Ternyata Biji Selasih Memiliki Banyak Khasiat Bagi Kesehatan

Ternyata Biji Selasih Memiliki Banyak Khasiat Bagi Kesehatan

ONIXNEWS - Ternyata Biji selasih memiliki banyak khasiat Bagi Kesehatan, salah satunya cegah penyakit jantung

Biji selasih menjadi salah satu bahan yang banyak digunakan sebagai campuran berbagai minuman dingin. Beberapa menu buka puasa seperti aneka es menggunakan biji selasih sebagai salah satu bahannya.

Kandungannya yang kaya akan zat gizi, biji selasih pun dianggap memiliki beberapa manfaat kesehatan seperti berikut:

  1. Cegah penyakit jantung

Biji Salasih mengandung vitamin K yang mempunyai potensi dalam mencegah penyakit-penyakit serius, seperti penyakit jantung dan stroke. Hal itu dikarenakan, efek vitamin K dapat mengurangi pengerasan pembuluh darah oleh faktor-faktor seperti timbunan plak kalsium.

  1. Baik untuk tulang

Untuk kesehatan tulang mengingat kandungan vitamin K di dalamnya juga berkaitan dengan pengaturan protein dan kalsium dalam tulang dan darah yang akan menjaga tulang-tulang dari proses osteoporosis.

  1. Cegah kanker

Biji selasih juga berperan untuk mengatasi sel kanker karena berbagai riset telah membuktikan bahwa vitamin K juga bertindak sebagai racun dalam sel kanker.

  1. Baik untuk penderita diabetes

Biji selasih juga baik dikonsumsi bagi penderita diabetes karena kandungan vitamin K di dalamnya dapat mengontrol kadar gula darah dan mencegah sitokin. Sitokin adalah protein pembawa pesan yang berperan dalam menyebabkan pembengkakan sambungan tulang saat penuaan terjadi.

Untuk penderita diabetes, konsumsi biji selasih sebaiknya tanpa gula pasir untuk mencegah kenaikan kadar gula darah dalam tubuh. Pada kasus ini, penggunaan bahan pemanis buatan yang rendah atau tanpa kalori jelas lebih disarakan.

  1. Baik untuk penglihatan

Biji selasih juga kaya akan vitamin A. Konsumsi 10 gram biji selasih, dapat memenuhi 106 persen kebutuhan tubuh akan vitamin A harian. Seperti diketahui, vitamin A sangat diperlukan untuk membantu menjaga fungsi penglihatan.

  1. Mencegah infeksi saluran pernapasan

Kandungan vitamin A pada biji selasih juga dapat mencegah infeksi saluran pernapasan, khususnya infeksi pada saluran pernapasan bagian atas (ISPA).

  1. Kesehatan kulit

Baik juga untuk menjaga kesehatan kulit sebab kandungan vitamin A pada bahan makanan ini dapat mencegah kulit menjadi kasar dan kering, terutama di daerah bahu.

  1. Sumber antioksidan

Biji selasih ternyata mengandung juga vitamin C yang baik untuk kesehatan. Vitamin C adalah antioksidan yang sangat baik. Konsumsi makanan yang kaya vitamin C dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh dan mencegah penuaan dini.

  1. Meningkatkan gairah seksual

Di dalam biji selasih, diketahui terkandung zat cineole yang sangat bermanfaat untuk merangsang ereksi dan mengurangi sekresi cairan berlebihan pada liang vagina. Selain itu, kandungan vitamin C pada selasih juga sangat esensial untuk membantu proses pembentukan sel sperma.

Kekurangan vitamin C pada pria sendiri disinyalir dapat mengurangi kesuburan sehingga menghambat perolehan keturunan.

  1. Atasi demam hingga TBC

Di beberapa daerah, selasih sering juga digunakan untuk mengobati berbagai penyakit secara tradisional.

