Varian Delta Virus Penularan Lebih Cepat, Gejala Nyaris Sama

Varian Delta Virus Penularan Lebih Cepat, Gejala Nyaris Sama

ONIX NEWS – Virus Covid19 yang semakin meluas hingga saat ini masih belum menemukan titik terang kapan berakhirnya. Bahkan virusnya kini ada varian baru yaitu Delta.

Di Balikpapan sendiri baru beberapa orang yang terpapar virus varian Delta ini.

Andi Sri Juliarty selaku juru bicara Satgas Covid-19 Kota Balikpapan, mengungkapkan bahwa pasien yang terpapar varian Delta ini memiliki gejala yang nyaris sama dengan pasien lainnya.

Demam, batuk, pilek atau flu adalah gejala yang diketahui selama ini menyerang para pasien covid19. Namun gejala yang ditimbulkan lebih menonjol ke nyeri tulang dan sakit kepala.

“Rata rata juga cepat drop, pada hari keempat sudah sesak dan membutuhkan waktu penyembuhan lebih lama,” ujar Dr. Dio sapaan akrabnya.

Seperti yang diketahui, terdapat 3 kasus pasien yang terpapar Delta virus, namun dua di antaranya sudah dinyatakan sembuh sedangkan sisanya masih dalam perawatan.

Delta virus memiliki sifat masa penularan yang lebih cepat terhadap seseorang yang terpapar.

Sumber : Tribun Kaltim

Editor : Onix Radio

PPKM Darurat Menjadi Level 4, Pemerintah Beri Sedikit Kelonggaran

PPKM Darurat Menjadi Level 4, Pemerintah Beri Sedikit Kelonggaran

ONIX NEWS – Berlangsungnya PPKM darurat di Balikpapan hingga 20 Juli kemarin banyak sekali menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat terutama para pelaku usaha. Berlakunya PPKM Darurat kemarin terjadi karena meningkatnya para pasien covid19.

Namun, saat ini Pemerintah Kota Balikpapan mengeluarkan surat edaran terbaru mengenai PPKM yang turun ke level empat. Surat edaran tersebut telah terbit pukul 21.00 WITA (selasa,20/07/2021).

Walikota Balikpapan Rahmad Masud mengungkapkan bahwa ada sejumlah kelonggaran yang diberikan, terutama kepada para pelaku usaha atau UMKM.

Selain itu, pembatasan atau penyekatan yang selama ini dilakukan akan dipersingkat menjadi 2 jam saja, efektif pukul 20.00 – 22.00 WITA.

Rahmad masud mengungkapkan bahwa kelonggaran yang diberikan tidak banyak dikarenakan Balikpapan telah dimasuki virus varian delta. Beliau juga menjelaskan bahwa surat edaran tersebut mengacu pada instruksi Menteri dalam negeri.

