborations Grab Indonesia juga menekankan pentingnya pelaku bisnis dalam memaksimalkan genetika Indonesia dengan membangun narasi cerita produk yang dapat dilakukan melalui media sosial maupun marketplace yang saat ini potensinya masih belum banyak dieksplorasi oleh pelaku usaha di daerah.

Ke depan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah melalui sinergi dengan lembaga terkait sebagai upaya menggerakan ekonomi regional di tengah tantangan era New Normal.

Sumber : Bank Indonesia

Editor : Onixradio

DPRD Minta Pemerintah Sosialisasikan Terlebih Dahulu Mengenai Pemberlakuan Sanksi Wajib Masker

DPRD Minta Pemerintah Sosialisasikan Terlebih Dahulu Mengenai Pemberlakuan Sanksi Wajib Masker

ONIXNEWS – Baru baru ini telah tersebar edaran mengenai adanya sanksi untuk masyarakat yang tidak menggunakan masker. Peraturan tersebut di keluarkan dan akan mulai dijalankan pada tanggal 31 Agustus 2020 nanti. Dibuatnya hal tersebut agar masyarakat lebih tertib dalam menjalankan protokol kesehatan yang sudah di tentukan.

Dengan adanya sanksi tersebut yang telah di atur dalam peraturan Wali Kota (Perwali) Balikpapan dan Samarinda, maka anggota DPRD Kaltim Yusuf Mustafa meminta agar pemerintah kabupaten dan Kota di Provinsi Kaltim melakukan sosialisasi marathon terkait adanya aturan wajib masker tersebut.

“Ini dimaksud agar tidak menimbulkan polemik di masyarakat. Pemerintah harus hadir dan memberikan edukasi serta sosialisasi mengenai pentingnya protokol kesehatan di tengah pandemi saat ini,” ujarnya Yusuf.

Terlebih kata dia, dalam Perwali tentang pedoman pelaksanaan dan penegakan hukum protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, terdapat sanksi denda bagi masyarakat yang melanggar. Untuk itu, sebelum aturan itu diberlakukan, sosialisasi harus merata hingga daerah pedalaman.

Saat Pandemi Covid-19 seperti ini , sebagian besar kondisi ekonomi masyarakat terpuruk. Tentunya denda atau sanksi bagi yang tidak menggunakan masker hingga ratusan ribu rupiah cukup memberatkan.

“Jadi, harus ada edukasi kepada warga terkait tujuan dari pemberian sanksi penegakan hukum protokol kesehatan ini. Semua harus tahu itu, sehingga tidak menimbulkan pertanyaan yang membuat resah, dan masyarakat juga tidak merasa terbebani dengan sanksi tersebut,” jelas Wakil Ketua Komisi I DPRD Kaltim ini.

Selain mendorong sosialisasi yang intens, masyarakat juga diminta untuk peka dan sadar akan pentingnya menjaga kesehatan. Agar pandemic ini tidak berkelanjutan dan covid-19 tidak menyebar lebih luas.

Sumber : Tribunkaltim.co

Editor : Onixradio

Seorang Ibu Di Kalimantan Nekat Jual Bayi Yang Baru Dilahirkannya Seharga 30 Juta

Seorang Ibu Di Kalimantan Nekat Jual Bayi Yang Baru Dilahirkannya Seharga 30 Juta

ONIXNEWS – Anak merupakan rezeki yang diberikan oleh sang pencipta untuk umat nya, banyak orang yang ingin memiliki anak hingga rela menunggu sekian lama. Namun, berbeda dengan seorang ibu yang berada di Kubu Raya, ia nekat menjual bayi nya seharga 30 juta. Padahal sang ibu tersebut masih terbaring di kamar bersalin untuk menjalani perawatan.

Dalam kasus ini, ada lima orang wanita yang ditangkap oleh Polda Kalbar, termasuk pembeli dan ibu sang bayi. “Dari tangan tersangka, petugas mendapatkan uang tunai sebesar Rp 30 juta yang dia akui milik tersangka dan akan di berikan kepada ibu sang bayi” ujar Kombes Pol Luthfie Sulistiawan selaku Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kalbar melalui keterangan tertulisnya,jumat (21/8/2020).

