Informasi Kepala Dinas Pendidikan Terkait Kalender Pendidikan 2020

Informasi Kepala Dinas Pendidikan Terkait Kalender Pendidikan 2020

ONIXNEWS – Di hari ke 7 bulan puasa ini Muhaimin Selaku kepala dinas pendidikan menyampaikan informasi terkain kalender pendidikan.

Berikut kami sampaikan informasi terkait Kalender Pendidikan sbb :

  1. Pengumuman kelulusan SMA/SMK sederajad tanggal 2 Mei 2020.

  2. Pengumuman kelulusan SMP/MTs sederajad tanggal 5 Juni 2020.

  3. Pengumuman kelulusan SD/MI sederajad tanggal 15 Juni 2020.

  4. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD/ SMP/SMA/SMK Negeri tanggal 15-22 Juni 2020.

  5. Tahun Ajaran Baru 2020/2021dimulai tanggal 13 Juli 2020, yang ditandai dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tanggal 13-15 Juli 2020.

Hal tersebut beliau sampaikan melalui akun social media instagramnya sendiri.

Sumber : IG @muhaimin_mpi

Editor : onixradio

Sipir Rutan di Ciduk Polda Kaltim, Kendalikan Sabu di Dalam Rutan Klas IIB Balikpapan

Sipir Rutan di Ciduk Polda Kaltim, Kendalikan Sabu di Dalam Rutan Klas IIB Balikpapan

ONIXNEWS - seorang oknum sipir ditangkap Polda Kaltim karena telah terciduk mengendalikan peredaran sabu di dalam Rutan Klas IIB Balikpapan. Tindakan tak terpuji ini dilakukan seorang oleh sipir, MF (34) yang aktif bertugas di dalam Rutan Kelas IIB Balikpapan, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Ternyata selama ini sipir tesebut menjadi pengedar narkotika jenis sabu yang kerap terjadi di dalam rumah tahanan negara Klas IIB Balikpapan. Trasanksi yang dilakukan pelaku selama ini di dalam Rutan akhirnya di ungkap Polda Kaltim.

Direktur resnarkoba Polda Kaltim Kombes Pol Ahmad Shaury pada Rabu (29/4/2020), mengungkapkan bahwa peredaran narkoba di dalam Rutan terbongkar setelah diungkap jajaran Subdit III Ditresnarkoba Polda Kaltim dengan menangkap salah satu petugas sipir yang terlibat dalam transaksi narkoba.

Diketahui sipir yang aktif berdinas di Rutan Kelas IIB Balikpapan itu berinisial MF (34). Dan dia juga diduga sebagai otak dalam pengendalian keluar masuknya narkoba jenis sabu ke dalam Rutan Kelas IIB Balikpapan. Pengungkapan tersebut bermula ketika jajaran polisi dari Subdit III Dit Resnarkoba Polda Kaltim membekuk seorang bandar narkoba bernama Abdullah (36).

Pria tersebut merupakan warga RT 44 Perum Papan Lestari Kelurahan Sepinggan Kecamatan Balikpapan Selatan Kota Balikpapan Kalimantan Timur. Sekitar pukul 12:30 wita, team opsnal subdit III Dit Resnarkoba Polda Kaltim melakukan penangkapan dan penggeledahan dan berhasil mengamankan Abdullah dengan barang bukti Narkotika jenis sabu yang disimpan ditempat tinggalnya Dari tangan Abdullah, polisi berhasil mendapatkan barang bukti 6 paket sabu dengan total berat keseluruhan mencapai 150 gram.

Berdasarkan keterangan Abdullah bahwa sabu tersebut berasal dari seseorang berinisial Firman (34) yang tengah mendekam di blok A Rutan Kelas IIB Balikpapan. Dir Resnarkoba Polda Kaltim Kombes Pol Ahmad Shaury menuturkan bahwa berdasarkan keterangan tersangka Abdullah dalam proses keluar masuk sabu di dalam Rutan Kelas IIB Balikpapan dibantu oleh MF yang merupakan petugas sipir jaga.

