KADIN Balikpapan Mengatakan Perlunya Evaluasi Terhadap Pemberlakuan Jam Malam

KADIN Balikpapan Mengatakan Perlunya Evaluasi Terhadap Pemberlakuan Jam Malam

ONIXNEWS – Melalui Surat Edaran Walikota Nomor 100/438/Pem tentang pemberlakuan jam malam yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Balikpapan, ditujukan utnuk masyarakat.

Pemberlakuan jam malam ini lebih utama diperuntukkan untuk semua pelaku usaha, entah itu pengelola ataupun penanggung jawab fasilitas umumnya. Edaran yang berlaku sejak 7 september 2020 ini berisikan tentang pembatasan aktivitas masyarakat hingga pukul 22.00 WITA.

Dengan adanya pembatasan jam aktivitas ini, tentu memberikan dampak yang cukup besar bagi para pelaku usaha. Seperti Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang selama pandemi, sangat terdampak.

Turunnya omzet sudah tidak dapat dielakkan lagi, tanpa tahu kapan regulasi ini akan berakhir. Mengikuti perkembangan terkini mengenai kondisi terkini kasus yang terkonfirmasi covid-19.

Menurut Ketua Kamar Dagang dan Industri Kota Balikpapan (KADIN Balikpapan) Yaser Arafat, dengan pemberlakuan jam mala mini merupakan upaya pemerintah untuk memutus mata rantai virus asal cina yang penyebarannya kian cepat.

“kami apresiasi, hanya saja bagi kami pelaku usaha perlu kepastian sampai kapan dan berapa lama ini akan diberlakukan” ujar Yaser Arafat, minggu (20/9/20).

Menurutnya perekonomian saat ini cukup memprihatinkan. Dan diambang resesi, daya beli masyarakat yang turun dengan dibarengi susahnya mengumpulkan pundi pundi rupiah. Ia paham dengan kebijakan kebijakan terbaik yang diambil pemerintah. Namun pihaknya sebagai pelaku usaha juga meminta perhatian.

Yaser yang mempertanyakan apakah di atas jam 22.00 wita potensi penularan kian besar ? padahal dari pagi hingga malam rentannya cukup panjang. Sehingga ia merasa hal ini perlu di evaluasi. Pelaku usaha kecil yang beroperasi diatas jam 22.00 wita jumlahnya tidak besar.

Pihaknya menawarkan solusi, pemerintah menempatkan petugas protokol kesehatan diseluruh fasilitas umum yang ada, tidak hanya di warung kopi. Jika aktivitas tertinggi dan penyebaran terbanyak di pasar maupun minimarket, maka disitulah yang wajib dijaga dan diterapkan protokol kesehatannya. Sementara warung kopi tinggal menertibkan pemiliknya saja, tetap diperbolehkan beroperasi.

Seluruh pengunjungnya diawasi dengan benar untuk penerapan protokol kesehatan ini. Jarak duduk dan berjaga untuk mengedukasi kepada masyarakat.

“Dengan adanya pembatasan yang membuat ekonomi terganggu, kecuali pemerintah memberi kompensasi besar untuk UMKM, tidak masalah. Kondisi sekarang yang tidak pasti, bisa makan hari ini belum tentu besok bisa” pungkasnya.

10 Cara Pencegahan Virus Corona 1. Menjaga kesehatan dan kebugaran agar stamina tubuh tetap prima dan sistem kekebalan tubuh meningkat. 2. Mencuci tangan dengan benar secara teratur menggunakan air dan sabun atau hand-rub berbasis alkohol. 3. Saat batuk dan bersin, tutup hidung dan mulut Anda menggunakan tisu atau lengan atas bagian dalam (bukan dengan telapak tangan). 4. Hindari kontak dengan orang lain atau bepergian ke tempat umum. 5. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut (segitiga wajah). 6. Gunakan masker secara benar hingga menutupi mulut dan hidung ketika Anda sakit atau berada di tempat umum. 7. Buang tisu dan masker yang sudah digunakan ke tempat sampah secara benar, lalu cucilah tangan Anda. 8. Mununda perjalanan ke daerah atau negara di mana virus ini ditemukan. 9. Hindari berpergian ke luar rumah saat Anda merasa kurang sehat. 10.Selalu pantau perkembangan penyakit covid-19 dari sumber resmi dan akurat

Sumber : Tribunkaltim.co

Editor : Onixradio

Alasan Masker Ini Tidak Direkomendasikan Untuk Cegah Penularan Covid-19

Alasan Masker Ini Tidak Direkomendasikan Untuk Cegah Penularan Covid-19

ONIXNEWS – Selama pandemi ini masih ada kita masih diwajibkan mematuhi protokol kesehatan, salah satunya menggunakan masker. Seperti yang kita ketahui bahwa banyak nya ragam masker yang dijual dan digunakan masyarakat saat ini, ternyata masker ini tidak direkomendasikan untuk digunakan.