Sumber : TribunKaltim

Editor : Onix Radio

Untuk Pemulihan Ekonomi Bank Indonesia Balikpapan Gelar Festival Gerbang Halal

Untuk Pemulihan Ekonomi Bank Indonesia Balikpapan Gelar Festival Gerbang Halal

ONIX NEWS – Walikota Balikpapan, Rahmad Mas’ud membuka acara Festival Gerbang Halal yang juga rangkaian Road To FESyar Balikpapan secara virtual pada 17 Juli 2021. Acara ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Sri Darmadi Sudibyo, Ketua Badan Wakaf Indonesia Balikpapan, Sobari, Ketua Dekranasda Kota Balikpapan, perwakilan Bupati PPU dan Bupati Paser, para pimpinan Kantor Perwakilan Bank Indonesia se Kawasan Timur Indonesia, pimpinan perbankan, serta para tokoh agama dan pimpinan pondok pesantren di Balikpapan, Paser dan PPU. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menyampaikan bahwa Festival Gerbang Halal merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Road To FESyar yang telah dilaksanakan sejak 16 April lalu. Festival Gerbang Halal ini mengusung tema “Bersinergi Memperkuat Halal Value Chain untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Daerah” dengan tujuan untuk mengembangkan ekonomi syariah di daerah. Sementara itu, Walikota Balikpapan menyampaikan bahwa Pemerintah Kota bersama Bank Indonesia berkolaborasi untuk mempercepat pemulihan ekonomi khususnya di masa pandemi. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan bersama Walikota Balikpapan dan Badan Wakaf Indonesia me-launching Gerakan "Wadah Beriman" yaitu Gerakan Berwakaf dan Bersedekah untuk Balikpapan Bersih Indah Aman dan Nyaman, menggunakan QRIS. Selain itu, Bank Indonesia juga mempromosikan salah satu destinasi halal di Balikpapan yaitu Mangrove Center sebagai destinasi wisata ramah muslim dengan mengintegrasikan konsep wisata alam dan fasilitas ibadah yang lengkap serta kuliner halal. Lebih lanjut, sebagai upaya nyata untuk meningkatkan kemandirian pesantren, Bank Indonesia menyerahkan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada Ponpes Trubus Iman di Kab Paser berupa bantuan pemberdayaan usaha air minum serta Ponpes Al – Muttaqien Balikpapan berupa bantuan usaha pengeboran. Selain itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan juga memfasilitasi business matching antara ponpes binaan dan mitra binaan, pembiayaan syariah kepada UMKM oleh Bank Syariah Indonesia dan Pegadaian Syariah, serta Koperasi Pegawai Bank Indonesia dengan Koperasi Syariah Borneo Madani. Business matching yg berhasil difasilitasi mencapai angka Rp5,03 miliar.

Dalam kesempatan ini juga diserahkan sertifikat halal kepada 12 UMKM yang difasilitasi perolehannya oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, berkolaborasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kalimantan Timur dan Lembaga Penjamin Halal (LPH) – LPPOM MUI Kalimantan Timur. Ke depan, Bank Indonesia senantiasa terus berkolaborasi dengan stakeholder untuk melaksanakan edukasi dan sosialisasi sebagai bagian dari strategi utama dalam upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Sumber : Bank Indonesia

Editor : Onix Radio

Stok Plasma Konvalesen Kosong, Penyintas Diharap Bisa Mendonorkan Darahnya

Stok Plasma Konvalesen Kosong, Penyintas Diharap Bisa Mendonorkan Darahnya

ONIX NEWS – Melonjaknya kebutuhan darah plasma konvalesen menyebabkan PMI Balikpapan tak memiliki banyak stok darah. Dyah Muryani selaku ketua PMI Balikpapan mengatakan bahwa darah yang baru saja terkumpul bisa langsung habis dalam satu waktu.

Sulitnya mendapatkan stok golongan darah tertentu kini menjadi perhatian khusus bagi PMI Balikpapan. Selain darah segar PMI juga kesulitan mendapatkan stok darah konvalesen. Bahkan hingga saat ini stok darah konvalesen tidak tersedia.

Minim nya pendonor plasma konvalesen ini dikarenakan para penyintas masih banyak yang takut atau bahkan enggan bertemu dengan banyak orang.

PMI menghimbau untuk para oenyintas untuk mendonorkan darahnya, karena hal tersebut sangat membantu para pasien yang sedang perawatan di rumah sakit.

Sumber : Tribun Kaltim

Editor : Onix Radio

Tersangka Kasus Faktur Pajak Fiktif Merugikan Negara Sebanyak 11,63 Milliar Rupiah

Tersangka Kasus Faktur Pajak Fiktif Merugikan Negara Sebanyak 11,63 Milliar Rupiah

ONIX NEWS – Tersangka dan barang bukti kasus penggunaan Faktur Pajak Pajak Tidak Berdasarkan Transaksi Sebenarnya dilimnpahkan ke Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur oleh Kanwil DJP Kaltimtara.

Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Kanwil DJP Kaltimtara melakukan pelimpahan tahap II (P-22) sebagai tindak lanjut tindak pidana di bidang perpajakan yang diduga telah dilakukan oleh MN, Direktur PT EMI dan PT NRJM, serta HS, karyawan lepas PT EMI dan PT NRJM.

Kedua perusahaan tersebut tercatat sebagai wajib pajak dan sejak januari 2013 hingga September 2015, MN dan HS telah merugikan pendapatan negara sebanyak 11,63 milliar rupiah.