Dan sehari sebelumnya pelaku sudah memasukan dan menyerahkan sabu kepada Firman sebanyak kurang lebih 400 gram ke dalam Rutan Kelas IIB Balikpapan. Dan di rutan itu dikendalikan oleh oknum sipir.

Karena ada dugaan keterlibatan oknum petugas Rutan Kelas IIB Balikpapan, maka Jajaran Ditresnarkoba Polda Kaltim langsung berkoordinasi dengan Kepala Rutan Kelas IIB Balikpapan Sophiana. Saat ini ketiga tersangka tersebut sudah diamankan petugas dan bersarang di balik jeruji besi sel tahanan Mapolda Kaltim untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Atas pebuatannya merekapun dijerat pasal 114 ayat 1 sub pasal 112 ayat 1 undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman kurungan penjara di atas 5 tahun.

Sumber foto : korankaltim

Editor : Onixradio

Perkembangan Terkini Ekonomi Kota Balikpapan, Bauran Kebijakan dan Strategi Bank Indonesia dalam Memitigasi Dampak COVID-19

Perkembangan Terkini Ekonomi Kota Balikpapan, Bauran Kebijakan dan Strategi Bank Indonesia dalam Memitigasi Dampak COVID-19

ONIXNEWS - Pada Februari 2020, Indonesia mengalami Pandemi COVID 19 bersama lebih dari 200 negara lainnya di dunia. Sementara di Kota Balikpapan, kasus pertama COVID-19 terjadi pada pertengahan Maret 2020.

Merespon hal tersebut, Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat telah memberikan respon penanganan penyebaran Covid-19 antara lain pengetatan aktivitas sosial, pemberlakuan social distancing, hingga pembatasan sosial berskala besar. Di tengah pandemi COVID-19 dan respon penanganan yang ditempuh pemerintah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan mencermati dampaknya terhadap perekonomian daerah.

Dalam hal ini Secara sektoral, adanya pengetatan sosial dari skala kecil sampai besar berdampak langsung pada ekonomi Balikpapan, khususnya berupa potensi penurunan kinerja sektor akomodasi dan makan minum, sektor perdagangan besar dan eceran, sektor kontruksi, sektor transportasi, dan sektor industri pengolahan pada semester I-2020.

Menurunnya jumlah kunjungan ke Kota Balikpapan dan pembatalan/penundaan kegiatan MICE dan aktivitas masyarakat selama pandemi mendorong turunnya kinerja Hotel, Restoran, Katering dan Pariwisata. Pengetatan sosial yang diterapkan juga berdampak terhadap penutupan kawasan bisnis sehingga menurunkan aktivitas perdagangan.

Kinerja sektor transportasi turut terdampak oleh kebijakan penutupan moda transportasi udara untuk penumpang oleh Kementerian Perhubungan mulai tanggal 24 April-1 Juni 2020 dan penutupan moda transportasi untuk penumpang dari jalur darat dan laut di Kaltim dan Kaltara. Sementara, sektor industri pengolahan turut terpengaruh adanya penghentian produksi kilang minyak Balikpapan (Refinery Unit V) dari tanggal 20 April sampai 31 Mei 2020. Namun demikian, di tengah perlambatan sejumlah sektor, sektor informasi dan komunikasi berpotensi tumbuh didorong oleh meningkatnya kebutuhan komunikasi di masyarakat.

Mencermati perkembangan masing-masing sektor dan risiko berlangsungnya pandemi COVID-19 pada kurun waktu yang sulit diprediksi, pertumbuhan ekonomi Kota Balikpapan diperkirakan tumbuh melambat pada tahun 2020. Adapun skenario ringan dengan pengetatan sosial yang diterapkan selama satu bulan akan berdampak terhadap melambatnya proyeksi pertumbuhan ekonomi 2020 dari sebelumnya 5,3%-5,7% (yoy) menjadi 3,8 - 4,3% (yoy). Selanjutnya, apabila dilakukan skenario sedang yaitu penerapan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama 1 bulan maka dapat berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Balikpapan menjadi 3,4 - 3,9% (yoy). Sedangkan skenario berat apabila PSBB dijalankan selama 3 bulan dan dengan asumsi Refinery Unit V masih belum berproduksi dalam kurun waktu selama 3 bulan, maka dapat berdampak terhadap PDRB Kota Balikpapan yang diperkirakan hanya tumbuh dalam kisaran 0,3% - 0,8% (yoy).

