Bakery egg foods around the world

Polda Kaltim Pastikan Material Kartu SIM Sudah siap di Bulan Agustus

Saat ini masyarakat yang mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) tak akan mendapat kartu SIM.

Lantaran kepolisian saat ini tengah kehabisan stok material kartu SIM, sehingga untuk sementara masyarakat diberikan surat tanda bukti SIM sementara.

Saat dikonfirmasi Dirlantas Polda Kaltim Kombes Pol Subandriya, melalui Kasubdit Regident Kompol Welly Djatmoko membenarkan hal tersebut. Lebih lanjut, stok material pet card SIM masih dalam proses lelang oleh Koorlantas Mabes Polri.

"Masih kosong, masih lelang. Masyarakat dikasihkan surat keterangan sementara, nggak lama kok. Bulan Agustus ada materialnya," ujar Welly, Rabu (18/7/2018).

Kendati demikian, pihaknya memastikan keberadaan material SIM di seluruh Polres jajaran di wilayah Polda Kaltim di bulan Agustus 2018.

"Saya kordinasi dengan Koorlantas. Adanya bulan Agustus nanti," bebernya.

Welly menambahkan, bahwa kekosongan stok material SIM tak hanya terjadi di Kaltim. Namun, di seluruh wilayah di Indonesia.

Nantinya Koorlantas akan menurunkan stok material ke Polda Kaltim, kemudian bakal diteruskan ke seluruh Polres yang memberikan pelayanan SIM di masing-masing kabupaten/kota.

"Bukan di Balikpapan saja. Seluruh Indonesia ini," paparnya.

Bagi masyarakat yang telah menerima surat keterangan sementara, nantinya dapat menukarknya kembali ke pelayanan SIM kepolisian, sama seperti dimana mereka mengurus perpanjangan atau pembuatan.

Untuk diketahui pemberitaan sebelumnya, warga Balikpapan yang mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) harus bersabar.

Sudah sepekan ini warga yang telah mengurus SIM, hanya menerima secarik kertas. Di kertas tersebut tertulis Tanda Bukti SIM Sementara.

"Untuk semua diperpanjang dapat gituan. Berlaku setahun. Tapi sebulan diminta cek ke Polres," kata Ahmad Abdullah, warga Gunung Sari Ilir Balikpapan, Senin (16/7/2018).

Kasatlantas Polres Balikpapan, AKP Noordhianto membenarkan pemberian surat tanda bukti SIM sementara kepada warga. "Sudah seminggu ini," tuturnya.

Hal itu dilakukan lantaran ada keterlambatan material pet card SIM ke pihaknya. Sehingga bagi masyarakat yang mengurus perpanjangan akan diberi surat penggantian SIM sementara.

"Surat ini berlaku dan dapat digunakan pada saat ada pemeriksaan ataupun untuk keperluan lainnya," ungkapnya.

Lanjut Noordhianto, pengadaan material SIM merupakan ranah Koorlantas Mabes Polri. Material tersebut didistribusikan melalui Polda Wilayah. Kemudian diturunkan ke Polres jajaran, khususnya unit fungsi Lalu Lintas.

"Penyebabnya, kurang paham. Silakan ditanyakan ke Ditlantas. Kapan (normal) belum ada informasi kembali," ucapnya.

Selain masyarakat yang memperpanjang SIM, bagi yang mengurus SIM baru, kemudian pada saat ujian teori dan praktek dinyatakan lulus, mereka juga akan diberi surat keterangan yang sama.

Source: kaltim.tribunnews.co

Wolfskies (20 Juli 2018, 09:05 WITA)

FACEBOOK COMMENTS WILL BE SHOWN ONLY WHEN YOUR SITE IS ONLINE

SHARE THIS PAGE!

Subscribe newsletter 
Thanks for filling out form!