Meski belum terbukti secara ilmiah, air rebusan tanaman biji selasih telah dipercaya bisa mengatasi penyakit demam, gangguan pencernaan, diare, radang usus, hingga nyeri lambung.

Bahkan, air rebusan selasih juga diyakini dapat mengatasi penyakit tuberkulosis (TBC). Penderita sakit kepala, haid yang tidak teratur dan rematik juga dapat memanfaatkanya sebagai obat. Caranya, dengan minum air rebusan atau perasan selasih yang ditumbuk halus.

Sumber foto : Organic Facts

Editor : Onixradio

Brimob Kaltim Menggelar Patroli ke Sejumlah Gereja di Kota Balikpapan Untuk Menjamin Keamanan Tempat Ibadah

Brimob Kaltim Menggelar Patroli ke Sejumlah Gereja di Kota Balikpapan Untuk Menjamin Keamanan Tempat Ibadah

ONIXNEWS - Brimob Kaltim dari Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Kaltim menggelar kegiatan patroli rutin di sejumlah tempat-tempat ibadah yang tersebar di wilayah kota Balikpapan, dalam hal menjamin kemanan dan kondusivitas tempat ibadah di tengah pandemi Virus Corona atau covid-19 yang sedang melanda.

Pada Minggu (10/5/2020) kemarin, jajaran Brimob dari Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Kaltim menggelar patroli di sejumlah gereja di Kota Balikpapan. Patroli dimulai dari pagi diawali dari Gereja Katolik Santa Teresia di kawasan Prapatan dan selanjutnya menyusuri gereja lainnya.

Selain melakukan pengecekan sekitar lokasi gereja, tim patroli Brimob Kaltim juga mengaku siap membantu sekuriti gereja dan pengurus gereja apabila ada gangguan Kamtibmas yang terjadi selama pandemi covid-19.

Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang SIK melalui Danyon A Pelopor Sat Brimob Polda Kaltim AKBP Gunawan Tri Laksono SIK mengungkapkan bahwa Semoga dengan adanya patroli dialogis ke gereja-gereja yang ada di wilayah Kota Balikpapan dapat membantu memelihara Kamtibmas yang ada di kota Balikpapan

ia juga menjelaskan, patroli kali ini menyisir gereja-gereja yang berada di Kota Balikpapan di antaranya Gereja HKBP Batak, GPIB Bukit Sion, GPIB PNiel, Gereja Kristus Yesus, Gereja Khatolik Santa Theresia, Gereja Bethany, HKGB Balikpapan Baru, Gereja Misi Injil, GPIB Syaloom dan Gereja Khatolik ST. Martinus.

Dan pihaknya selalu mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan diri sendiri, keluarga, rumah serta lingkungan.

Sumber foto : tribun kaltim

Editor : Onixradio

Atlet Dayung Kaltim Atur Ulang Program Latihan Akibat PON Papua Ditunda

Atlet Dayung Kaltim Atur Ulang Program Latihan Akibat PON Papua Ditunda

ONIXNEWS - Atlet dayung Provinsi Kalimantan Timur atau Dayung Kaltim atur ulang dan tetap fokus berlatih walaupun PON Papua diundur hingga 2021 mendatang.

Wakil Sekretaris Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (Podsi) Kaltim, Hendro Prawoto menjelaskan, ditundanya PON mengakibatkan pihaknya harus mengatur ulang program latihan atlet agar medali yang ditargetkan bisa diraih.

Walaupun begitu, sampai saat ini atlet yang kebanyakan berada di Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar) tetap rutin berlatih sore dan malam hari.

