CV Dharma Putra Nusantara (DPN) Klarifikasi Berita Terkait Tambangnya Ilegal dan Membuat Sungai Merdeka Tercemar

CV Dharma Putra Nusantara (DPN) Klarifikasi Berita Terkait Tambangnya Ilegal dan Membuat Sungai Merdeka Tercemar

ONIXNEWS - CV Dharma Putra Nusantara (DPN) Pelaksana Tugas (Pengelola) perusahaan tambang batu bara mengklarifikasi berita terkait maraknya tambang ilegal di kawasan Sungai Merdeka, Kutai Kartanegara yang berdampak terhadap kondisi air di Sungai Merdeka. Diberitakan, dulu airnya bening, namun sekarang menjadi keruh.

Dalam Hal ini CV DPN membantah hal tersebut dengan mengungkapkan bahwa tambangny resmi, dan mempunyai izin yang berlaku hingga 2027, Jadi tidak benar jika tambangnya disebut illegal.

Dalam hal ini CV DPN sangat menjaga agar kegiatan tambang DPN tidak menganggu atau mencemari sungai. Dan mereka juga membuat kanal-kanal dan lubang untuk menampung air bekas tambang.

Air tambang yang masuk kanal-kanal kemudian diberi kaporit, sehingga menjadi jernih. Selanjut air dialirkan tidak langsung ke Sungai Merdeka sebagai sumber air PDAM, melainkan ke arah lain.

Mujiono selaku pengelolah CV DPN menyatakan telah berkoordinasi dengan pihak PDAM untuk menjaga Sungai Merdeka. Operasi tambang CV DPN sudah berlangsung sejak 2017, namun dia sendiri baru mulai mengelola beberapa bulan ini.

Menurutnya, saat ini kegiatan tambang tidak banyak, karena sudah dieksploitasi sejak lama. Yang dilakukan lebih pada reklamasi, meski ada kegiatan tambang sedikit.

Diberitakan sebelumnya, maraknya kegiatan tambang di kawasan Sungai Merdeka, Kutai Kartanegara berdampak terhadap kondisi air di Sungai Merdeka. Dulu airnya bening namun sekarang sudah menjadi keruh.

Sumber foto : tribun kaltim

Editor : Onixradio


Author: ONIX Radio

enter image description here