Guna menghindari perlambatan ekonomi yang dalam, Bank Indonesia telah menempuh bauran kebijakan monter, makroprudensial dan sistem pembayaran. Di bidang kebijakan moneter, Bank Indonesia telah menurunkan suku bunga kebijakan BI7Day Reverse Repo Rate menjadi 4,50%, melakukan stabilisasi nilai tukar, dan penyesuaian ketentuan terkait likuiditas perbankan berupa penurunan Giro Wajib Minimum. Di bidang kebijakan makroprudensial, Bank Indonesia melakukan penyesuaian Rasio Intermediasi Makroprudensial (RIM).

Sementara di bidang Sistem Pembayaran, Bank Indonesia mengeluarkan kebijakan pembebasan biaya transaksi pemrosesan QRIS untuk UMKM Mikro sampai dengan September 2020, penurunan biaya SKN (Sistem Kliring Nasional), mengakselerasi penyaluran dana bansos tunai, dan penyesuaian kebijakan kartu kredit diantaranya penurunan batas maksimum suku bunga kartu kredit menjadi 2% per bulan maupun penurunan sementara nilai pembayaran minimum kartu kredit menjadi 5%

Dalam tataran Kota Balikpapan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan juga telah melakukan upaya-upaya untuk meminimalisir dampak negatif pandemi covid-19 khususnya menjaga kinerja UMKM dengan meluncurkan Program UMKM Bangkit (Balikpapan Go Kreatif & Inovatif) dan Penguatan Gerakan Wanita Matilda untuk menopang penghasilan keluarga.

Untuk menjaga daya beli masyarakat melalui pengendalian harga, Bank Indonesia dan Pemerintah Kota Balikpapan juga telah bersinergi melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kota Balikpapan dalam menetapkan Strategi Pengendalian Inflasi Kota Balikpapan sebagai upaya mengantisipasi risiko inflasi ke depan. TPID Balikpapan menerapkan strategi 4K yaitu Keterjangkauan Harga, Ketersedian Pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi yang Efektif.

Bank Indonesia senantiasa berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah untuk dapat memitigasi dampak COVID-19 terhadap perekonomian dan mengawal kebijakan yang telah ditetapkan agar dapat berjalan secara optimal.

Sumber : Bank Indonesia

Editor : Onixradio

Ternyata Kunyit Dapat Meredakan Perut Kembung, Berikut Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Ternyata Kunyit Dapat Meredakan Perut Kembung, Berikut Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

ONIXNEWS - Ada berbagai manfaat kunyit yang bisa didapatkan dari bumbu dapur ini. Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan pada berbagai masakan. Kunyit punya ciri khas yang membedakannya dengan bumbu dapur lainnya.

Ternyata ada banyak penggunaan kunyit, berikut manfaat kunyit bagi kesehatan

  1. Meredakan Perut Kembung

Selain buang air besar, kentut juga menandakan kalau pencernaan kita berada dalam kondisi sehat, teman-teman. Meski menandakan pencernaan sehat, kentut yang berlebihan dan terus menerus juga tidak baik untuk tubuh.

Bahkan hal ini bisa menandakan kalau perut kita sedang bermasalah, misalnya kembung. Dalam hal ini untuk mengatasi perut kembung, salah satunya dengan mengonsumsi kunyit. Kandungan kurkumin pada kunyit akan membantu otot pada organ pencernaan agar bisa bergerak lancar.

Dan bisa berguna untuk mengurangi tekanan gas yang ada dalam perut. Dan gak hanya itu, kunyit juga bisa membantu lambung untuk menghentikan adanya produksi asam yang berlebih pada pencernaan penyebab perut kembung.