Jadwal atlet berlatih mulai Senin - Sabtu, jika sebelumnya latihan hanya dilakukan di darat dengan alat ergometer, kali ini latihan juga dilakukan di air. Sore hari latihan dimulai pukul 16.00 - 17.00 Wita, sedangkan malam hari dilakukan pada pukul 19.00 - 21.00 Wita.

latihan malam, kita fokuskan pada weight training. Latihan dimulai setelah berbuka puasa," sambungnya. Guna kondisi atlet tetap prima selama bulan ramadan, pihaknya selalu berpesan agar menjaga makanan yang dikonsumsi, dan menyarankan agar memperbanyak porsi makan saat sahur. Tetapi, libur pasti akan diberikan, tapi dengan durasi waktu yang tidak lama.

sumber foto : PODSI KALTIM

Editor : Onixradio

BPS Kota Balikpapan Perpanjang Masa Sensus Penduduk Online

BPS Kota Balikpapan Perpanjang Masa Sensus Penduduk Online

ONIXNEWS - Badan Pusat Statistik atau BPS membatalkan survei sensus penduduk secara tatap muka yang rencananya dilakukan pada Mei 2020 akibat pandemi Covid-19.

BPS pun memperpanjang masa pengisian Sensus Penduduk Online atau SP2020 hingga 29 Mei. Hal itu disampaikan Kepala BPS Balikpapan, Achmad Zaini saat ditemui, Jumat (8/5/2020).

Ia menyebut Balikpapan menjadi kota di Kalimantan Timur yang memiliki angka capaian SP2020 online tertinggi, yakni 74,57 persen. Selama periode 15 Februari hingga 31 Maret, ada 129.494 jiwa dan 36.112 Kartu Keluarga ( KK ) dari target BPS sebanyak 48.426 KK

Sementara dengan adanya kebijakan perpanjangan SP2020, per 5 Mei lalu ada tambahan 13.435 jiwa atau 3.791 KK. Total penduduk yang ikut SP2020 pun menjadi 142.929 jiwa atau 39.303 KK.

Zaini mengungkapkan, dirinya memiliki strategi yang tidak dilakukan daerah lain. Yakni, berkoordinasi dengan wali kota agar tingkat partisipasi masyarakat tinggi dalam SP2020.

Strategi, melibatkan langsung wali kota agar membuat surat edaran kepada camat dan lurah, agar memberitahukan kepada warganya untuk ikut serta dalam SP2020. "Karena beliau orang nomor 1 di Balikpapan, pengaruhnya besar," imbuhnya.

Sensus penduduk akan membangun satu data kependudukan. Data yang dihasilkan bersifat kredibel dan valid, sehingga dapat menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk serta karakteristik penduduk lainnya.

Untuk masyarakat yang sedang kerja di rumah, mari bersama menjalankan sebuah kewajiban warga negara untuk berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Online.

Selain itu, kepedulian BPS terhadap mitranya dalam program Peduli Mitra Statistik, yakni memberikan bantuan kepada mitra yang didominasi perempuan, karena terdampak Covid-19.

Sumber : Tribun Kaltim

Di Bulan Ramadhan Kali ini Harga Ayam di Balikpapan Naik Tajam

Di Bulan Ramadhan Kali ini Harga Ayam di Balikpapan Naik Tajam

ONIXNEWS – Harga kebutuhan bahan pokok masyarakat terpantau fluktuatif. Ada yang mengalami kenaikan cukup signifikan dan ada pula yang mengalami penurunan.

Untuk di Pasar Rapak Plaza sendiri, yang mengalami kenaikan adalah ayam. Sampai salah seorang pedagang, mengungkapkan bahwa harganya telah dua kali mengalami kenaikan.

Ayam hidup saja, sudah mecapai Rp 22.000 per ekornya, dan untuk harga ayam potong mengalami kenaikan cukup banyak. Karena permintaan akan ayam potong ini cukup banyak.

Ayam potong ukuran besar yang sebelumnya berkisar Rp 45.000/kg hingga Rp 48.000/kg, kini menjadi Rp 55.000/kg. Dan di mana sebelumnya harga ayam sempat anjlok hingga Rp 20.000 per kilogram. Tapi, Saat ini Paling kecil itu sekarang harganya Rp 42.000/kg, yang sebelumnya hanya Rp 35.000/kg.