MN diduga telah melakukan penggelapan pajak dengan cara menggunakan Faktur Pajak fiktif dalam SPT Masa Pajak Pertambahan Nilai (PPN). MN melakukan transaksi jual beli bahan bakar jenis solar melalui PT EMI dan PT NRJM tanpa dokumen yang sah, seperti surat jalan, invoice, dan faktur pajak.

Atas pelanggaran tersebut, MN dikenai sanksi pidana penjara paling singkat dua tahun dan paling lama enam tahun, serta denda paling sedikit dua kali jumlah pajak dalam Faktur Pajak dan paling banyak enam kali jumlah pajak dalam Faktur Pajak.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh selama pemeriksaan, HS diketahui menjadi karyawan lepas PT EMI dan PT NRJM sejak tahun 2013 sampai dengan tahun 2015. HS berperan membantu MN mendapatkan dan menggunakan Faktur Pajak fiktif untuk mengurangi jumlah pajak yang seharusnya disetor kepada negara.

Selain membantu MN menggunakan Faktur Pajak fiktif, HS juga diketahui sebagai Wakil Direktur CV BIS yang terdaftar di KPP Pratama Samarinda Ilir. HS diduga dengan sengaja turut serta menyampaikan SPT Masa PPN yang isinya tidak benar dan menggunakan Faktur Pajak yang tidak berdasarkan transaksi sebenarnya dari PT PVR, PT MT, PT ABK, PT HWS, PT GPP, PT RMC, PT PEL, PT PN, dan PT MPI. Perbuatan tersebut dilakukan bersama dengan MIF, Direktur CV BIS yang telah menerima putusan inkrah dari Pengadilan Negeri Samarinda pada Juli tahun 2020.

Perbuatan yang telah dilakukan oleh tersangka MN dan HS jelas-jelas menyimpang dari aturan perpajakan. Tindakan penegakan hukum perpajakan wajib dilakukan sebagai upaya terakhir (ultimum remedium) demi keadilan, menjaga kesehatan penerimaan negara melalui kontribusi pajak dalam APBN, dan memelihara marwah negara.

sumber : Kanwil DJP Kaltimtara

Editor : Onix Radio

Pertamina Beri Bantuan Kepada Warga Yang Sedang Isolasi Mandiri

Pertamina Beri Bantuan Kepada Warga Yang Sedang Isolasi Mandiri

ONIX NEWS – Melonjaknya angka pasien covid19 menimbulkan melonjak pula angka pasien yang melakukan isolasi mandiri. Karena hal tersebut, Pertamina RU Balikpapan memberikan bantuan paket sembako kepada masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri.

Kegiatan ini dilaksanakan di kelurahan Baru Tengah, dimana sasaran penerima bantuan nya adalah masyarakat kurang mampu yang sedang melakukan isolasi mandiri. Penyebaran covid19 yang semakin meluas, mengakibatkan banyaknya warga kota Balikpapan terpapar lebih banyak.

Ely Chandra Peranginangin selaku Area Manager Communication, Ralation & CSR Pertamina RU Balikpapan mengungkapkan bahwa pemberian bantuan merupakan kewajiban sebagai warga negara serta bentuk kepedulian Pertamina terhadap sesama.

Jumlah paket yang diberikan sebanyak 25 paket yang masing masing terdiri dari beras, minyak goreng, tepung, mentega dan gula. Bantuan yang diberikan tidaklah banyak, namun diharapkan dapat meringankan beban warga yang terdampak.

“bantuan kecil sekalipun akan memberikan manfaat bagi mereka yang memerlukan” ujar Chandra.

Eddy Moelyono selaku Lurah Baru Tengah mengucapkan terima kasih atas bantuan yang di berikan Pertamina kepada warganya. Dan ia berharap bantuan ini dapat meringankan beban para warga yang sedang isolasi mandiri.