Yups, dengan beredarnya berita masker scuba dan buff yang tidak direkomendasikan untuk melindungi diri dari virus, menimbulkan banyaknya pertanyaan dari kalangan masyarakat yang menggunakannya selama ini.

Pada 15 September 2020, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menanggapi larangan penggunaan masker scuba dan buff di dalam commuterline.

"Masker scuba atau buff adalah masker dengan satu lapisan saja dan terlalu tipis sehingga kemungkinan untuk tembus lebih besar," ujar Wiku, seperti diberitakan Kompas.com. Wiku menyebutkan, masker scuba biasanya mudah ditarik ke leher sehingga penggunaannya menjadi tak efektif sebagai pencegahan.

Menurut dia, masker menjadi alat penting dalam mencegah penularan virus corona sehingga masyarakat perlu memakai masker yang berkualitas seperti masker bedah atau kain katun tiga lapis.

Berdasarkan penelitian Universitas Oxford, kain katun mempunyai tingkat ketahanan dari penularan virus corona sebesar 70 persen. Meski demikian, meningkatkan ketahanan proteksi dianjurkan memasukkan tisu yang dilipat menjadi tiga bagian di dalam masker kain.

Seberapa efektif masker scuba cegah penularan virus?

Sementara itu, diberitakan Kompas.com, 14 April 2020, Peneliti Loka Penelitian Teknologi Bersih (LPTB) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr Eng Muhamad Nasir menjelaskan dasar pengujian kinerja utama masker.

Ia memaparkan, ada tiga tahapan pengujian kinerja utama masker yakni:

  • Uji filtrasi bakteri (bactrial fitritation efficiency)
  • Uji filtrasi partikulate (particulate filtration efficiency)
  • Uji permebilitas udara dan pressure differential (breathability dari masker)

Menurut dia, masker kain dengan bahan lentur seperti scuba, saat dipakai akan terjadi perenggangan bahan sehingga kerapatan dan pori kain membesar serta membuka yang membuat permeabilitas udara menjadi tinggi.

Hal tersebut membuat peluang partikular virus untuk menembus masker semakin besar.

Buff

Melansir Healthline, 14 Sptember 2020, buff juga disebut tak memberikan perlindungan yang efektif terhadap penyebaran virus corona.

Studi dari Duke University di Carolina Utara, Amerika Serikat, para peneliti menyimpulkan bahwa buff tak efektif memblokir droplet atau tetesan pernapasan yang keluar dari mulut, di mana menjadi salah satu jalur masuk penularan virus corona Covid-19. Sehingga, saat orang berbicara dan droplet keluar dari mulut, risiko penularan penyakit tetap tinggi.

Bahkan, disebutkan bahwa orang menggunakan buff jauh lebih buruk dibandingkan orang yang tak memakai masker sama sekali. Menurut para peneliti, buff justru membuat droplet semakin berkembang biak di udara.

"Mungkin banyak orang berpikir, menggunakan masker jenis apa saja lebih baik dibandingkan tidak memakainya sama sekali. Akan tetapi, hal itu salah," jelas pemimpin studi Duke University, Martin Fischer.

"Kami mengamati bahwa jumlah droplet meningkat saat orang memakai buff. Kami yakin, bahan yang digunakan pada buff dapat memecah droplet menjadi partikel berukuran lebih kecil. Hal ini membuat pengguna buff menjadi kontraproduktif, karena tetesan yang lebih kecil lebih mudah terbawa udara dan membahayakan orang di sekitar," lanjut dia.

Penelitian ini membuktikan bahwa tidak semua masker memiliki tingkat keefektifan yang sama.

Direktur Divisi Alergi dan Imunologi di Rumah Sakit Anak Nationwide di Ohio, Mitchell H Grayson mengungkapkan, penggunaan sehari-hari masker kain dengan beberapa lapisan dapat berfungsi sama baiknya dengan masker bedah.

Sumber : Nakita.id

Editor : Onixradio

Bank Indonesia Balikpapan Gelar Festival Celengan Rupiah

Bank Indonesia Balikpapan Gelar Festival Celengan Rupiah

ONIXNEWS - Dalam rangka memberikan edukasi dan sosialisasi ke berbagai kalangan masyarakat mengenai ciri ciri keaslian uang rupiah (CIKUR), Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dan kebanksentralan, sekaligus mensosialisasikan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 Tahun RI yang diterbitkan pada tanggal 17 Agustus 2020, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menyelenggarakan program Festival Celengan (Cerita Literasi Uang) Rupiah.

Opening Day Festival Celengan Rupiah dibuka secara virtual oleh Walikota Balikpapan, H.M Rizal Effendi pada Kamis, 17 September 2020, dan dihadiri oleh lebih dari 800 peserta yang merupakan pelajar, guru, tenaga pendidik, dan masyarakat umum.

