Pemerintah Kota Kehilangan PAD Karena Tempat Wisata Di Tutup Sementara

ONIXNEWS – Liburan di awal tahun yang sangat di impikan banyak orang, kini harus di urungkan karena situasi pandemi yang belum juga hilang di Balikpapan. Untuk meminimalisir penyebaran virus, Rizal Effendi selaku walikota Balikpapan mengambil tindakan menutup sementara sejumlah tepat wisata saat hari raya natal dan tahun baru 2021.

Ada beberapa tempat yang ditutup selama libur tahun baru yaitu pantai manggar segarasari, pantai lamaru, pantai kemala, pantai monpera, pantai kilang mandiri, penangkaran buaya teritip, kebun raya Balikpapan, Kawasan wisata lingkungan hidup dan mangrove center graha indah.

Selain tempat wisata diatas, ada pula beberapa tempat hiburan yang ditutup sementara.

Hal ini dilakukan agar tidak ada kerumunan masa di saat libur tahun baru, tak khayal dengan adanya kondisi ini membuat pemerintah kota kehilangan pendapatan.

Terutama pantai manggar yang merupakan salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah terbesar di sektor pariwisata.

“kita mulai diliburkan sejak tanggal 24 Desember 2020 hingga 3 januari 2021. Karena diliburkan ini, kita tidak ada pemasukan dalam bentuk PAD,” ujar Kepala UPTD Pantai Manggar segarasari, Rusliansyah, jumat (1/1/2021).

Pemerintah kota ssetidaknya kehilangan sekitar 500 hingga 600 juta pemasukan daerah.

Kawasan wisata dibuka kembali pada 4 januari 2021, dengan protokol kesehatan yang tetap dilaksanakan dengan ketat.

Sumber : Tribunkaltim.co Editor : Onixradio

Ragam Manfaat Luar Biasa Semangka Untuk Kesehatan Anak

Ragam Manfaat Luar Biasa Semangka Untuk Kesehatan Anak

ONIXNEWS – Siapa yang tidak tau buah semangka, buah yang banyak digemari hampir semua kalangan ini ternyata memiliki kandungan 92% air dan kaya akan nutrisi.

Selain dimakan langsung, semangka juga biasa diolah menjadi jus dan minuman segar lainnya. Semangka memiliki kandungan likopen, vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C dan asam amino.

Semangka memiliki banyak manfaat, termasuk untuk anak anak. Apa saja sih ? berikut manfaatnya.

  • Semangka dipercaya dapat menurunkan panas
  • Semangka dapat membantu mencegah asma
  • Menjaga tekanan darah
  • Menjaga pencernaan tetap sehat
  • Mampu menghidrasi tubuh
  • Mengurangi nyeri otot
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Semangka juga memiliki sifat anti - inflamasi. Likopen yang ada dalam semangka merupakan penghambat berbagai proses inflamasi, yang bekerja sebagai antioksidan dan menetralkan radikal bebas dalam tubuh.

Walaupun semangka baik untuk kesehatan anak, sebaiknya jangan terlalu di konsumsi berlebihan.

Karena jika berlebihan maka akan menimbulkan rasa mual, muntah, perut kembung, diare dan gangguan pencernaan.

Sumber : Nakita.grid.id Editor : Onixradio

Bepeluang Pemungutan Suara Ulang, Respon KPU Tenang

Bepeluang Pemungutan Suara Ulang, Respon KPU Tenang

ONIXNEWS – Setelah adanya gugatan mengenai pemungutan suara pilkada Kota Balikpapan kemarin, dan apabila gugatan tersebut dikabulkan maka akan berpeluang untuk dilakukannya pemungutan suara ulang.

Hasil rekapitulasi pilkada yang dikeluarkan oleh KPU Kota Balikpapan digugat oleh Lembaga pemantau. Menurut mereka proses pilkada Balikpapan mengalami beberapa kecacatan prosedur dan pelaksanaannya dianggap tidak sah.

Perlakuan tidak adil terdapat di Klandasan Ulu, Klandasan Ilir dan telaga sari, hal ini dikarenakan tidak diberikannya Salinan Form C KWK PPS.

“tapi kan perlu diingat bahwa gugatan PHP (Perselisihan Hasil Pemilu), itu MK ada syarat formil dan materiilya” ujar ketua KPU Balikpapan Noor Thoha.

