Bepeluang Pemungutan Suara Ulang, Respon KPU Tenang

Bepeluang Pemungutan Suara Ulang, Respon KPU Tenang

ONIXNEWS – Setelah adanya gugatan mengenai pemungutan suara pilkada Kota Balikpapan kemarin, dan apabila gugatan tersebut dikabulkan maka akan berpeluang untuk dilakukannya pemungutan suara ulang.

Hasil rekapitulasi pilkada yang dikeluarkan oleh KPU Kota Balikpapan digugat oleh Lembaga pemantau. Menurut mereka proses pilkada Balikpapan mengalami beberapa kecacatan prosedur dan pelaksanaannya dianggap tidak sah.

Perlakuan tidak adil terdapat di Klandasan Ulu, Klandasan Ilir dan telaga sari, hal ini dikarenakan tidak diberikannya Salinan Form C KWK PPS.

“tapi kan perlu diingat bahwa gugatan PHP (Perselisihan Hasil Pemilu), itu MK ada syarat formil dan materiilya” ujar ketua KPU Balikpapan Noor Thoha.

Adapun yang menjadi pedoman dikabulkannya permohonan gugatan, memiliki syarat selisih angka. Apabila perkara ini di tolak atau didismisal, maka lima hari setelah putusan dismisal itu KPU sudah dapat menetapkan calon terpilih. Lalu dilanjutkan dengan proses bersurat permohonan untuk dilantik kepada gubernur.

“untuk menentukan siapa penasihat hukumnya.kemudian berkoordinasi, kita mengkaji dalil dalilnya, kalua ada perbaikan, apa yang diperbaiki. Kemudian ke KPU RI, untuk konsolidasi inyternal dulu,” ucapnya.

Sumber : tribunkaltim.co Editor : onixradio


Author: ONIX Radio

enter image description here