Bakery egg foods around the world

Lama Menunggu Respon Pemkot, Warga Sumber Rejo Inisiatif Bangun Drainase Sendiri

Tiada berharap banyak dari respon Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, warga Sumber Rejo bergotong-royong membangun sarana prasarana saluran air atau drainase, dan memperbaiki jalanan yang kondisinya sudah buruk.

Drai Pengamatan, pada Minggu (15/7/2018) pagi, hal ini berlangsung di Sumber Rejo Dua RT 40 dan RT 37, Kelurahan Sumber Rejo, Kecamatan Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Saat ditemui seorang warga setempat, Hariyoto, Ketua RT 40, menuturkan, warga setempat secara sadar melakukan swadaya melakukan pembangunan drainase saluran air dan memperbaiki jalan raya Sumber Rejo Dua, Balikpapan Tengah.

Pihaknya merasa sudah tidak banyak berharap lagi kepada Pemkot Balikpapan.

Warga di dua RT bersatu, bersama membangun infrastruktur drainase dan menambal lubang jalan raya.

"Kalau nunggu bantuan dari Pemkot lama prosesnya. Paling nanti perlu waktu untuk bisa dikerjakan. Sekarang lagi butuh cepat. Ini langsung saja warga turun. Semua langsung bangun tanpa harus menunggu bantuan dahulu," ujarnya.

Dia menyatakan, pembangunan drainase dan perbaikan jalan raya Sumber Rejo Dua dilakukan secara swadaya dari RT 40 dan RT 37, warga bersumbangsih urunan dana untuk membeli semua material bahan bangunan.

"Kami berhasil kumpulkan dana sekitar Rp 3 juta lebih. Kami beli untuk pasir, batu bata, semen, semuanya kita gunakan untuk perbaikan sarana di RT sini," urainya.

Sejauh ini, kondisi drainase di dua RT ini bisa dikatakan sangat tidak memadai terjadi kerusakan drainase akibat sedimentasi dan terjangan air banjir.

Kata Hariyoto, setiap terjadi hujan deras drainase tidak mampu berperan penting dalam mengalirkan air ke hilir, akibatnya setiap hujan selalu terjadi genangan air, yang akibatnya membuat jalan cepat rusak.

"Sebelumnya sudah pernah di aspal sampai dua kali tapi karena drainasenya tidak ada sering tergenang air, jalan akhirnya ikut rusak," katanya.

Menurut Hariyoto, bila jalan selalu terendam air pastinya jalan beraspal cepat rusak.

"Lihat saja ini jalannya berlubang. Bahayakan pengguna kendaraan," ujarnya, tangannya sambil mengarahkan ke titik jalan rusak.

Karena itu, warga muncul kesadaran sendiri melakukan inisiatif membangun drainase dan memperbaiki jalan raya meskipun sifat jalannya ini adalah kewenangan dari Kelurahan pemerintah kota Balikpapan.

"Kami mau cor saja jalannya pakai semen. Yang bolong-bolong saja yang kami cor," ujar Hariyoto.

Warga dalam kerja bakti ini mempersiapkannya secara spontan.

"Kita kumpul warga, rapat. Kemudian patungan untuk memperbaiki semuanya. Banyak yang berpartisipasi. Ada kesadaran tanpa harus berharap banyak kepada bantuan pemerintah kota," katanya.

Dia pun berharap melalui kegiatan gotong royong perbaikan drainase dan jalan raya ini bisa memberikan dampak positif bagi warga yang bertempat tinggal di Sumberejo Dua dan pastinya, tidak hanya dinikmati oleh warga setempat tetapi seluruh warga yang biasa melewati kawasan Sumber Rejo Dua.

"Tidak terhambat adanya jalan rusak dan genangan air dari hujan deras," tegasnya.

Sekitar pukul 08.00 Wita, sebanyak puluhan warga melakukan kerja bakti. Masing-masing warga ada yang membawa peralatan tukang sendiri seperti membawa alat pacul, skop, hingga golok.

Perbaikan drainase ini kata Haryoto, baru pertama kalinya dilakukan secara swadaya masyarakat.

Biasanya dilakukan oleh pemerintah kota, termasuk awal mulanya drainase puluhan tahun lalu pernah dibangun oleh pemerintah kota.

Karena kondisinya kemudian rusak, sudah terlalu lama, tidak ada lagi upaya perbaikan, maka warga inisiatif melakukan sendiri.

"Dahulu pernah ada drainase tapi sudah lama sekali kemudian tertimbun sama sedimentasi banjir. Sekarang sudah tidak ada lagi, tidak berfungsi. Ini kami bangun," kata Hariyoto, yang menggunakan kaus merah

Source: kaltim.tribunnews.com

Wolfskies (17 Juli 2018, 08:41 WITA)

FACEBOOK COMMENTS WILL BE SHOWN ONLY WHEN YOUR SITE IS ONLINE

SHARE THIS PAGE!

Subscribe newsletter 
Thanks for filling out form!