UMKM Care Centre Balikpapan Resmi Di Buka Oleh Pemkot Balikpapan, Bank Indonesia Balikpapan dan OJK Provinsi Kaltim

UMKM Care Centre Balikpapan Resmi Di Buka Oleh Pemkot Balikpapan, Bank Indonesia Balikpapan dan OJK Provinsi Kaltim

ONIXNEWS – Pemkot Balikpapan bersama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan dan OJK Provinsi Kalimantan timur telah melakukan Launching UMKM Care Center Balikpapan (UCCB) pada hari selasa (1/9/20) di kantor Walikota Balikpapan. Kegiatan yang di hadiri oleh seluruh anggota UCCB yang melibatkan perbankan, lembaga keuangan non bank dan perguruan tinggi, serta disaksikan secara daring oleh ratusan pelaku UMKM, media, maupun masyarakat secara umum.

Pemukulan gong oleh Walikota Balikpapan dan penyerahan plakat dari Sekretaris Daerah sebagai Ketua UMKM Care Centre Balikpapan kepada Walikota Balikpapan merupakan Seremoni launching UCCB yang menandakan secara resmi dimulainya kegiatan UMKM Care Centre Balikpapan.

Hadirnya UCCB ini merupakan sarana untuk memfasilitasi UMKM dengan lembaga keuangan terutama yang terdampak COVID-19 dalam hal kendala permodalan sekaligus menjadi partner dan advisor UMKM dalam menjaga daya tahan dan mendorong daya saing (competitiveness) usaha.

UCCB terbagi menjadi 4 bidang yaitu Bidang Keuangan dan Perbankan, Bidang Promosi dan Akses Pemasaran UMKM, Bidang Penguatan Kelembagaan & SDM, dan Bidang Pengembangan Usaha dan Pembinaan sesuai dengan Surat Keputusan Walikota No. 188.45-170/2020 tentang Pembentukan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Care Center Balikpapan.

Dalam rangkaian launching UCCB, juga digelar Webinar bertema “Mengawal UMKM Eksis Di Era New Normal”. Kegiatan webinar menghadirkan 3 (tiga) narasumber yaitu Kepala OJK Kalimantan Timur, Made Yoga Sudharma yang membawakan materi akses modal dan upaya restrukturisasi pembiayaan UMKM, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Bimo Epyanto membawakan materi mengenai Perekonomian daerah dan upaya BI dalam mendorong sektor riil, dan Staf Khusus Kementerian Koperasi dan UKM RI, Agus Santoso yang membawakan materi mengenai Strategi Pemerintah Menjaga Kinerja UMKM di Era New Normal.

Kegiatan webinar diikuti oleh 350 orang dari pelaku UMKM, lembaga keuangan, akademisi, asosiasi dan organisasi/lembaga pemerintah dan swasta baik di dalam dan luar Balikpapan.

OJK Kalimantan Timur menyampaikan bahwa jumlah UMKM di Kalimantan Timur yang berpotensi terdampak COVID-19 mencapai 100.834 debitur. Realisasi restrukturisasi kredit yang telah dilakukan sebanyak 38.733 rekening UMKM dengan nilai outstanding Rp2,47 triliun. Sementara, dalam paparan Bank Indonesia disampaikan upaya-upaya konkrit yang dilakukan Bank Indonesia untuk mendorong kinerja UMKM di tengah pandemi, di antaranmya adalah program UMKM Bangkit yang terdiri atas program UMKM Digital Academy, UMKM Connect / Balikpapan Pop Line, dan yang terkahir UMKM Care Center Balikpapan.

Bank Indonesia juga terus berupaya melakukan pengembangan UMKM melalui penguatan kelembagaan (korporatisasi), penguatan SDM dan Usaha (perluasan kapasitas) serta penguatan akses pembiayaan sehingga UMKM dapat menjadi UMKM 4.0 sebagai kekuatan baru ekonomi nasional. Sedangkan, Kementerian Koperasi dan UMKM menekankan dukungan terhadap UMKM di era new normal melalui perluasan akses pasar dengan aktivasi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan memperbaiki bisnis proses terutama dari sisi kolaborasi dan kolaborasi, membangun budaya local heroes, peningkatan kapasitas SDM serta perluasan segmentasi.

Kementerian Koperasi dan UMKM juga mengapresiasi langkah Pemerintah Kota Balikpapan bersama Bank Indonesia dalam membentuk UCCB yang diharapkan dapat mempercepat pemulihan UMKM di era new normal.

UCCB diharapkan dapat menjaga kinerja UMKM di tengah pandemi COVID-19 dan menggerakkan perekonomian Balikpapan melalui berbagai program pendampingan untuk peningkatan kapasitas UMKM, perluasan pasar dan penguatan akses permodalan.

UMKM yang memerlukan program pendampingan dari UCCB dapat menghubungi melalui kanal Email: umkmcarecenter@balikpapan.go.id atau umkmcarecenterbpn@gmail.com atau akun Instagram: @umkmcenterbpn dan Facebook: @umkmccbpn untuk keterangan lebih lanjut.

Sumber : Bank Indonesia

Editor : Onixradio


Author: ONIX Radio

enter image description here