Adapun yang menjadi pedoman dikabulkannya permohonan gugatan, memiliki syarat selisih angka. Apabila perkara ini di tolak atau didismisal, maka lima hari setelah putusan dismisal itu KPU sudah dapat menetapkan calon terpilih. Lalu dilanjutkan dengan proses bersurat permohonan untuk dilantik kepada gubernur.

“untuk menentukan siapa penasihat hukumnya.kemudian berkoordinasi, kita mengkaji dalil dalilnya, kalua ada perbaikan, apa yang diperbaiki. Kemudian ke KPU RI, untuk konsolidasi inyternal dulu,” ucapnya.

Sumber : tribunkaltim.co Editor : onixradio

Hasil Pemilu Di Gugat KPU Menunggu Proses MK

Hasil Pemilu Di Gugat KPU Menunggu Proses MK

ONIXNEWS – Seperti yang diketahui bahwa KPU Kota Balikpapan mendapat gugatan dengan akta pengajuan permohonan (AP3) bernomor registrasi 63/PAN.MK/AP3/12/2020. Hasil Pilkada Balikpapan 2020 kemarin digugat ke Mahkamah Konstitusi oleh Lembaga pemantau yakni Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) yang menilai KPU Balikpapan bersikap adil.

Noor Thoha selaku ketua KPU Balikpapan menilai positif hal tersebut. Dikarenakan hal tersebut menjadi alat uji KPU, sudahkah bekerja sesuai dengan prosedur yang ada.

“kalau ada pihak yang menggugat hasil pilkada ke KPU, saya pikir ini jauh lebih elegan daripada marah marah atau demo. Karena ini legal” ujarnya,senin (21/12/2020).

Dalam gugatannya, Lembaga Pemantau tersebut, meminta pembatalan keputusan KPU Kota Nomor 263/PL.02.6-Kpt/6471/KPU-kot/XII/2020.

Mereka meminta untuk dilakukan pemungutan suara ulang di seluruh TPS yang ada di Kota Balikpapan.

“soal gugatan, kami tidak bisa mengurai tentang dalil dallil apa saja. Karena dalam masa gugatan ada perbaikan dalil permohonan.” Jelasnya.

KPU Balikpapan akan mengikuti semua proses maupun prosedur terkait Permohonan Perselisihan Hssil Pemilihan (PHP). Namun hingga saat ini masih dalam proses pemeriksaan, perbaikan permohonan dan akan ada siding pendahuluan.

“masih menunggu proses dari MK. Sekarang baru masuk proses pengajuan. Untuk siding yang mengatur MK dan MK diberi waktu hingga 45 hari” ungkapnya.

Karena KPU merupakan Lembaga terstruktur, maka KPU Kota Balikpapan akan mengikuti petunjuk KPU RI.

Sumber : Tribunkaltim.co Editor : Onixradio

Pekerja Migas Menyumbang Kasus Terbanyak Covid-19 Kali Ini

Pekerja Migas Menyumbang Kasus Terbanyak Covid-19 Kali Ini

ONIXNEWS – Menuju penghujung tahun 2020, kasus pasien covid-19 di Balikpapan meningkat. Terdapat 57 kasus baru yang diberitahukan melalui data yang dihimpun oleh Satuan Tugas (Satgas) covid-19 kota Balikpapan pada hari minggu (20/12/2020).

Klaster migas kali ini menyumbang angka terbanyak sebagai pasien yang terkonfirmasi positif covid-19. Ada 22 pasien yang diantaranya merupakan pekerja migas.

“ kasus klister migas sangat meningkat. Jumlah penambahan kasus tersebut dari beberapa perusahaan migas,” ujar Andi Sri Juliartry.

Adanya pergelaran resepsi pernikahan di Kawasan sepinggan, Balikpapan selatan yang tidak menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus corona. Hal ini menyebabkan bertambahnya pasien positif di Kawasan tersebut sebanyak 16 orang.

Dari angka penambahan kasus tersebut, Kepala Dinas Kota (DKK) Balikpapan mengungkapkan bahwa terdapat satu klaster keluarga. Mereka merupakan pelaku perjalanan keluarga dari Makassar dan satu pelaku perjalanan dari Jakarta.

Selain dari pada itu, ada 2 orang ibu hamil dan 2 orang tenaga kesehatan (nakes).

