Pantai Seraya Jadi Destinasi Wisata Baru di Kota Balikpapan, Ini Fasilitas yang Disediakan

Pantai Seraya Jadi Destinasi Wisata Baru di Kota Balikpapan, Ini Fasilitas yang Disediakan

Kehadiran Pantai Seraya di Kecamatan Balikpapan Selatan kian menambah jumlah destinasi wisata pantai di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pantai seraya ini terletak di RT 28, Kelurahan Sepinggan Raya, Kecamatan Balikpapan Selatan.

Jalan masuk menuju pantai Seraya ini bisa diakses dari sejumlah titik.

Mulai dari arah SMK Negeri 1 Balikpapan, Puskemas Sepinggan, dan sejumlah akses lainnya, khususnya di Kelurahan Sepinggan Raya.

Namun akses yang paling mudah menuju Pantai Seraya ini melalui jalan di samping markas TNI Angkatan Udara atau Lanud Dhomber Balikpapan.

Letak pantai Seraya ini juga berdekatan langsung dengan Pantai Auri dan Landasan pesawat di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

Pantai Seraya ini mulai dibuka untuk umum pada Minggu (28/7/2019).

Lantaran baru pertama dibuka, masyarakat yang berkunjung di Pantai Seraya ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Sedangkan fasilitas yang ada di kawasan wisata Pantai Seraya ini tersedia puluhan perahu kayu yang dapat disewa oleh pengunjung.

Selain itu, di kawasan pantai seraya ini juga tersedia sejumlah kuliner.

Di antaranya sop singkong, bakso, ayam lalapan, ikan bakar, warung kopi, dan sejumlah kuliner lainnya.

Menariknya, di Pantai Seraya ini masyarakat dapat langsung memeroleh ikan segar yang masih hidup, sehingga mutu kesegarannya sangat terjamin.

Karena di kawasan pantai seraya tersebut juga merupakan salah satu akses para nelayan untuk mendistribusikan ikan hasil tangkapan mereka.

"Menariknya disini, masyarakat bisa langsung memesan ikan segar yang masih hidup dan baru ditangkap dari laut oleh nelayan," kata Samsul, salah satu warga yang sering memesan ikan segar kepada nelayan di Pantai Seraya.

Ikan segar yang tersebut merupakan hasil tangkapan para nelayan dengan cara dipancing dan dijaring, sehingga kondisi ikan masih hidup.

Iya ikannya itu masih hidup, karena kan baru ditangkap dari laut. Mereka menangkap pakai jaring, ada juga yang mancing," lanjutnya.

Menurut sejumlah warga sekitar, ikan segar yang diambil langsung dari Pantai Seraya tersebut harganya jauh lebih murah daripada ikan segar yang dijual di pasaran.

"Ikan segarnya lebih murah disini, sebut saja ikan bawal dan ikan trakulu. Kalau di pasar itu di jual kisaran Rp 60 - Rp 70 ribu per kilo. Nah kalau di sini cuma Rp 40 ribu bisa dapat,". kata Handoko.

Rencananya Pantai Seraya tersebut nantinya akan menjadi pembahasan pemerintah Kota Balikpapan.

Pembahasan tersebut nantinya meliputi pengelolaan dan tarif masuk.

"Ya, nanti kita akan bahas lagi soal ini. Kita bahas dengan dinas-dinas terkait khususnya Disporapar Balikpapan, dan pihak terkait lainnya," ujar Walikota Balikpapan Rizal Effendi.

Sumber : Tribun kaltim


Author: ONIX Radio

enter image description here