Kejuaraan Woodball Antar Pelajar Open Kaltim Resmi Dibuka

Kejuaraan Woodball Antar Pelajar Open Kaltim Resmi Dibuka

BALIKPAPAN - Kejuaraan Woodball Antar Pelajar Tingkat Kota Balikpapan Open Kaltim akhirnya resmi dibuka. Kejuaraan tersebut dilaksanakan di Lapangan Telkom Divre VI Kaltim MT Haryono Balikpapan, Jumat (28/2/2020).

Kejuaraan ini nih adalah agenda rutin yang dilakukan tiap tahunnya. Sebanyak 150 atlet junior maupun senior dalam kategori Kejurkot maupun Open Kaltim turut serta.

Ketua Pengkot Indonesia Woodball Association (IWBA) Balikpapan, Amang Fauzi mengatakan. Kejuaraan ini proyeksinya untuk Kejuaraan Daerah (Kejurda) dan Kejuaraan Nasional (Kejurnas). Untuk kejurda kita akan seleksi dan kita akan ambil delapan putra dan delapan putrid.

Iya juga mengatakan kalo Kejuaraan Daerah rencananya akan dilaksanakan pada April mendatang yang akan dilaksanakan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Dan saat disinggung mengenai kategori Open Kaltim yang akan dilaksanakan besok Sabtu (29/2/2020), iya optimis Balikpapan akan berada diperingkat satu. Dan jikapun mengakui kekalahan, paling tidak kita bisa berada di peringkat kedua.

Saat ini Kutai Kartanegara menjadi lawan yang berat, pasalnya setiap klub woodball di Kukar memiliki venue latihan sendiri. Berbanding terbalik dengan Balikpapan yang keterbatasan venue.

Sumber foto : Tribun kaltim

Editor : Onixradio

Sergio Ramos Amat Bahagia Tampil Terbanyak di Laga El Clasico

Sergio Ramos Amat Bahagia Tampil Terbanyak di Laga El Clasico

ONIXNEWS - Sergio Ramos mengaku sangat bahagia tampil terbanyak pada laga El Clasico, Real Madrid vs Barcelona. Laga El Real vs Blaugrana pada laga Liga Spanyol pekan ke-26 di Stadion Santiago Bernabeu bakal digelar Senin (2/3) dini hari WIB.

Sergio sudah membukukan rekor menjadi pemain dengan penampilan terbanyak di El Clasico sebanyak 43 kali. Rekor itu tercipta pada laga El Clasico pada laga Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Desember tahun lalu.

Pada laga itu, Los Blancos dan Barcelona bermain imbang tanpa gol di Stadion Camp Nou.. Menjadi pemain dengan penampilan terbanyak di El Clasico merupakan kebahagiaan yang luar biasa buat Sergiao, iya berharap masih bisa melanjutkannya dan terus bermain lagi. Ini juga jadi bukti kerja keras dan pengorbanan nya selama bertahun-tahun.

Banyak pihak yang menilai laga El Clasico kurang gereget dalam dua tahun terakhir ini. Namun, Sergio Ramos menilai laga menghadapi tim musuh bebuyutan Madrid selalu menarik baginya.

iya selalu punya antusiasme yang sama seperti saat kali pertama tampil di El Clasico. Iya juga tidak pernah merasa bahwa penampilan ini bakal jadi yang terakhir. Saya selalu menganggap laga ini penampilan pertama dengan ambisi dan hasrat untuk meraih kemenangan.

Dalam Laga El Clasico kali ini amat krusial bagi Real Madrid dan Barcelona untuk berebut posisi puncak klasemen Liga Spanyol. Blaugrana yang kini di posisi teratas hanya selisih dua poin dari Real Madrid.

Sumber foto : AFP

Editor : Onixradio

Ekonom Nilai Paket Ekonomi Di sekotr Pariwisata Tidak Tepat Akbat Virus Corona

Ekonom Nilai Paket Ekonomi Di sekotr Pariwisata Tidak Tepat Akbat Virus Corona

ONIXNEWS - Direktur Eksekutif Indef Tauhid Ahmad menyayangkan usaha pemerintah dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata tak disertai dengan momentum yang tepat. Meski mengapresiasi langkah pemerintah dalam meminimalisir perlambatan ekonomi akibat virus corona, namun ia menilai insentif tidak akan efektif.