  1. Mengurangi Mual

Penggunaan kunyit yang ditambahkan dengan lada hitam ternyata terbukti untuk mengurangi rasa mual. Dengan menambahkan lada hitam pada kunyit yang dikonsumsi, maka kandungan piperin di lada hitam bisa meningkatkan penyerapan kurkumin hingga 2.000 persen lebih cepat dalam darah!

Tidak hanya itu, piperin juga bisa memperlambat pemecahan kurkumin oleh hati, nih, yang membuat kurkumin bertahan lebih lama dalam darah. 3. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Untuk menjaga kadar gula darah tetap normal, penderita diabetes harus menyuntikkan insulin ke dalam tubuh. Dan ternyata kunyit juga bisa digunakan untuk mengendalikan kadar gula darah

kandungan kurkumin pada kunyit memberikan efek pada penderita diabetes, yaitu menurunkan kadar glukosa pada darah, berdasarkan penelitian tahun 2013. hingga membuat gejala diabetes mudah ditangani. Dalam hal ini risiko komplikasi karena diabetes pun bisa menurun.

  1. Meredakan Peradangan

Kurkumin pada kunyit adalah zat antioksidan yang memberikan efek antiradang. Dalam satu sendok kunyit parut atau bubuk, terdapat kurang lebih 200 miligram kurkumin.

Kurkumin ini dianggap sebagai zat yang bekerja dengan memblokir kerja sitokin serta enzim yang menyebabkan peradangan dalam tubuh. Dan kurkumin juga bisa mengurangi peradangan dengan cara menurunkan kadar histamin atau sel yang muncul saat mengalami alergi, tapi meningkatkan produksi kortison, yaitu zat yang diperlukan untuk mengatasi alergi.

  1. Mengatasi Alergi

Selain kunyit yang berwarna oranye, ternyata ada juga kunyit yang berwarna putih. Manfaat kunyit putih ini sendiri juga beragam, salah satunya adalah mengatasi alergi.

Di dalam kunyit putih terdapat senyawa bernama courcuminoids, yang punya manfaat sebagai antialergi serta bisa mengatasi gejala reaksi alergi di kulit. Dan cara kerja kunyit sama seperti antihistamin, yang berguna untuk menghambat aktivitas protein yang menyebabkan peradangan dan mencegah pelepasan histamin pada tubuh, yang bisa memicu timbulnya reaksi alergi.

Sumber foto : ilustrasi foto istimewa

Editor : Onixradio

Akibat Pandemi Corona, KFC Tutup Puluhan Gerai

Akibat Pandemi Corona, KFC Tutup Puluhan Gerai

ONIXNEWS - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan sejumlah pemerintah daerah membuat pusat perbelanjaan harus tutup sementara waktu. Kondisi ini kemudian mempengaruhi para tenant yang juga harus terpaksa ikut tutup.

Pandemi corona telah membuat pusat-pusat perbelanjaan di Indonesia ditutup sementara. Kondisi ini berdampak pada operasional restoran cepat saji KFC. gerai makanan cepat saji KFC, PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST), terpaksa menutup 100 gerai lebih akibat penutupan pusat-pusat perbelanjaan.

Selasa (28/4) Direktur FAST Dalimin Juwono dalam keterbukaan informasi BEI menyampaikan bahwa "Terdapat 100 gerai lebih yang ditutup karena mal atau plaza dinyatakan harus tutup karena dampak Covid-19, di mana hal tersebut juga dialami oleh seluruh tenant atau penyewa dalam malatau plaza yang tutup tersebut (bukan hanya gerai kami)."

Gerai-gerai KFC Indonesia lainnya tetap beroperasi hanya saja tidak melayani makan di tempat (dine in). Dalimin memastikan bahwa gerai-gerai yang lain tetap melayani pesanan take-away, layanan pengantaran online (ojek online), home delivery dan drive thru.

Dalam kondisi ini juga membuat sebanyak 450 karyawan KFC dirumahkan. Manajemen KFC berupaya tidak melakukan pemutusan hubunngan kerja (PHK). Mereka memilih untuk melakukan penyesuaian beban upah dengan mekanisme pemotongan dan penundaan beban upah yang bervariasi.