Dalam keterangannya, luthfie tidak menjelaskan apa alasan sang ibu hingga tega menjual anak kandung nya sendiri. “Ibu bayi yang berinisial J masih terbaring di kamar bersalin, sedangkan sang bayi sudah dibawa oleh seorang pengasuh” ujar luthfie.

Lima orang yang ditangkap oleh Polda Kalbar yaitu J sang ibu bayi, E sebagai pembeli dan tiga lainnya berperan sebagai perantara.

Terungkapnya kasus ini bermula dari Tim Resmob Ditreskrimum Polda Kalbar mendapat informasi dari masyarakat bahwa di sebuah klinik bersalin berinisial BM di Kubu Raya aka nada transaksi perdagangan anak.

“Menindaklanjuti informasi tersebut, tim langsung mendatangi lokasi dan melakukan rangkaian penyelidikan. Sesampai di lokasi, tim berhasil mendapati beberapa orang yang diduga pelaku yang akan melakukan transaksi penjualan bayi,” ucap Luthfie.

Dari lokasi klinik bersalin dan interogasi awal kepada para pelaku, tim melakukan pengembangan dan didapatkan satu nama yang menjadi perantara untuk jual beli bayi tersebut.

“Pengembangan di lokasi klinik, mengarah ke pelaku lain yang berinisial F sebagai perantara. Petugas melakukan pengejaran dan berhasil diamankan di daerah Tanjung Raya II, Pontianak Timur,” terang Luthfie.

Ditegaskan, saat ini kelima tersangka masih dalam pemeriksaan untuk mengetahui motivasi ibu bayi dan tersangka dalam melakukan perbuatannya.

“Kelimanya dijerat Pasal 83 Undang-undang tentang Perlindungan Anak dengan ancaman pidana paling lama 15 tahun penjara,” sebut Luthfie.

Sumber : TribunKaltim.co

Editor : Onixradio

Upaya Pemerintah Melestarikan Cagar Budaya Di Kota Balikpapan

Upaya Pemerintah Melestarikan Cagar Budaya Di Kota Balikpapan

ONIXNEWS – Kemarin (19/08/2020), masih dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 75, SERSAN NGOPI kali ini membahas tentang “Apa Kabar Veteran Jilid 2” bersama dengan narasumber narasumber yang hadir yaitu Ida Prihastuti (Suksesor Cagar Budaya Rumah Dahor), Mauliddin (Pemerhati Kota), Benhur (Founder Balikpapan Jaman Dulu), Parkianta (Kabid Kebudayaan dan Olahraga), Sunaji (Kasi Cagar Budaya).

Masih banyaknya peninggalan sejarah yang ada di Balikpapan dan masih banyak hal hal yang harus diketahui, dengan teknologi yang semakin maju serta jaman yang semakin berkembang. Dengan melihat anak muda jaman sekarang, kekhawatiran akan sejarah yang bakal hilang karna generasi muda saat ini lebih condong ke barat barat an.

Mungkin banyak dari kita belum mengetahui adanya Cagar Budaya yang ada di Balikpapan. Menurut data yang ada, di Balikpapan ini terdapat 110 Cagar Budaya. Dan itu terletak di sepanjang pantai kota Balikpapan mulai dari Kampung Baru Ujung hingga Lamaru. Contohnya di Kampung Baru terdapat Meriam Kembar yang terletak di Gn.meriam sidodadi, Museum Mulawarman milik kodam, daerah Balikpapan Kota terdapat Tugu Australi, Banker dibelakang gedung benua patra, dan rumah rumah jaman dulu yang ada di area Pertamina, sekolah patra dharma pun juga termasuk cagar budaya.

Dengan banyak nya peninggalan sejarah yang ada, banyak pula permintaan agar pelajaran muatan lokal di hadirkan di sekolah sekolah agar para siswa mengetahui sejarah yang ada di Balikpapan. Namun sesuai keputusan kadis, setiap sekolah wajib mengunjungi cagar budaya sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat.