Pasalnya, insentif diberikan saat low season atau musim sepi liburan seperti saat ini. Indef nilai insentif pariwisata sudah tepat, tapi salah timing. Pas lagi low season kayak sekarang memang pada engga mau jalan-jalan. Menurutnya juga, pada momen sepi seperti ini, alasan utama orang-orang tak berpergian bukan karena mahalnya tiket pesawat. Umumnya masyarakat tak berpergian karena mereka sibuk. Liburan panjang seperti liburan sekolah yang masih beberapa bulan dari pemberian insentif dinilainya tak tepat sasaran.

Dan diketahui juga, pemerintah menunjuk PT Pertamina (Persero) untuk memberikan diskon avtur ke maskapai mulai Maret hingga Mei 2020. Pemerintah akan mengucurkan Rp265,5 miliar kepada perusahaan pelat merah itu.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto menyatakan kebijakan ini dibuat demi meminimalisir dampak penyebaran wabah virus corona terhadap ekonomi dalam negeri.

"Pertamina akan memberikan insentif berupa diskon avtur, dengan total diskon ini nilainya Rp265,5 miliar dan ini berlaku tiga bulan," ungkapnya.

Selain itu, pemerintah juga akan menyewa influencer asing untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Influencer yang berasal dari Amerika Serikat (AS), Eropa, Australia, India, dan Timur Tengah tersebut akan ditugaskan menarik wisatawan asing.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menyatakan pihaknya akan melihat detail identitas calon influencer yang akan disewa. Salah satu tolak ukurnya adalah jumlah penonton atau viewers video YouTube milik influencer.

Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp72 miliar untuk membayar influencer tersebut. Namun, Wishnutama menegaskan bahwa dana tersebut tak semata-mata untuk influencer.

Sumber foto : CNN Indonesia

Editor : Onixradio

Rencana Pembongkaran Pasar Klandasan Balikpapan Batal Dilakukan

Rencana Pembongkaran Pasar Klandasan Balikpapan Batal Dilakukan

ONIXNEWS - Rencana Pemkot Balikpapan untuk melakukan pembongkaran Pasar klandasan Balikpapan yang sudah dijadwalkan pada Kamis, (27/2/2020) kemarin telah batal dilakukan. Dalam hal ini Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Perdagangan (Disdag) resmi menunda pembongkaran Tempat Penampungan Sementara (TPS) pedagang Pasar Klandasan.

Jadi sudah Diketahui berdasarkan surat pemberitahuan oleh Disdag Balikpapan bahwa Kamis (27/2) pagi kemarin akan dilaksanakan eksekusi kios TPS Pasar Klandasan Balikpapan.

Dalam hal ini juga, Kepala Dinas Perdagangan Kota Balikpapan Arzaedi Rachman mengakui bahwa penundaan tersebut disebabkan faktor teknis. "Penundaaan pembongkaran memang tertunda karena ini melibatkan instansi terkait dalam hal ini perlu persiapan ada mobilisasi izin melintas serta koordinasi keamanan ini dipersiapakan semua. Salah satunya surat pemberitahuan tersebut juga untuk sosialsisi kepada pedagang TPS akan dibongkar."

Ia mengatakan bahwa nih akan melaporkan terlebih dahulu kepada Wali Kota Balikpapan dan DPRD Balikpapan terkait rencana eksekusi pembongkaran TPS Pasar Klandasan. Dia menegaskan bahwa Paling lambat Maret 2020 proses pembongkaran dilakukan.

Terkait pembongkaran tersebut, Arzaedi meminta kepada para pedagang tidak resah artinya yang benar mempunyai surat sewa menyewa dengan Pemkot tetap akan diakomodir. Tapi, ketika ada pedagang mendapat kios diluar dari Pemkot Balikpapan tidak bisa bertanggjawab

Jadi, Pemkot tidak akan mematikan usaha pedagang bagaimanapun UMKM yang mana sebagai penyangga ekonomi Balikpapan.

