IPAM Damai Balikpapan Berhenti Mengakibatkan Air PDAM Hari Ini Tidak Mengalir

IPAM Damai Balikpapan Berhenti Mengakibatkan Air PDAM Hari Ini Tidak Mengalir

ONIXNEWS – Berhentinya produksi dari IPAM Damai Kota Balikpapan pada hari ini,jumat 24 Juli 2020 menyebabkan sebagian Balikpapan tidak akan mendapat layanan air dari PDAM.

Perubahan alam yang mempengaruhi adanya pergerakan tanah karena hujan yang sering terjadi ini juga berakibat pada jalur pipa transmisi atau pipa air baku PDAM, jalur pipa air baku yang menghubungkan dari Waduk Manggar ke dua IPAM yaitu IPAM km 8 Batu Ampar dan IPAM Kampung Damai mengalami kebocoran.

Setelah jalur pipa air baku IPAM Km.8 Batu Ampar bermasalah, kini giliran pipa transmisi ke IPAM Damai. Meskipun distribusi air dari IPAM Batu Ampar ke wilayah pelanggan atas Balikpapan Barat dan sebagian daerah tinggi dan jauh lainnya tekanan air masih naik turun.

Suryo Hadi selaku Kepala Sub. Bagian Customer Service menyampaikan bahwa pelayanan distribusi air dari IPAM Km 8 saat ini belum merata untuk mengalir ke pelanggan. Dengan adanya permasalahan ini,tim PDAM pun masih mengevaluasi pipa transmisi air baku sepanjang 7km yang mengaliri air baku ke IPAM Km 8.

“kami berharap pelanggan yang belum maksimal distribusinya untuk dapat bersabar sambal kami mencari titik masalah terhadap tekanan yang masih kecil, memang menjadi dilemma di satu sisis PDAM melakukan pencarian masalah di isis lain IPAM Km 8 Batu Ampar harus tetap produksi air bersih” ujar suryo, kamis (23/07/20).

Jalur pipa air baku IPAM Kampung Baru yang mengalami kebocoran teridentifikasi pipa transmisi air baku jenis steel dengan diameter 600mm. Tim tanggap darurat PDAM berencana menjadwalkan perbaikan pada Jumat (24/07/20) mulai jam 20.00 wita sampai selesai.

“target penkerjaan 1x24 jam, lebih cepat lebih baik. Lokasi kebocoran ada di hutan transad Balikpapan. Tim saat ini sudah mempersiapkan galian tanah dan termasuk bahan, peralatan operasional perbaikan nantinya” jelas suryo.

Suryo menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan ini, terutama kepada pelanggan yang daerahnya lebih dahulu mengalami tekanan distribusi kecil bahkan tidak mengalir lebih dulu dari jalur IPAM Damai. Apabila perbaikan telah selesai proses normalisasi membutuhkan waktu dan jarak, tergantung jauh dekatnya, tinggi rendahnya rumah pelanggan.

Sumber : TribunKaltim.co

Editor : Onixradio


Author: ONIX Radio

enter image description here