Tapi untuk Harga komoditas ikan terpantau stabil. Sedangkan harga udang bervariasi, tergantung besar dan kecilnya. Udang besar mencapai Rp 70.000 per kilogram dan udang kecil Rp 40.000 per kilogram.

Tetapi sebaliknya juga, harga cabai justru mengalami penurunan. Harga cabai rawit yang sebelumnya Rp 50.000 per kilogram, kini hanya Rp 30.000.

Penurunan ini juga di akibat, karena sepinya pembeli. Imbauan untuk di rumah saja akibat pandemi covid-19 atau Virus Corona menjadi salah satu penyebabnya.

Sumber foto : tribun kaltim

Editor : Onixradio

IPAM Kampung Damai Stop Produksi, Akibat Kerusakan Pipa Air Baku KM 8

IPAM Kampung Damai Stop Produksi, Akibat Kerusakan Pipa Air Baku KM 8

ONIXNEWS - Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) Kampung Damai harus stop produksi sementara waktu, ini sudah terjadi Mulai Selasa (5/5/2020) sekitar pukul 20.00 Wita. Hal tersebut dikarenakan adanya kerusakan pipa air baku atau transmisi 600 mm steel di lokasi belakang hutan Pesantren Mardhatillah KM 8 Balikpapan Utara.

Tindak lanjut untuk perbaikan akan dilaksanakan malam ini juga, dengan target pekerjaan 1x12 jam, dari perbaikan tersebut 45% pelayanan air bersih Kota Balikpapan terganggu.

Dalam hal ini Suryo Hadi Prabowo, Kasubag Customer Service PDAM Balikpapan, menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan ini.

Untuk aliran produksi IPAM Kampung Damai sendiri meliputi, Balikpapan Selatan, Balikpapan Kota, Sebagian Balikpapan Tengah dan Balikpapan Barat : Simp.Tiga Kp.Damai, Komp.Bank Duta, Perum Pos & Giro, Komp.BDS,

Komp.BDI, Komp.PLN Pikitring Ring-Road, Gg.Mex, Gg.Teratai, Gg.PLN, Gg.Sampurna, Gg.Orienz, Simpang Tiga Jl.Mt.Haryono, Stalkuda, Gn.Bakaran, Sepinggan s/d Mulawarman (PJHI) Batakan, Bpp.Permai, Ps.Baru, Markoni, Klandasan, Pelayaran, Prapatan, Jl.Melati, Telogorejo, Bhayangkara,

Cendrawasih, Dondang, Gn.Malang, Belakang Toko Utama, Gn.Malang Radar, Auri, Marbo, Siaga, Markoni Auto 2000, Gn.Guntur, Gn.Rambutan, Gn.Kawi, Kr.Rejo, Kp.Damai (Al’Makmur), Komp.Telkom, Terminal Tangki PDAM, Gg.Agung Tunggal, Komp.Bpp.Baru, Jalan Beler, Dam,

Sebagian Daun Village, Muara Rapak, Kr.Anyar, Pdn.Sari, Pdn.Wangi, Kebun Sayur, Semoi, Kp.Baru Tengah, 21 Januari, Sepaku dan sekitarnya, seluruh aliran distribusi air dari IPAM Kampung Damai.

Sumber Foto : tribun kaltim

Editor : Onixradio

Pada Bulan April 2020 Kemarin, Kenaikan Harga Emas dan Barang Perlengkapan Rumah Tangga Dorong Inflasi

Pada Bulan April 2020 Kemarin, Kenaikan Harga Emas dan Barang Perlengkapan Rumah Tangga Dorong Inflasi

ONIXNEWS - Pada bulan April 2020 kota Balikpapan mencatatkan inflasi sebesar 0,02% (mtm), lebih tinggi dibandingkan periode sebelumnya yang sebesar -0,15% (mtm). Secara tahunan, inflasi IHK Kota Balikpapan tercatat sebesar 1,76% (yoy). Inflasi tahunan Kota Balikpapan tersebut masih berada di bawah target inflasi tahun 2020 yang sebesar 3,0%±1.