Sumber foto : Tribun kaltim

Editor : Onixradio

Menteri Australia Perpanjang Larangan Masuk Untuk Orang di China Karena Anggap Virus Corona Sebagai Pandemi

Menteri Australia Perpanjang Larangan Masuk Untuk Orang di China Karena Anggap Virus Corona Sebagai Pandemi

ONIXNEWS - Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan negara itu menganggap wabah virus corona sebagai pandemi dan memperpanjang larangan masuk bagi orang dari China.

Morrison juga mengumumkan rencana tanggap darurat nasional atas penularan dan menyebut tengah mempertimbangkan "langkah-langkah tambahan" untuk memantau para pelancong yang tiba di negara tersebut.

"Kami secara efektif beroperasi saat ini atas dasar bahwa ada, sebuah pandemi," kata Morrison.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menghentikan sementara penyebutan wabah virus corona sebagai pandemi, meski jumlah infeksi baru di luar China terus bertambah. Sebanyak lebih dari 2.700 orang telah meninggal dunia di China dan sekitar 78 ribu telah terinfeksi virus corona Covid-19. Dan ada lebih dari 50 kasus kematian dan 3.600 infeksi di puluhan negara di dunia.

Sementara itu, menurut Kepala Eksekutif Universitas-universitas Australia Catriona Jackson, mahasiswa yang terjebak di China disebut telah disiapkan sejumlah pilihan. Sejumlah pilihan tersebut termasuk penundaan tanggal mulai studi, penundaan penilaian, penangguhan bebas biaya, dan penyediaan akses studi daring.

Australia sejauh ini telah melaporkan 22 kasus virus corona, namun belum ada yang terinfeksi antar manusia di dalam negara tersebut.

Sumber foto : AFP

Editor : Onixradio

Ma'ruf Amin Nilai Angka Kemiskinan dan Stunting Masih Tinggi, Untuk Indonesia Dicap Negara Maju

Ma'ruf Amin Nilai Angka Kemiskinan dan Stunting Masih Tinggi, Untuk Indonesia Dicap Negara Maju

ONIXNEWS - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menilai pencoretan status Indonesia dari daftar negara berkembang oleh Amerika Serikat menjadi ironi tersendiri kala angka kemiskinan dan stunting di dalam negeri masih tinggi.

Dalam hal ini juga, Ma'ruf Amin menilai seharusnya status negara maju harus diukur dari tingkat kesejahteraan masyarakatnya. Indikator kesejahteraan itu, kata dia, diukur berdasarkan tingkat kemiskinan, stunting dan pengangguran masyarakat yang harus rendah.

"Oleh karena itu, predikat tersebut harus menjadi motivasi sehingga Indonesia menjadi negara di posisi high income country," kata dia.

Badan Pusat Statistik (BPS) sebelumnya mencatat jumlah penduduk miskin di Indonesia sampai September 2019 mencapai 24,79 juta orang. Angka ini menurun 0,88 juta orang dibandingkan dengan September 2018.

Meskipun turun, BPS mencatat disparitas kemiskinan antar daerah dan kota di Indonesia masih tinggi. Tercatat, persentase kemiskinan kota masih mencapai 6,56 persen. Sementara itu untuk desa, tingkat persentase penduduk miskin mencapai 12,6 persen.

Sumber foto : CNN Indonesia

Editor : Onixradio

Hasil Autopsi Bayi Tanpa Kepala di Samarinda Dinyatakan Meninggal Karena Tenggelam

Hasil Autopsi Bayi Tanpa Kepala di Samarinda Dinyatakan Meninggal Karena Tenggelam

ONIXNEWS - Kematian balita Ahmad Yusuf Ghazali (4 th) yang ditemukan tewas tanpa kepala akhirnya terkuak. Balita tanpa kepala yang ditemukan meninggal dunia dengan kondisi mengenaskan di Sungai Karang Mumus di Jalan Pangeran Antasari II pada 8 Desember 2019 lalu kembali terungkap.

