Mulai Dari Hilangkan Ketombe Hingga Mencegah Kanker, Ini dia Khasiat lain Daun Salam

Mulai Dari Hilangkan Ketombe Hingga Mencegah Kanker, Ini dia Khasiat lain Daun Salam

ONIXNEWS – kalian pernah menyadari gak sih bahwa ternyata bumbu dapur yang biasa kita gunakan dalam pembuatan makanan untuk menambah cita rasa ternyata memiliki manfaat lain. Contohnya Daun Salam, ternyata daun yang biasa kita temui di dapur ini memiliki manufaat untuk kesehatan tubuh loh.

Banyak orang yang belum mengetahui apa manfaat lain dari daun ini, melansir lybrate.com, berikut manfaat hebat daun salam untuk tubuh:

  1. Membantu meningkatkan kesehatan jantung

Asam caffeic dan rutin adalah senyawa organik penting yang ditemukan di daun salam. Rutin memperkuat dinding kapiler di jantung, sementara asam caffeic dapat membantu menghilangkan kolesterol "jahat" dari sistem kardiovaskular.

  1. Mengobati masalah menstruasi

Nah untuk kalian yang biasa merasakan nyeri perut saat haid atau haid yang tidak teratur bisa nih mengkonsumsi olahan daun salam ini. Minum air daun salam dapat melancarkan menstruasi secara teratur. Selain itu Daun salam juga memiliki sifat untuk menyembuhkan keputihan.

  1. Tidur lebih nyenyak

Tidur yang tidak nyenyak kadang membuat kita tidak fit saat bangun keesokan harinya, konsumsi daun salam sebelum tidur membantu tidur lebih nyenyak. Cukup teteskan beberapa tetes ekstrak daun salam, yang dicampur dengan air dan diminum.

  1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Buat yang punya masalah dengan system pencernaan nih, Daun salam punya efek sangat kuat pada sistem gastrointestinal. Tak hanya merangsang buang air kecil, tapi bisa menurunkan kandungan racun pada tubuh dan juga merangsang untuk muntah ketika sesuatu beracun tak sengaja dikonsumsi. Senyawa organik di daun salam sangat efektif untuk meredakan sakit perut. Beberapa protein yang sulit dicerna, tetapi daun salam punya enzim unik untuk membantu melancarkan pencernaan.

  1. Meningkatkan kesehatan rambut

Kalian punya ketombe ? huh ganggu banget kan ? rasa gatal dikepala membuat kita gak nyaman nah Daun salam bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Untuk meningkatkan kesehatan rambut dan menghilangkan ketombe, daun salam dikukus dalam air dan kemudian digosokkan pada kulit kepala setelah keramas.

  1. Membantu mengobati kondisi pernapasan

Ketika minyak esensial daun salam diekstrak, dapat dicampur ke dalam salep dan dioleskan ke dada untuk membantu meringankan masalah pernapasan. Cukup oleskan di dada dan biarkan dalam semalam. Menghirup uap dengan rebusan air dan daun ini punya efek yang mirip aromaterapi dan dapat mengencerkan dahak. Sifat antibakterinya juga dapat menghilangkan bakteri berbahaya yang mungkin terperangkap di saluran pernapasan.

  1. Membantu mencegah kanker

Kombinasi unik antioksidan dan senyawa organik padadaun salam seperti fitonutrien, katekin, linalool, dan parthenolide, membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan sel-sel sehat bermutasi menjadi sel-sel kanker.

Yups, itu tadi beberapa manfaat lain dari daun salam, selain manfaatnya yang menambah cita rasa ternyata ada manfaat lain yang tersembunyi. Selamat mencoba !

Sumber : Nakita.id

Editor : Onixnews


Author: ONIX Radio

enter image description here