Sumber : Tribunkaltim.co Editor : Onixradio

SDN 011 Balikpapan Utara Siap Laksanakan Simulasi Pembelajaran Tatap Muka

SDN 011 Balikpapan Utara Siap Laksanakan Simulasi Pembelajaran Tatap Muka

ONIXNEWS – Menjelang pembelajaran tatap muka di awal tahun 2021 nanti, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan mulai melaksanakan simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) tingkat sekolah dasar.

Dalam melakukan simulasi PTM ini, Disdikbud Balikpapan menunjuk 7 sekolah di tiap kecamatan sebagai sekolah pelaksana simulasi PTM.

Di kecamatan Balikpapan Utara, SDN 011 Balikpapan Utara menjadi salah satu sekolah yang di tunjuk untuk mengikuti simulasi PTM. Berbagai persiapan telah dilakukan dari 6 daftar periksa yang telah di tetapkan sesuai SKB 4 Menteri.

Menurut Kepala SDN 011 Balikpapan Utara Sukirah,S.Pd.MM, sosialisasi dan koordinasi dengan orang tua murid sudah dilaksanakan pada hari sabtu lalu (12/12/2020).

Karena salah satu persyaratan PTM dari 6 daftar periksa adalah persetujujan orang tua.

“jika orang tua tidak mengizinkan maka siswa tetap akan melaksanakan pembelajaran secara daring. Dalam pelaksanaan PTM persetujuan orang tua menjadi kunci utama.” Ujar Sukirah.

Walaupun sekolah telah memenuhi 5 daftars periksa namun orang tua tidak mengizinkan, maka peserta didik tidak akan diikutkan dalam PTM.

Suyitna selaku guru dari SDN 011 Balikpapan Utara, meyakinkan kepada para orang tua untuk tidak perlu khawatir, karena yang daring maupun yang PTM memiliki perlakuan yang sama dalam mendapatkan hak, yakni sama sama mendapatkan pembelajaran.

“pada prinsipnya, sekolah sudah siap menggelar PTM dengan mengikuti protokol kesehatan secara ketat. Kami ingin anak anak belajar dengan nyaman dan sehat.” Tandasnya

Suyitna menghimbau kepada orang tua untuk mengantar jemput anaknya tepat waktu, serta membekali makanan dan minuman dari rumah. Jika anak terlihat tidak enak badan maka lebih baik untuk tidak masuk sekolah terlebih dahulu.

Sumber : Tribunkaltim.co Editor : Onixradio

Tidak Ada Izin Keramaian Jelang Akhir Tahun

Tidak Ada Izin Keramaian Jelang Akhir Tahun

ONIXNEWS – Malam Tahun Baru 2021 nanti akan terasa berbeda dari malam tahun baru sebelumnya. Karena Pandemi covid-19 yang sampai saat ini belum juga hilang, maka dari itu Polresta Balikpapan memastikan tidak akan mengeluarkan izin keramaian untuk perayaan tahun baru 2021 nanti.

Hal tersebut dilakukan agar tidak ada lagi muncul cluster baru dan penyebaran virus lebih luas. Menurut Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi, sampai saat ini belum ada pencabutan untuk izin keramaian dari kapolri dan juga kapolda.

Hal tersebut dilakukan untuk mendukung kebijakan dari Pemerintah Kota terkait larangan adanya perayaan pergantian tahun.

“Soal kebijakan dari pemkot maupun Pemprov Kaltim tentang mekanisme pelaksanaan tahun baru kita dukung sepenuhnya,” ujarnya, minggu (13/12/2020).

Kombes Pol Turmudi mengungkapkan jika situasi pandemic Covid-19 belum berakhir. Namun yang mana secara nasional Balikpapan masih dalam zona orange.

“sehingga harus tetap memperhatikan, bagaimana cara mengatur supaya tahun baru ini tidak terjadi kerumunan” ungkapnya.

Sampai dengan saat ini, belum ada surat izin keramaian yang diajukan ke Polresta Balikpapan. Namun jika ada yang nekat tetap melakukan perayaan hingga menyebabkan kerumunan, maka pihaknya tak segan melakukan penertiban.

“nanti kita akan bekerjasama dengan Satgas Covid-19 Balikpapan. Kita akan lakukan penertiban kalua terjadi pelanggaran protocol kesehatan,” ucapnya.