Hasil autopsi terhadap Ahmad Yusuf Ghazali yang dilakukan Selasa (18/2/20) pekan lalu di TPU Muslimin Jalan Damanhuri oleh Tim Ahli Forensik Mabes dalam hal ini Polri memastikan tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada balita malang tersebut.

Hal ini diungkapkan dokter spesialis forensik, Kombes Pol Sumy Hastry Purwanti Kamis (27/2/20) kemarin di Aula Polresta Samarinda. Berdasarkan hasil pemeriksaan tulang-tulang dari Ahmad Yusuf Ghazali di laboratorium forensik (labfor) Mabes Polri, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan. “Tidak ditemukan tanda kekerasan jadi bisa dibilang Yusuf meninggal karena tenggelam," ungkap Sumy Hastry Purwanti.

"Sambungan antar tulang yang terlepas tidak ditemukan resapan darah maupun patahan." tambahnya Terkait, dengan lepasnya beberapa anggota tubuh balita tersebut karena adanya proses pembusukan di dalam air. "Apalagi Ahmad Yusuf Ghazali masih kecil, sehingga tubuhnya masih rawan," jelasnya

Sumber foto : tribun kaltim

Editor : Onixradio

Pemerintah Pakistan Konfirmasi Dua Kasus Corona, Warga Diminta Tak Panik Karna Semua di Bawah Kendali

Pemerintah Pakistan Konfirmasi Dua Kasus Corona, Warga Diminta Tak Panik Karna Semua di Bawah Kendali

ONIXNEWS - Pemerintah Pakistan mengonfirmasi dua kasus virus corona di Pakistan. Keduanya dirawat berdasarkan protokol standar klinis dan keduanya dalam kondisi stabil. Tidak perlu panik, semuanya di bawah kendali.

Warga Pakistan Khawatir terkait kesiapan pemerintah mereka dalam menghadapi wabah virus corona, terutama dari tetangga mereka, Iran, yang kini menjadi episentrum wabah baru di luar China. Dalam hal ini Pakistan menghadapi kasus virus corona di tengah kondisi perbatasan yang rapuh, rumah sakit yang tua, dan populasi buta huruf yang tinggi.

Pemerintah daerah Balochistan yang terletak di barat daya negara tersebut dan berbatasan langsung dengan Iran telah meliburkan seluruh sekolah dan instansi pendidikan setempat.

Sementara itu, tetangga Pakistan, Iran terus menghadapi jumlah kasus wabah virus corona yang meningkat. Kini, ada 139 kasus dengan 19 kematian.

Di sisi lain, Afghanistan yang juga berbatasan langsung dengan Pakistan turut melaporkan kasus pertama virus corona di sana pada Senin (24/2).

Sementara Pakistan menutup perbatasan dengan Iran, pemerintah setempat masih mempertahankan perjalanan udara dari dan menuju China. Hal itu dikarenakan perjalanan udara menjadi akses utama perdagangan dua negara.

Sebelum mengumumkan kasus virus corona pertama, Pakistan pada pekan ini telah mengarantina setidaknya 270 orang dekat perbatasan Iran setelah sekelompok peziarah kembali dari negara Islam itu dan bercampur di antara masyarakat.

Sumber foto : AFP

Editor : Onixradio

Cerita Pengungsi Banjir Jakarta

Cerita Pengungsi Banjir Jakarta

ONIXNEWS - Banjir mulai meninggalkan jejaknya di dalam gang kecil Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (26/2) pagi. Jalanan yang sebelumnya tergenang air, berlumpur, susah untuk dilewati, terlihat bersih seperti sebelum direndam banjir.

Seorang pria bernama Awi orang asli Betawi mengatakan bahwa Ia beserta ratusan warga lainnya di RT 12 RW 8, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, adalah korban banjir akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah Jakarta sejak Senin (24/2) lalu. Selain di RT 12, beberapa RT lainnya di RW 8 juga terdampak musibah tersebut.