Pemotongan gaji paling besar terjadi untuk tingkat manajemen senior ke atas. Manajemen KFC juga memutuskan untuk menunda pemberian tunjangan hari raya (THR).

"Telah disepakati untuk melaksanakan penyesuaian pembayaran THR dengan mekanisme penurunan dan penundaan pemberian THR yang bervariasi dengan penurunan terbesar di tingkat manajemen senior ke atas," ungkap Dalimin.

Sedangkan untuk karyawan yang bekerja di Store Level, manajeman FAST menyatakan tidak akan mengenakan pemotongan upah namun dikenakan penundaan sebagian kecil pembayaran upah.

Meski demikian, FAST juga tidak menampik telah merumahkan ratusan karyawan akibat kondisi yang sulit ini. “Untuk Pekerja Store Level yang dirumahkan akan menerima pemotongan upah dan penundaan sebagian kecil pembayaran upah,” pungkasnya.

Sumber foto : detik.com

Editor: Onixradio

Tips-tips Aman Konsumsi Gorengan Saat Berbuka Puasa Agar Tidak Radang Tenggorokan

Tips-tips Aman Konsumsi Gorengan Saat Berbuka Puasa Agar Tidak Radang Tenggorokan

ONIXNEWS - Tips - tips aman makan gorengan saat berbuka puasa agar terhindar dari radang tenggorokan.

Gorengan merupakan makanan khas sepertinya yang dijadikan menu buka puasa. Tetapi, mengonsumsi banyak gorengan saat buka puasa tidak baik untuk Kesehatan. Karena gorengan dapat membuat kita menjadi radang tenggorokan.

Ada tips agar tidak terkena risiko radang tenggorokan meski mengonsumsi gorengan saat buka puasa.

  1. Gunakan Minyak Berkualitas

    Gunakan minyak goreng yang berkualitas untuk memastikan Kesehatan makanan yang kamu masak, termasuk gorengan. Minyak goreng yang sudah lebih dari 2 kali digunakan akan berubah warna. Sehingga ada baiknya kamu menggunakan minyak goreng sekali pakai saja. Menggunakan minyak goreng yang telah digunakan berkali-kali akan menimbulkan risiko radang tenggorokan. Karena dalam minyak goreng yang telah digunakan berkali-kali mengandung lemak jahat yang bisa memperburuk kondisi Kesehatan tubuh.

  2. Buat Sendiri di Rumah

Untuk memastikan gorengan yang kamu konsumsi aman, ada baiknya kamu membuatnya sendiri di rumah. Meskipun gorengan yang dijual di luar sangat menggiurkan, namun belum tentu kita dapat memastikan bagaimana kualitasnya.

  1. Buat Adonan Tepung Gorengan yang Sehat

Ada berbagai produk kemasan tepung gorengan instan yang mudah dijumpai di minimarket. Tetapi ada baiknya kamu membatasi penggunaan tepung gorengan instan. Diketahui tepung gorengan instan mengandung Gluten yang bisa menyerap minyak dalam jumlah banyak. Sehingga dianjurkan untuk membuat adonan tepung gorengan dari tepung beras atau tepung jagung agar lebih sehat.

  1. Campurkan dengan Sayuran

Tempe goreng biasa saja sudah sangat menggiurkan, apalagi tempe goreng yang ditambah dengan sayuran. Kamu bisa menambahkan sayuran sehat ke dalam campuran adonan tepung gorengan sebelum menggorengnya. Bisa gunakan daun bawang, seledri, tauge, atau wortel yang diiris sangat tipis. Menambahkan sayuran ke dalam adonan tepung gorengan juga bisa memberikan gizi tambahan.

  1. Batasi Jumlah Konsumsi

Meskipun membuat sendiri di rumah, ada baiknya kamu membatasi jumlah konsumsi gorengan. Mengonsumsi gorengan secara berlebihan akan menimbulkan beberapa gangguan Kesehatan.

