Ternyata Makanan Pendamping Sarapan Ini Tidak Baik Jika Konsumsi Di Pagi hari

Ternyata Makanan Pendamping Sarapan Ini Tidak Baik Jika Konsumsi Di Pagi hari

ONIXNEWS – Sarapan di pagi hari merupakan rutinitas yang biasa dilakukan sebagian orang. Sarapan di pagi hari menetukan seberapa banyak energi yang didapat untuk memulai aktivitas. Menu sarapan sendiri tidak harus banyak seperti menu makan siang, namun harus mengandung gizi seimbang. Contohnya makanan yang mengandung protein, lemak, serat, hingga karbohidrat yang bisa membuat perut ‘aman’.

Namun tidak jarang untuk sebagian untuk sarapannya mereka mengkonsumsi makanan instan agar tidak merepotkan dan membuang buang waktu. Ternyata ada beberapa makanan yang tidak baik dikonsumsi di pagi hari, apa saja ?

  1. Margarin

Roti yang menjadi pilihan untuk sarapan, lengkap dengan berbagai selai dan isian di dalamnya. Dan sudah menjadi pengetahuan umum, untuk melengkapi isian roti kita akan menggunakan margarin. Margarin cukup berbahaya jika dikonsumsi saat sarapan karena mengandung lemak jenuh dan juga gula. Bila menambahkan margarin ke dalam roti, kandungan tepung dalam roti dan juga lemak serta gula akan bercampur sehingga dapat meningkatkan gula darah dan meningkatkan berbagai risiko penyakit.

  1. Sereal

Banyak orang memilih sereal menjadi salah satu menu sarapan andalan di pagi hari. Hal ini karena kini marak bermunculan sereal dengan klaim menyehatkan, seperti berisi gandum utuh, mengandung zat besi, berbagai vitamin, dan lain sebagainya. Kenyataannya sereal hanya mengandung sedikit biji-bijian bernutrisi. Bahkan nutrisinya juga sudah luntur karena adanya proses fortifikasi. Pembuatan sereal juga melalui proses penyulingan, sehingga beberapa kandungan yang disuling akan pecah dan kandungannya menjadi tidak utuh. Oleh karena itu kita perlu memilih sereal yang benar-benar aman dan tak mengandung tinggi gula.

  1. Jus buah

Ada beberapa dari kita yang memilih konsumsi jus buah di pagi hari, atau sekedar jadi teman saraoan. Padahal jus buah juga memiliki risiko jika dikonsumsi di pagi hari. Jus buah memiliki kandungan fruktosa tinggi, dan kadar gula yang tinggi sehingga meningkatkan risiko obesitas, sindrom metabolik, dan diabetes tipe 2. Jus buah dalam bentuk kemasan memiliki kandungan 100% gula yang memungkinkan menimbun berbagai penyakit di tubuh, dan memperlambat penyerapan serat. Baiknya, konsumsi jus buah bikinan sendiri tanpa menggunakan gula dan tambahan bahan-bahan lain.

Sumber : Nakita.grid.id

Editor : Onixradio


Author: ONIX Radio

enter image description here