Sumber : Tribunkaltim

Editor : Onix Radio

Kapasitas Tidak Mencukupi Lagi, RSUD Beriman Balikpapan Tutup Tiga Hari

Kapasitas Tidak Mencukupi Lagi, RSUD Beriman Balikpapan Tutup Tiga Hari

ONIX NEWS – meningkatnnya angka pasien yang terkena covid 19 menyebabkan Ruang pelayanan IGD RSUD Beriman Balikpapan ditutup sementara karena sudah tidak mampu menampung pasien lagi. Penutupan ini dilakukan selama tiga hari, mulai tanggal 7 hingga 9 juli 2021.

Direktur Utama RSUD Beriman Balikpapan dr.Cokorda Ratih Kusuma mengungkapkan bahwa kondisi IGD sudah melebihi kapasitas, sehingga pihaknya terpaksa memasang spanduk pemberitahuan untuk sama sekali tidak menerima pasien baru.

Kapasitas IGD RSUD Beriman Balikpapan yang awalnya hanya 8 tempat tidur akhirnya ditambah lagi menjadi 18 tempat tidur selama meningkatnya kasus pasien covid 19. Dan hingga saat ini ada 25 pasien yang berada disana. Sementara itu ruang isolasi yang menyediakan 41 tempat tidur juga sudah terisi full dan tidak memungkinkan untuk menambah pasien lagi.

Menindaklanjuti hal tersebut, pihak RSUD Beriman Balikpapan tengah mencari solusi terbaik untuk mengatasi hal ini. Salah satunya dengan melakukan penataan tempat tidur agar dapat menambah kapasitas yang diperlukan. Selain itu pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan rumah sakit lain untuk melakukan rujukan.

Sumber : Tribunkaltim Editor : Onix Radio

Beberapa Bantuan Sosial Yang akan Cair Bulan JULI 2021

Beberapa Bantuan Sosial Yang akan Cair Bulan JULI 2021

ONIX NEWS – Pemerintah kembali menyalurkan sejumlah bantuan sosial melalui kementrian dan berbagai Lembaga. Salah satunya yaitu Program Keluarga Harapan (PKH), hal ini berkaitan dengan pemberlakuan PPKM Darurat di Jawa dan Bali yang dimulai dari tanggal 3 – 20 juli 2021. Sealin itu ada beberapa bantuan yang diberikan antara lain bansos tunai 300ribu, bantuan sembako, hingga diskon tarif listrik. Bahkan penyaluran bantuan ini akan dipercepat dan kemungkinan akan diterima masyarakat pada minggu kedua di bulan juli 2021. BLT 300ribu diberikan kepada masyarakat yang terdampak pandemi covid-19, terdaftar sebanyak 10 juta Keluarga Penerima Manfaat akan menerima bantuan. Bantuan tunai ini diberikan setiap satu bulan sekali atau satu bulan dua kali alias dirapel. Selain itu ada program PKH yang merupakan program bantuan sosial bersyarat kepada kelurga miskin yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. PKH disalurkan tiga bulan sekali dalam 4 tahap yaitu januari, April, juli, Oktober 2021. Penyaluran PKH ini melalui bank anggota Himpunan Bank Negara yaitu BNI, BRI, Bank Mandiri dan BTN. Sedangkan bantuan sembako disalurkan pemerintah setiap satu bulan sekali. Penyaluran BNPT ini melalui akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di e- warong yang bekerjasama dengan bank. Setiap kepala keluarga akan menerima bantuan sebesar Rp 200.000. Selain tiga bantuan di atas adapula bantuan untuk para pengusaha UMKM sebesar 1,2jt BLT Dana Desa sebesar 300 ribu dan diskon token listrik hingga 50 persen hingga September 2021 mendatang.

Sumber : Tribunkaltim Editor : Onix Radio

M-Pajak Memudahkan Para Wajib Pajak Untuk Melaporkan SPT Tahunan

M-Pajak Memudahkan Para Wajib Pajak Untuk Melaporkan SPT Tahunan

ONIX NEWS - Di wilayah kerja Kanwil DJP Kaltimtara terdapat 262.810 wajib pajak yang terdaftar menyampaikan SPT Tahunan PPh Tahun 2020 atau mencapai 74,31% dari 353.678 dari target kepatuhan SPT Tahunan.