Untuk langkah langkah yang diambil, pihaknya akan mengedepankan tindakan preventif dan preemtif.

“ tetap kita kedepankan. Tapi kalau memang terjadi kerumunan dan protokol kesehatan diabaikan pasti akan kita hentikan dan bubarkan” pungkasnya.

Sumber : Tribunkaltim.co Editor : Onixradio

Ini Keterangan Tentang Efektivitas Vaksin Sinovac Untuk Tangkal Covid-19

Ini Keterangan Tentang Efektivitas Vaksin Sinovac Untuk Tangkal Covid-19

ONIXNEWS – Vaksin Corona Sinovac yang saja tiba di Indonesia, vaksin yang merupakan buatan perusahaan farmasi asal china ini menjadi harapan untuk Indonesia. Vaksin Sinovac yang tiba pada hari Minggu (6/12/2020) pukul 21.30 WIB. Vaksin yang tiba di Indonesia sebanyak 1,2 juta dosis vaksin siap suntik. Namun sebelum di gunakan, vaksin ini harus lebih dulu diuji BPOM dan MUI.

Presiden Jokowi menyampaikan kabar baik melalui laman Youtube Sekretariat Presiden.

"Saya ingin menyampaikan suatu kabar baik, bahwa hari ini pemerintah sudah menerima 1,2 juta dosis vaksin Covid-19. Vaksin ini buatan Sinovac yang kita uji secara klinis di Bandung sejak Agustus 2020," kata Presiden Joko Widodo.

bagaimana efektivitas Sinovac untuk menangkal virus corona?

Mengutip Kompas.com, Sinovac Biotech Ltd memberikan pernyataan terbaru mengenai efektivitas vaksin ini menangkal Covid-19. Pernyataan ini disampaikan menanggapi PT Bio Farma yang menyebut efektivitas vaksin Sinovac mencapai 97 persen dalam uji klinis awal.

Juru Bicara Sinovac Biotech Ltd menyebutkan hingga saat ini belum diketahui kemanjuran vaksin buatan China ini. Menurut Sinovac, angka 97 persen mengacu pada tingkat serokonversi yang terpisah dari kemanjuran vaksin.

Perusahaan yang berbasis di Beijing ini masih menganalisa data dari uji coba Fase III yang lebih besar di Brasil.

Mereka mengharapkan bisa mendapat indikasi seberapa besar tingkat efektivitas suntikan tersebut berdasarkan data dari sekitar 60 kasus Covid-19. Beda dari pengembang vaksin lain, belum ada perusahaan vaksin asal China merilis data secara publik tentang kemanjuran suntikan mereka dalam uji coba fase tiga.

Vaksin Sinovac sendiri mengandalkan virus corona tidak aktif untuk mendapatkan sistem kekebalan.

Sumber : Nakita.grid.id Editor : Onixradio

Ternyata Makanan Pendamping Sarapan Ini Tidak Baik Jika Konsumsi Di Pagi hari

Ternyata Makanan Pendamping Sarapan Ini Tidak Baik Jika Konsumsi Di Pagi hari

ONIXNEWS – Sarapan di pagi hari merupakan rutinitas yang biasa dilakukan sebagian orang. Sarapan di pagi hari menetukan seberapa banyak energi yang didapat untuk memulai aktivitas. Menu sarapan sendiri tidak harus banyak seperti menu makan siang, namun harus mengandung gizi seimbang. Contohnya makanan yang mengandung protein, lemak, serat, hingga karbohidrat yang bisa membuat perut ‘aman’.

Namun tidak jarang untuk sebagian untuk sarapannya mereka mengkonsumsi makanan instan agar tidak merepotkan dan membuang buang waktu. Ternyata ada beberapa makanan yang tidak baik dikonsumsi di pagi hari, apa saja ?

  1. Margarin

Roti yang menjadi pilihan untuk sarapan, lengkap dengan berbagai selai dan isian di dalamnya. Dan sudah menjadi pengetahuan umum, untuk melengkapi isian roti kita akan menggunakan margarin. Margarin cukup berbahaya jika dikonsumsi saat sarapan karena mengandung lemak jenuh dan juga gula. Bila menambahkan margarin ke dalam roti, kandungan tepung dalam roti dan juga lemak serta gula akan bercampur sehingga dapat meningkatkan gula darah dan meningkatkan berbagai risiko penyakit.