Gorengan mengangung kolesterol, lemak, dan kalori yang cukup tinggi. Jadi jangan dikonsumsi secara berlebihan besar kemungkinan akan terkena risiko penyakit serius.

Sumber foto : go-dok.com

Editor : onixradio

Perkembangan penanggulangan Covid-19 di Balikpapan Per 27 April 2020

Perkembangan penanggulangan Covid-19 di Balikpapan Per 27 April 2020

ONIXNEWS - Penambahan satu pasien positif. Berjenis kelamin laki-laki 56 tahun, berasal dari klaster Gowa. Yang bersangkutan sebelumnya menjalani isolasi di rumah observasi. Setelah dinyatakan positif hari ini, yang bersangkutan langsung dirawat di RSKD.

enter image description here

Dinas Kesehatan juga menerima hasil tes swab ulang dari tiga pasien positif yang masih dirawat. Dua pasien tersebut dirawat di RSKD dan satu di RST. Ketiganya masih mendapatkan hasil positif (dalam artian belum sembuh).

Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang masih dipantau 728.

Jumlah spesimen yang masih menunggu hasil pemeriksaan di BBLK Surabaya : 28 sampel.

Sesuai koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, nantinya seluruh pemeriksaan spesimen tidak lagi dikirim ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya, tapi dialihkan ke Puslitbangkes Jakarta. Hal ini juga mempertimbangkan terbatasnya jalur pengiriman ke Surabaya.

Press release disampaikan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Dandim Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa, Wakapolresta Balikpapan AKBP Sebpril Sesa, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Andi Sri Juliarty.

Sumber : IG @pemkot_balikpapan

Editor : Onixradio

Pemkot Balikpapan Masih Mempersiapkan Perhitungan Aspek Sosial Untuk Ajukan Penerapan PSBB

Pemkot Balikpapan Masih Mempersiapkan Perhitungan Aspek Sosial Untuk Ajukan Penerapan PSBB

ONIXNEWS - Pemerintah Kota Balikpapan saat ini masih mempersiapkan syarat administrasi untuk mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Dalam hal ini, Walikota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan terkait syarat administrasi yang berkaitan dengan anatomi kesehatan memang dianggap telah memenuhi syarat. tapi, dia masih mempertimbangkan aspek lain dengan sangat memperhitungkan aspek sosial dalam penerapannya.

Senin (27/4/2020) Rizal Effendi mengungkapkan bahwa "PSBB masih disiapkan oleh tim kita. Kalau Dinkes menyiapkan dari anatomi kesehatannya itu memang telah memenuhi syarat. Tapi aspek penanganan sosialnya kita hitung betul"

Iya juga mengatakan bahwa, kebijakan dalam menerapkan PSBB harus diperhitungkan secara matang dan hati-hati. Sebab, dari pengalaman semua daerah yang lebih dahulu menerapkannya, persoalan dan hambatan yang dihadapi selalu berkaitan dengan kondisi sosial.

Pembahasan PSBB juga sampai saat ini masih belum menemukan titik final. Wali kota rRizal Effendi pun berjanji apabila nanti jadi diterapkan maka pihaknya akan segera mengumumkan dan menyosialisasikan hal tersebut dengan baik dan benar.

Sumber foto : tribun kaltim

Editor : Onixradio

Manfaat Buah Anggur Berbeda Beda Sesuai Warnanya

Manfaat Buah Anggur Berbeda Beda Sesuai Warnanya

ONIXNEWS - Selain dimakan mentah, anggur juga sering kali diolah dan digunakan untuk membuat minuman rasa anggur, selai, jus, agar-agar, kismis, cuka, atau minyak buah anggur.

Ada tiga warna anggur yang sering kita lihat, seperti warna hitam keunguan, merah, dan hijau. Namun manfaat Buah Anggur berbeda-beda sesuai warnanya.

  1. Hitam Keunguan, Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Anggur warna hitam keunguan kaya akan reservatrol. Zat ini dapat mencegah sel-sel kulit kita agar tidak cepat menua, cocok untuk membuat awet muda. zat reservatol juga bisa menjaga tekanan darah di tubuh tetap stabil, melancarkan peredaran darah dan jantung, dan dapat menurunkan kadar kolesterol di tubuh. Dan semakin gelap warna anggur, kandungan reservatrol di dalam anggur semakin tinggi.