Secara lebih rinci, angka kepatuhan SPT Tahunan untuk para Wajib Pajak Orang Pribadi sebesar 242.377 SPT dan Wajib Pajak Badan sebesar 20.433 SPT. Dengan adanya data wajib pajak ini dihimbau kepada seluruh masyarakat di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara untuk segera melaporkan SPT Tahunan PPh Tahun 2021 melalui laman pajak.go.id

Hingga bulan mei 2021, sebanyak 127.294 Wajib Pajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia telah memanfaatkan program Libur Bayar Pajak. Sedangkan Wajib Pajak yang telah mengajukan Insentif Pajak Penghasilan Pasal 21 ditanggung Pemerintah sebanyak 90.216 Wajib Pajak Pemberi Kerja.

DJP telah meluncurkan M-Pajak dimana aplikasi ini merupakan aplikasi resmi yang diluncurkan untuk memudahkan layanan perpajakan bagi wajib pajak. M- Pajak menghadirkan berbagai kemudahan dalam satu genggaman. Wajib Pajak dapat mengunduh aplikasi ini melalui Playstore dan Apps Store. Melalui aplikasi M-Pajak ini, para wajib pajak dapat membuat kode billing dengan cepat dan mudah serta menemukan lokasi kantor pelayanan pajak terdekat. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan layanan rujukan peraturan dalam menu direktori peraturan.

Di tengah situasi pelemahan ekonomi akibat pandemi, pemerintah mengatur kembali kerangka kebijakan perpajakan untuk menjaga kesinambungan tiskal pemulihan ekonomi akibat pandemi. Sejalan dengan reformasi perpajakan yang sedang dibangun, diantaranya terdapat usulan perubahan pengaturan pada Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Sistem yang berlaku saat ini dipandang kurang memadai lagi untuk memenuhi rasa keadilan karena terjadi distorsi ekonomi di masyarakat, terlalu banyak pengecualian, serta fasititas PPN yang tidak efektif, sehingga menyulitkan peningkatan kepatuhan pajak dan optimalisasi pendapatan negara.

Urgensi pengaturan kembali sistem PPN bertujuan untuk memperluas basis pengenaan PPN, menciptakan sistem pemungutan PPN yang lebih efisien, dan menciptakan keadilan bagi seturuh masyarakat, khususnya masyarakat ke bawah. Poin-poin penting perubahan diantaranya: a. PPN atas Sembako dan Produk Pertanian

Barang kebutuhan pokok yang diluar di pasar tradisional kena PPN.Sedangkan barang kebutuhan pokok (beras dan daging) premium dikenai PPN.

Sumber : Direktorat Jenderal Pajak Editor : Onix Radio

Chest Freezer MODENA menyuguhkan kapasitas Besar serta Hemat Energi

Chest Freezer MODENA menyuguhkan kapasitas Besar serta Hemat Energi

ONIX NEWS - Untuk mendukung industri kuliner tanah air, MODENA menghadirkan produk terbaru di lini cooling dengan produk Chest Freezer MD 0156 W. “Produk ini juga lengkap dengan fitur-fitur dengan teknologi terdepan yang pastinya akan menjamin menjaga kualitas makanan atau minuman di dalam.”

Dengan adanya heavy duty compressor, chest freezer ini juga hemat dalam menggunakan energi karena kerja kompresor yang efisien, yang akan menghasilkan kualitas pembekuan maksimum dengan menggunakan jumlah energi yang hemat. Kulkas ini juga memiliki fitur super freeze, yang mampu mencapai titik beku maksimum dalam rentang waktu dua jam.

“Dengan kapasitas sebesar 150 L, pelanggan bisa menyimpan bahan-bahan makanan terbaik di dalam chest freezer ini, dan pastinya juga ada LED interior light yang akan membantu penerangan di dalam,” lanjut Suherman.

Pelanggan juga tak usah khawatir untuk segi keamanan dengan adanya handle and lock, untuk kemudahan akses ke chest freezer dengan pegangan pintu dan penyimpanan yang aman dengan adanya kunci. Selain dari keamanan dan keefisienannya, pelanggan juga akan dimanjakan dengan kemudahan untuk membersihkan chest freezer dengan stainless steel lining.

Editor : Onix Radio