Berdasarkan kelompok pengeluaran, Inflasi pada bulan laporan didorong oleh peningkatan harga kelompok Perawatan Pribadi dan Jasa Lainnya (andil 0,08%/mtm) terutama emas sejalan dengan peningkatan harga emas dunia. Selain itu, kelompok Perlengkapan, Peralatan, dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga juga menyumbang inflasi sebesar 0,04% (mtm) yang dipicu oleh kenaikan harga beberapa komoditas peralatan rumah tangga seperti pemutih, pengharum cucian, sabun detergen dan pelicin/pewangi pakaian seiring dengan peningkatan permintaan terhadap komoditas tersebut. Sementara itu, laju inflasi tertahan oleh berlanjutnya penurunan harga kelompok Transportasi (andil -0,10%/mtm) yang berasal dari penurunan tarif angkutan udara. Selain itu, beberapa komoditas bahan makanan seperti daging ayam ras, tomat dan bawang merah juga turut menahan laju inflasi bulan berjalan. Penurunan harga daging ayam ras dipengaruhi oleh penurunan permintaan ditengah stok yang masih stabil. Sedangkan penurunan harga tomat dan bawang merah lebih disebabkan oleh pasokan yang terjaga.

Ke depan, terdapat beberapa faktor yang diperkirakan masih akan memberi tekanan inflasi, diantaranya: i) Gangguan pasokan barang terutama dari Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dampak pembatasan aktivitas sosial untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19, ii) Peningkatan permintaan menjelang Lebaran, dan iii) Peningkatan harga emas dunia.

Bank Indonesia bersama Pemerintah Daerah melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Balikpapan terus bersinergi dalam rangka menjaga ketersediaan pasokan dan stabilitas harga di tengah Pandemi COVID-19 dan memperkuat koordinasi kebijakan guna memastikan inflasi tetap rendah dan stabil dalam kisaran inflasi sebesar 3,0±1% pada tahun 2020.

Sumber : KPw BI Balikpapan

Editor : Onixradio

Perkembangan penanggulangan Covid-19 di Balikpapan Per 04 Mei 2020

Perkembangan penanggulangan Covid-19 di Balikpapan Per 04 Mei 2020

ONIXNEWS - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Balikpapan menerima hasil swab dari Balai Besar

Laboratorium Kesehatan (BBLK) hari ini dengan rincian:

  • 1 kasus positif laki-laki usia 18 tahun dari klaster Temboro Magetan.

  • 1 kasus positif laki-laki usia 28 tahun yang telah dirawat di RST dr Hardjanto. Kasus transmisi lokal Balikpapan, tertular dari orang tua yang melakukan perjalanan dari Jakarta.

  • 1 kasus positif laki-laki usia 66 tahun berinisial H yang meninggal tanggal 25 April 2020. Dan sudah dimakamkan sesuai protokol Covid-19.

  • Hasil positif swab ulang satu pasien yang saat ini masih dirawat di rumah sakit. Atau dengan kata lain yang bersangkutan belum sembuh.

  • Ada delapan hasil negatif delapan PDP sehingga bisa keluar rumah sakit.

Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 442 orang.

Jumlah spesimen yang masih menunggu hasil pemeriksaan di BBLK Surabaya dan Puslitbangkes Jakarta : 35 sampel.

Rilis pers disampaikan Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Balikpapan sekaligus Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, didampingi Wakapolresta Balikpapan AKBP Sebril Sesa, Dandim 0905 Balikpapan Kolonel Arm I Gede Putu Agung Sujarnawa, dan Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan dr Andi Sri Juliarty.

Sumber foto : IG @Pemkot_Balikpapan

Editor : Onixradio

Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan Kulit

Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan Kulit

ONIXNEWS - Ternyata daun jambu biji banyak bermanfaat untuk Kesehatan kulit. Daun jambu biji adalah pembangkit tenaga antioksidan seperti vitamin C, dan flavonoid seperti quercetin.