  1. Sereal

Banyak orang memilih sereal menjadi salah satu menu sarapan andalan di pagi hari. Hal ini karena kini marak bermunculan sereal dengan klaim menyehatkan, seperti berisi gandum utuh, mengandung zat besi, berbagai vitamin, dan lain sebagainya. Kenyataannya sereal hanya mengandung sedikit biji-bijian bernutrisi. Bahkan nutrisinya juga sudah luntur karena adanya proses fortifikasi. Pembuatan sereal juga melalui proses penyulingan, sehingga beberapa kandungan yang disuling akan pecah dan kandungannya menjadi tidak utuh. Oleh karena itu kita perlu memilih sereal yang benar-benar aman dan tak mengandung tinggi gula.

  1. Jus buah

Ada beberapa dari kita yang memilih konsumsi jus buah di pagi hari, atau sekedar jadi teman saraoan. Padahal jus buah juga memiliki risiko jika dikonsumsi di pagi hari. Jus buah memiliki kandungan fruktosa tinggi, dan kadar gula yang tinggi sehingga meningkatkan risiko obesitas, sindrom metabolik, dan diabetes tipe 2. Jus buah dalam bentuk kemasan memiliki kandungan 100% gula yang memungkinkan menimbun berbagai penyakit di tubuh, dan memperlambat penyerapan serat. Baiknya, konsumsi jus buah bikinan sendiri tanpa menggunakan gula dan tambahan bahan-bahan lain.

Sumber : Nakita.grid.id

Editor : Onixradio

e-Walk Pentacity BSB Dan Gojek Jalin Kerja Sama Untuk Tingkatkan Roda Ekonomi

e-Walk Pentacity BSB Dan Gojek Jalin Kerja Sama Untuk Tingkatkan Roda Ekonomi

ONIXNEWS – Pandemi Covid-19 yang selama ini menjadi kendala besar di sektor ekonomi terutama bagi para pelaku usaha. Karena tingkat penyebaran virus yang pesat mendorong pemerintah menjalankan kebijakan physical distancing.

Otomatis dengan adanya peraturan tersebut, masyarakat sendiri dihimbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

Hal tersebut tentunya berdampak untuk berbagai jenis pelaku usaha, sepinya pelanggan yang berkunjung terutama pusat perbelanjaan yang paling besar dampaknya.

Berbagai macam upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kembali roda perekonomian, seperti yang dilakukan e-Walk Pentacity Balikpapan Superblock (BSB). Yudhi Saharuddin selaku General Manager e-Walk Pentacity BSB, mengatakan melalui penandatanganan nota kesepahaman tersebut, kedua belah pihak dapat bersinergi dengan menyediakan fasilitas yang mempermudah mitra dan pelanggan Gojek dalam bertransaksi, khususnya di e-Walk Pentacity.

“Beberapa fasilitas tentunya akan bermanfaat bagi mitra Gojek di area BSB antaranya titik antar jemput layanan Go-Car dan Go-Ride, zona parkir khusus untuk mitra Gojek untuk pengantarana go-send dan go-food, titik pick up dan drop off poiny di area main entrance, serta gratis parkir untuk mitra gojek yang mengantarkan pesanan go-send dan go-food dari e-Walk Pentacity BSB,” ujarnya.

Hal ini tentunya akan lebih banyak menghemat waktu, jadi mitra, konsumen gojek dan pengunjung mendapatkan keuntungan yang sama.

Begitu pula dengan fasilitas pengantaran yang akan mempermudah para mitra dan merchant karena tersedianya zona parkir khusus serta biaya parkir gratis.

Yudhi berharap dengan adanya beberapa fasilitas yang disediakan akan meningkatkan transaksi di e-Walk Pentacity.

District Operation Manager Gojek Kaltim, Ronald Simanjorang mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan salah satu bentuk konsistensi Gojek dalam mendukung upaya pemerintah dalam menerapkan protocol kesehatan.

“Dengan semangat JK3, yakni jaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan. Masyarakat dapat mengurangi kontak fisik untuk transaksi pembayaran dengan go-pay untuk transaksi pembayaran,” ujar Ronald.

Hal ini merupakan kolaborasi melalui pemanfaatan teknologi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta penyediaan berbagai fasilitas yang telah mengikuti anjuran Kementrian Kesehatan.

Sumber : Tribunkaltim.co Editor : Onixradio