Bakery egg foods around the world

Diserang Hacker Data KPU Berubah, Tidak Pengaruhi Hasil Pilgub Kaltim 2018

Usai pelaksanaan Pilgub Kaltim 2018, situs resmi KPU RI diduga diretas hacker. Hasilnya, situs infopemilu.kpu.go.id tidak bisa diakses. Sementara beredar luas hasil perhitungan Pilgub Kaltim di website tersebut berubah drastis.

Beredar luas foto hasil serangan hacker di banyak grup whatsapp. Paslon nomor 4 Rusmadi-Safaruddin unggul dari paslon nomor 3 Isran-Hadi. Rusmadi-Safaruddin unggul dengan persentase 30,43 persen atau meraih 398.222 suara. Sementara paslon nomor 3 Isran-Hadi yang sempat unggul sebelumnya justru kalah dengan persentase 25,22 persen atau 329.449 suara. Kondisi unggulnya Rusmadi-Safaruddin itu saat kondisi upload C1 dari TPS mencapai 98,11 persen.

Padahal, sebelumnya saat kondisi upload C1 dari TPS mencapai 97,45 persen, paslon nomor 3 Isran-Hadi unggul telak. Paslon yang didukung PKS, Gerindra, dan PAN unggul 31,28 persen atau meraih 406.552 suara. Sementara paslon nomor 4 Rusmadi-Safaruddin meraih persentase 24,49 persen atau 318.303.

Perubahan drastis inilah yang menguatkan dugaan website infopemilu.kpu.go.id diretas hacker. Atas kondisi tersebut, seperti dilansir dari liputan6.com, Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi angkat bicara.

Pramono mengungkapkan, peristiwa peretasan situs tersebut tidak akan mempengaruhi hasil akhir Pilkada Serentak 2018.

"Sebenarnya mau di-hack gimana pun juga enggak akan pengaruhi hasil akhir. Enggak ada pengaruhnya sama real count," ucap Pramono di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis, 28 Juni 2018.

Pramono menjelaskan, hasil resmi Pilkada Serentak 2018 yang sah secara hukum nantinya berdasarkan hasil yang ditetapkan lewat pleno terbuka. Hasil itu pun berdasarkan data rekapitulasi secara manual.

Karena itu, menurut dia, diretas atau tidak situs resmi KPU, tak akan mengubah, mempengaruhi atau bahkan memanipulasi hasil akhirnya.

"Jadi, itu adalah isu yang dikembangkan oleh pihak-pihak yang enggak bertanggung jawab. Ada serangan hacker iya, tapi itu bukan hasil resmi," ucap Pramono menegaskan.


Wolfskies (30 Juni 2018, 12:02 WITA)

FACEBOOK COMMENTS WILL BE SHOWN ONLY WHEN YOUR SITE IS ONLINE

SHARE THIS PAGE!

Subscribe newsletter 
Thanks for filling out form!