Salah satu sejarah yang ingin di munculkan kembali yaitu Taksi Kayu, Benhur selaku Founder Bajadul mencetuskan “Taksi Kayu Reborn” dimana ia akan memunculkan kembali taksi taksi kayu tersebut di Ulang Tahun Kota Balikpapan Februari 2021 nanti. Taksi Kayu ini nanti akan dijadikan sebagai Ikon Wisata Kota Balikpapan.

“nantinya salah satu taksi akan dilengkapi dengan beberapa teknologi, agar animo para pelajar bisa tertarik dengan sejarah kota Balikpapan” ungkap Benhur. Membicarakan tentang sejarah yang ada, bukan berarti itu hanya menjadi tanggung jawab pemerintah untuk menjaga,namun juga menjadi tanggung jawab semua orang agar sejarah tersebut tetap ada hingga nanti.

“saya rasa pemerintah harus memaksimalkan kembali, karena kota yang sudah mulai modern ini jangan sampai susah untuk mencari situs situs sejarah” ujar mauliddin. Dari seluruh Cagar Budaya yang ada Rumah Dahor adalah Cagar Budaya yang tidak boleh dihapus karena ia mempunyai sejarah panjang tentang eksistensi kota Balikpapan.

Upaya pemerintah menjaga dan melestarikan cagar budaya selain dengan mengedukasi masyarakat terutama para pelajar sudah dilakukan, agar sejarah tidak hilang dari benak para generasi muda. Balikpapan yang dijuluki kota Minyak selama ini belum memiliki museum perminyakan. “jika nantinya rencana untuk benua patra itu terwujudkan , buat dong museum perminyakan disana” harapan mauliddin.

Selain sejarahnya yang harus dijaga, adapula pejuang yang harus disejahterahkan.

“saat upacara 17 agustus kemarin, pemerintah memberikan anggaran apresiasi senilai 200 juta untuk para veteran, berarti itu merupakan itu salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap veteran yang masih ada” ungkap parkianta.

Generasi muda yang di jadikan penerus bangsa agar negar ini semakin maju, maka harus ada pula sarana yang harus mereka jadikan jembatan agar tidak melupakan sejarah panjang Kota Balikpapan.

“Sejarah kota Balikpapan tidak boleh tergerus oleh modernisasi dan teknologi, jadi sudah sepantasnya sejarah ini dijadikan sebagai ikon kota dimana hal ini menjadi kebanggaan masyarakat kota juga” ujar ida prihastuti selaku anggota DPRD periode 2014-2019.

Sejarah yang ada di Kota Balikpapan jangan sampai ditinggalkan, generasi muda juga harus menjaga agar sejarah itu sendiri tidak hilang. Menjaga budaya yang masih ada pun merupakan tanggung jawab semua masyarakat kota Balikpapan.

Editor : Onixradio

BI Keluarkan Uang Spesial Nominal Rp 75.000 Untuk Merayakan HUT RI Ke 75 Tahun

BI Keluarkan Uang Spesial Nominal Rp 75.000 Untuk Merayakan HUT RI Ke 75 Tahun

ONIXNEWS – Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan RI yang ke 75, Bank Indonesia memngeluarkan uang pecahan kertas baru dengan nominal Rp 75.000.

Seluruh warga bisa memiliki uang pecahan baru edisi special tersebut. Dan Bank Indonesia menetapkan satu orang hanya boleh mendapatkan selembar uang kertas Rp 75.000 tersebut. Hal itu dikarenakan uang tersebut hanya untuk koleksi semata. Namun uang pecahan tersebut juga bisa digunakan untuk transaksi.

Tahun 2020 ini Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yang ke 75. Walaupun dalam keadaan pandemic seperti saat ini tak membuat Bank Indonesia kehilangan momen special yang berlangsung setiap tanggala 17 Agustus ini.

Uang special ini memiliki dua sisi gambar yang berbeda satu sama lain, gambar kedua terdapat tokoh bapak pendiri bangsa Soekarno dan Mohammad Hatta terpampang jelas. Sedangkan sisi sebelahnya menggambar beberapa suku bangsa yang bernaung di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Untuk mendapatkan uang ini, masyarakat wajib mendaftar dulu ke pintar.bi.go.id. Dan nantinya masyarakat dapat menukarkan uang tersebut sesuai dengan nominal yang tertera.