Awi mengatakan kalo di wilayah tersebut, air sudah mulai naik beberapa centimeter menggenangi rumah warga sejak Senin sore. Hingga malam hari, ketinggian air semakin bertambah. Dalam kejadian tersebut para warga mengusi ke masjid Jami Ittihadul Ikhat yang dekat dari rumah awi.

Masjid tersebut memang salah satu titik pengungsian warga korban banjir. Hingga Rabu (26/2) pagi, masjid itu masih dipadati warga pengungsi banjir. Mereka belum memutuskan untuk pulang karena khawatir akan terjadi banjir lagi.

Saat banjir awal tahun 2020 lalu, ia mengaku, kulkas dan mesin cuci miliknya juga ikut terendam. Beruntung, kedua barang itu masih bisa diperbaiki, meski ia harus mengeluarkan kocek sebesar Rp600.000. Bagi Awi yang sehari-hari bekerja membantu istrinya berjualan makanan, jumlah uang itu cukup besar.

Tidak hanya barang yang terendam banjir, tinggal sejak 1992 di daerah itu, ia juga pernah mengalami beberapa kejadian lainnya.

Beberapa kali mengalami kejadian buruk karena banjir, ia mengaku tidak memiliki keinginan untuk pindah ke tempat lain, sebab, rumah tersebut adalah warisan dari mertuanya.

Sumber foto : CNN Indonesia

Editor : Onixradio

Sebelum Bulan Ramadhan Jalan Tol Balsam Harus Sudah Selesai Dikerjakan Ujar Wagub Kaltim

Sebelum Bulan Ramadhan Jalan Tol Balsam Harus Sudah Selesai Dikerjakan Ujar Wagub Kaltim

ONIXNEWS - Pemprov Kaltim berharap, pembangunan Jalan Tol Balikpapan - Samarinda ( Balsam ) selesai sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi mengatakan bahwa, keinginannya agar jalan bebas hambatan pertama di Kalimantan tersebut dapat diselesaikan segera. Harapannya, di bulan Mei mendatang Jalan Tol Balsam selesai dibangun.

Dalam hal ini Hadi Mulyadi mengungkapkan, dua seksi jalan Tol Balsam tersebut masih terkendala. Persoalan pembebesan lahan, menjadi salah satu kendala. Kemudian, masih adanya titik tanah di ruas jalan tol yang mengalami longsor.

Jalan tol Balsam seksi 1 dilaksanakan dengan dana APBD Provinsi Kalimantan Timur tahun anggaran 2015-2018 yang terbagi dalam 5 segmen dan dana APBN pemerintah Pusat tahun anggaran 2015-2017 untuk jembatan, sedangkan untuk Seksi 05 dengan dana APBN pemerintah pusat dan bantuan luar negeri.

Proyek pembangunan Jalan tol awalnya dibagi dalam beberapa tahap dan untuk tahap I dilaksanakan dengan dana APBD Provinsi Kalimantan Timur dengan sistem Tahun Jamak (Multy Years Contract) tahun anggaran 2011-2013.

Sedangkan Tahap II diistilahkan dengan paket dan kemudian diubah menjadi Seksi pada saat pengerjaan. Jalan tol Balsam seksi II, III dan seksi IV telah dioperasikan. Tiga seksi tersebut di bangun PT Jasa Marga Balikpapan Samarinda selaku kontraktor.

Secara keseluruhan, jalan tol Balsam sepanjang 99,35 km dengan investasi Rp14,9 triliun yang sebagian besar dibiayai oleh pihak swasta. Pembangunan jalan tol Balsam dimulai sejak era pemerintahan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak pada 12 Januari 2011.

Proyek tersebut diresmikan Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak ditandai dengan pemancangan batu pertama di kawasan Manggar, Balikpapan. Pengoperasian jalan tol Balsam bakal memangkas waktu tempuh dari 3-4 jam menjadi 1 jam.

Sumber foto : tribun kaltim

Editor : Onixradio