  1. Merah, Anggur Antioksidan

Mirip dengan manfaat anggur hitam keunguan, anggur merah juga memiliki kandungan reservatrol yang lumayan tinggi. Selain reservatrol, ada kandungan lainnya dalam anggur merah yaitu quercetin yang menjadi antioksidan bagi tubuh. zat yang dapat melindungi tubuh kita dari serangan segala penyakit, sehingga membuat ketahanan tubuh kita menjadi lebih kuat.

  1. Hijau, Anggur Pencegah Peradangan

Anggur hijau juga memiliki antioksidan. Akan tetapi jenis antioksidan yang dimiliki anggur hijau adalah katekin. Zat ini dapat mencegah kita dari peradangan atau pembengkakan di dalam tubuh. Manfaat lainnya adalah untuk membantu menghilangkan zat-zat berbahaya dari tubuh, dapat melangsingkan tubuh, serta membuat daya tahan tubuh lebih maksimal.

sumber foto : Ilustrasi. JPNN/JAMBIINDEPENDENT.COM

Editor : Onixradio

Pencurian Arang di Balikpapan Terciduk CCTV dan Viral di Media Sosial

Pencurian Arang di Balikpapan Terciduk CCTV dan Viral di Media Sosial

ONIXNEWS - Aksi pencurian terekam kamera CCTV dan viral di media sosial, kembali terjadi di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur baru baru ini. Dalam hal ini diketahui pencurian tersebut terjadi di salah satu toko yang bermana Toko Naufal, berlokasi di depan TK Manuntung, Jalan Pandan Sari, Kelurahan Mekar Sari, Balikpapan Tengah.

Sebanyak Tiga karung arang di toko tersebut dicuri oleh dua orang pria tak dikenal dengan menggunakan mobil angkutan kota. Dan aksi pencurian keduanya inipun terekam kamera CCTV dan viral di media sosial.

Diketahui juga bahwa, Toko Naufal milik keluarga Marwan Isnan Sahara, warga Start III, Kelurahan Gunung Samarinda, Balikpapan Utara. Menurut Marwan, toko itu menjual kebutuhan plastik serta bahan-bahan kebutuhan dapur.

Marwan juga menjelaskan, pada hari Selasa (21/4/2020) sekitar pukul 04.15, Toko Naufal digondol maling. Hal ini diketahui, saat iya mengecek rekaman CCTV yang terpasang di sekitar toko tersebut. Dan Marwan pun langsung membagikan rekaman CCTV tersebut kepada rekan-rekannya dengan harapan pelaku segera diketahui.

Rekaman CCTV tersebut berdurasi sekitar 1 menit 50 detik dan terlihat, sebuah angkot berwarna kuning, bernopol KT 1546 YU, berhenti tepat di depan Toko Naufal. Kemudian salah seorang pria keluar dari angkot tersebut dengan memperhatikan baik-baik kondisi di sekitarnya.

Sambil melihat kanan kiri jalan, pria tersebut langsung masuk ke dalam Toko Naufal. Tak beberapa lama, dia ke luar lagi sambil melemparkan karung ke dalam angkotnya. Dan dijelaskan oleh Marwan, bahwa karung tersebut berisikan arang.

Akibat kejadian ini, keluarga Marwan mengaku mengalami kerugian hampir Rp 100 ribu. Satu karung arang di Toko Naufal, sebut Marwan, dihargai sekitar Rp 30 ribu.

Melihat kerugian akibat pencurian ini tak banyak, pemilik toko tersebut enggan melanjutkan kasus ini ke ranah pidana. Walaupun begitu, Marwan berharap agar petugas keamanan dapat menjaga keamanan kota lebih baik lagi. Karena biar bagaimana pun, aksi pencurian jelas merugikan korbannya dan meresahkan warga.

Sumber foto : tribun kaltim

Editor : Onixradio