Selain itu juga, mengandung sifat antibakteri & antiinflamasi dan tanin bermanfaat dan dianggap sebagai pereda nyeri alami. Berikut manfaat daun jambu biji untuk masalah kulit:

  1. Mengobati Jerawat dan Bintik Hitam

Jerawat dan flek hitam, Daun jambu biji memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang efektif melawan bakteri dan membunuh mereka.

Untuk mengobati jerawat dan bintik hitam, cukup oleskan pasta daun jambu biji pada jerawat dan bintik-bintik gelap.

  1. Menghilangkan Keriput

Daun jambu biji memiliki sifat antioksidan yang memerangi efek merusak dari radikal bebas dalam tubuh kita. Daun jambu biji mengandung likopen, senyawa yang melindungi kulit dari sinar UV yang merusak dan mengembalikan kesehatan dan keharumannya. Daunnya dapat membantu mencegah munculnya keriput sehingga menjaga kulit kita halus dan sehat.

  1. Membantu Mengatasi Dermatitis Atopik

Daun jambu biji dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan serta mencegah pelepasan histamin, bahan kimia yang diproduksi oleh tubuh selama reaksi alergi dan bertanggung jawab untuk bersin, terengah-engah, gatal, dan bengkak.

  1. Mencerahkan Kulit

Daun jambu biji memiliki sifat antioksidan dan antibakteri yang membantu menghilangkan sel kulit mati dan membunuh bakteri.

Hal ini, memungkinkan kita untuk memiliki kulit yang lebih sehat dan lebih halus dengan mencerahkan warna kulit kita. Yang harus kita lakukan adalah mencampur beberapa daun jambu biji dengan sejumput kunyit dan sedikit air mawar. Oleskan ke wajah dan leher lalu biarkan selama 15 menit sebelum mencucinya.

foto : Daun Jambu Biji (NET)

Editor : Onixradio

Solusi Kepala Disdikbud Balikpapan Terkait Pembelajaran Daring yang Dilakukan Dirumah

Solusi Kepala Disdikbud Balikpapan Terkait Pembelajaran Daring yang Dilakukan Dirumah

ONIXNEWS - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan Muhaimin menyebut pembelajaran metode daring yang dilakukan saat ini, memiliki kelebihan dan kekurangan.

Pembelajaran tanpa tatap muka, yang dilakukan secara online mungkin saja tidak ada kendala bagi pelajar SMA dan SMP sederajat. Para siswa dan guru telah familiar dengan alat elektronik. Tapi, Berbeda dengan murid SD, pembelajaran daring dibutuhkan bimbingan orang tua.

Muhaimin mengungkapkan bahwa "Banyak orang tua yang bekerja, sehingga butuh waktu tertentu untuk melakukan pendampingan kepada anak,"

Maka dari itu juga, pihaknya mengambil sejumlah solusi. Ia mengungkapkan, sesuai edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang menyebut kurikulum di tengah wabah ini tidak harus tuntas. Satuan pendidikan diarahkan memberi tugas kepada peserta didik sesuai dengan kemampuan peserta didiknya.

Tenaga pengajar diminta memberikan tugasnya sesuai dengan keberadaan orang tua. Jika orang tua tengah bekerja, tugas dapat dikerjakan saat malam hari. Dan para guru juga bisa memberikan kelonggaran saar mengumpulkan tugas. "Tidak harus mengumpulkan tugasnya hari itu, boleh ada jeda waktu sampai orang tua tidak sibuk dan bisa memberikan pendampingan kepada para anak-anak kita. Ada juga guru kita walaupun tidak banyak, secara mandiri datang memberikan edukasi ke rumah-rumah siswa yang memang butuh pendampingan," pungkasnya.

Sumber foto : tribun kaltim

Editor : Onixradio