Pencarian Juru Mudi Tugboat Danny 20 yang di Kabarkan Tenggelam di Sungai Mahakam

Pencarian Juru Mudi Tugboat Danny 20 yang di Kabarkan Tenggelam di Sungai Mahakam

Onixnews – kamis (2/12/2019) pencarian korban tennggelam di sungai Mahakam di kakukan oleh Tim SAR gabungan yang dikomandoi Unit Siaga SAR Samarinda (Basarnas), Kalimantan Timur.

Untuk Pencarian awal dilakukan dengan menggeser tugboat Danny 20 dan tongkang Danny 21, berharap korban tersangkut di bawah tugboat maupun tongkang. Akan tetapi upaya yang dilakukan ini tidak membuahkan hasil, ketika tugboat dan tongkang telah digeser. Tetapi korban tidak kunjung ditemukan.

Korban yang di duga adalah Juru mudi tugboat Danny 20. Ia kabarkan tenggelam di Sungai Mahakam pada Kamis (5/12/2019) siang lalu. Sedangkan penyelaman juga tidak memungkinkan untuk dilakukan, mengingat kedalaman, arus yang deras, serta jarak pandang, dan lalu lintas hilir mudiknya kapal di Sungai Mahakam yang cukup padat.

Pencarian juga akan dimaksimalkan pada Jumat hari ini (6/12/2019) dimulai pukul 07.00 Wita tadi pagi sampai 17.30 Wita, dan dilanjutkan keesokan harinya jika korban tidak kunjung ditemukan. Dan Sesuai dengan standart operasi pencarian, waktu pencarian akan dilakukan selama tujuh hari kedepan. Ketika korban tidak kunjung ditemukan dalam jangka waktu tujuh hari, pencarian pun akan dihentikan.

Korban atas nama Rudiansyah berusia 19 tahun warga Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, dikabarkan tidak lagi terlihat disekitar tugboat Danny 20 maupun tongkang Danny 21 sejak pukul 11.30 Wita pada kamis lalu. Dari informasi yang didapat bahwa korban dikabarkan terjun ke Sungai Mahakam guna melepas tali yang melilit di baling-baling tugboat sebelah kiri. Awalnya, ketika kapten kapal mengetahui baling-baling terlilit tali, kapten kapal lantas melarang ABK (Anak Buah Kapal) lainnya untuk turun.

Dan pada akhrnya Kapten dan Kepala Kamar Mesin turun ke Sungai dengan menggunakan sejumlah alat kelengkapan keamanan guna melepas jeratan tali yang terlilit di baling-baling. Namun, korban yang saat itu menggunakan pakaian hitam ikut juga turun untuk membantu. Selang beberapa saat di Sungai, korban tidak lagi terlihat. Dan Kepanikan pun sempat terjadi, bahkan beberapa ABK lainna sempat berteriak menanyakan keberadaan si korban. Walaupun korbam diketauhi dapat berenang namun kemungkinan diduga korban terseret derasnya arus yang ada di sungai Mahakam, Kalimantan timur.

Sumber Foto: Niaga.asia

Editor : Onixradio


Author: ONIX Radio

enter image description here