“satu lembar uang kertas tersebut dapat ditukar dengan satu orang saja, yang punya KTP bisa menukarkan uang tersebut” ujar Tutuk Cahyono selaku Kepala Kantor Perwakilan BI Kalimantan Timur.

Hal tersebut dikarenakan jumlah uang yang beredar cukup terbatas. Sehingga uang ini ditujukan khusus untuk para kolektor uang saja

Sumber : Tribunkaltim.co

Editor : Onixradio

Bekas Jerawat Bisa Hilang Dengan Bahan Ini

Bekas Jerawat Bisa Hilang Dengan Bahan Ini

ONIXNEWS – Setiap orang pasti pengen punya kulit yang bersih dan mulus, kadang bekas jerawat menjadi salah satu masalah dimana kulit tidak terlihat bersih.

Selain dengan skin care, pola makan juga bisa membantu untuk mengurangi bekas jerawat loh. Hal tersebut dapat menyembuhkan bekas luka karena mereka membantu tubuh untuk memproduksi kolagen.

Jika tubuh memproduksi kolagen terlalu sedikit maka luka akan muncul ke permukaan.

Mau tau makanan apa aja sih yang bisa membantu menghilangkan bekas jerawat, ini dia:

  1. Labu

Buah yang biasa kita temui di olahan sayur ini ternyata memiliki banyak manfaat loh. Mengapa? Karena labu mengandung niacin, folat, vitamin A dan B, dan zinc yang baik untuk tubuh. Niacin dan folat meningkatkan sirkulasi darah sehingga meningkatkan pembaruan sel dan menyembuhkan jerawat. Sementara biji labu mengandung zinc, yang membantu mengontrol kadar hormon dan produksi minyak serta memulihkan kulit. Terakhir tapi bukan yang akhir, kandungan vitamin A pada labu meminimalisir luka karena jerawat.

  1. Kale

Kalian pernah denger sayur kale gak ? kale ini adalah jenis sayuran yang berdaun hijau dan tergolong dalam keluarga kubis sepertio brokoli kembang kol dan sawi. Sayur hijau ini kaya akan vitamin C dan K serta sumber utama mineral yaitu tembaga dan zat besi. Vitamin dan mineral serta antioksidan yang terkandung dalam kale mengurangi hyperpigmentation. Selain itu membantu mengembalikan skin tone Moms dan kandungan vitamin K bekerja mengurangi dark spot pada kulit wajah. Sedangkan zat besi mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat dan sejenisnya.

  1. Lemon

Bukan rahasia lagi kalau lemon tidak hanya bekerja pada jerawat tetapi juga membantu menyembuhkan bekas jerawat. Hal ini karena lemon mengandung astringent yang membantu mengencangkan kulit kendur dan melawan noda. Sedangkan kulit lemon mengandung flavonoid yang mampu menjaga dan efek anticarcinogenic pada kulit. Memulai hari Moms dengan meminum segelas air hangat dengan jus lemon atau menggunakannya sebagai saus salad dapat membantu mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

  1. Ubi

Umbi-umbian ini biasa kita santap hangat usai direbus dan tambah nikmat jika di makan ketika hari hujan. Ubi mengandung retinol dan beta karoten sehingga membantu menyembuhkan bekas jerawat. Tubuh kita mengubah beta karoten menjadi vitamin A. Ini bekerja sebagai penjaga melawan perubahan warna, peradangan, dan pori-pori yang tersumbat, seringkali disebabkan oleh radikal bebas. Sedangkan retinol adalah bahan utama dalam banyak produk kecantikan karena melawan hiperpigmentasi, jerawat, garis halus, dan jaringan parut. Alih-alih membeli krim mahal, Moms bisa menikmati retinol asli dengan menambahkan ubi ke dalam makanan. Nah itu tadi daftar makanan yang membantu menyembuhkan bekas jerawat jika rutin dikonsumsi sehari-hari.

Sumber : Nakita.id

Editor : Onixradio