Festival Celengan (Cerita Literasi Uang) Rupiah Bank Indonesia Balikpapan merupakan festival edukasi melalui kegiatan seminar daring dan kompetisi antar pelajar untuk meningkatkan pemahaman dan awareness publik terutama kalangan pelajar tentang uang Rupiah, Kebanksentralan maupun Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

Acara Festival Celengan Rupiah ini terdiri dari kegiatan webinar edukasi, kelas online tentang Bank Indonesia, serta kompetisi antar pelajar setingkat SMP/MTs/Sederajat hingga SMA/SMK/MA/Sederajat di Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara, dan Kabupaten Paser.

Dan terdapat dua kategori lomba yaitu untuk level SMA/SMK/MA/Sederajat yang terdiri atas lomba Lomba Mading 3D, Lomba Jingle Rupiah dan Lomba Penulisan Artikel. Sedangkan kategori kedua untuk level SMP/MTs/Sederajat dalam bentuk lomba Lomba Mading 2D dan Lomba Video Tik Tok Edukasi Rupiah. Kegiatan lomba tersebut akan berlangsung dari 17 September hingga 16 Oktober 2020.

Pada kegiatan opening day, terdapat webinar dengan topik “Rupiah Memperkuat Persatuan”. Narasumber pada webinar tersebut adalah Bimo Epyanto, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, dan dr. Nadhira Afifa yang merupakan alumna Master of Public Health Harvard University sekaligus influencer yang mewakili generasi muda berprestasi. Kegiatan Webinar ini dimoderatori oleh Fitri Tropica yang secara aktif berinteraksi dengan narasumber maupun peserta. Sebagai upaya meningkatkan antusiasme peserta dalam menyerap materi yang disampaikan, pada opening day tersebut juga diselenggarakan lomba cepat tepat yang berhadiah bagi seluruh peserta dengan nilai tertinggi.

Bank Indonesia berharap melalui Festival Celengan Rupiah dapat meningkatkan pemahaman siswa/siswi maupun guru tentang uang rupiah sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, memperkenalkan UPK 75 tahun RI, sekaligus membangun kesadaran untuk Cinta Rupiah dengan memperlakukan rupiah secara layak. Selain itu, Festival Celengan Rupiah juga diharapkan dapat mendorong produktivitas dan kreativitas siswa/siswi di tengah pembelajaran daring melalui kompetisi antar pelajar yang positif.

Sumber : Bank Indonesia

Editor : Onixradio

Ekonomi Dibalik Pandemi Covid-19

Ekonomi Dibalik Pandemi Covid-19

ONIXNEWS – Pandemi yang tak kunjung usai, bahkan menambah jumlah pasien positif serta ODP kini sangat meresahkan. Bahkan dampak dari peristiwa ini adalah kegiatan ekonomi yang tidak stabil untuk semua kalangan. Mengenai hal ini, SERSAN NGOPI kemarin (16/9/2020) mengambil tema tentang Ekonomi Dibalik Pandemi.

Dimana seperti biasa program ini dibawakan oleh Rega Dinata dengan menghadirkan dua narasumber yaitu Murni ( Sekretaris Bappeda Litbang Kota Balikpapan) dan Mauliddin ( Pemerhati Kota).

Jika dilihat dari struktur ekonomi Balikpapan dalam 5 tahun terakhir, didukung 4 sektor utama yaitu pengolahan, konstruksi, transportasi dan perdagangan. Yang mengkaji hal tersebut adalah Bank Indonesia, dalam masa pandemic seperti ini sektor kesehatan memang banyak diserang namun akhirnya berdampak pada sektor ekonomi pada empat sektor tersebut dan sosial. Adanya hal ini banyak nya terjadi pengurangan pekerja, gangguan pada jasa dan produksi seperti PHK dan pekerja dirumahkan.

Dalam masa pandemi ini pemerintah pun berupaya membantu para masyarakat yang terkena dampak dengan bantuan dengan data sekitar 70ribu KK, selain itu kebijakan relaksasi yang di lakukan pemerintah dengan tetap mengikuti peraturan yang ada sehingga system perekonomian tetap berjalan.

Agar pemulihan ekonomi berangsur stabil maka yang harus dilakukan yaitu penertiban masyarakat akan hal nya mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, agar tidak ada penambahan pasien positif atau bahkan cluster baru.

“ Jika ingin masyarakat itu mentaati peraturan, maka panutannya juga memberi contoh” ujar mauliddin.

Mendekati musim PILKADA seperti saat ini, seharusnya para pemimpin bahkan calon pemimpin tidak memperlihatkan kelonggaran. Justru seharusnya memberi contoh agar masyarakat mentaatinya.

Masa pendemi seperti ini membuat para pelaku usaha untuk lebih berinovasi dalam menjajakan dagangannya, dengan kata lain memanfaatkan era digital yang sudah semakin maju bahkan sudah banyak digunakan karena dipercaya akan lebih memajukan inovasi yang ada saat ini. Teknik pemasaran melalui digital di beberapa market place kini sudah di lakukan dan dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk menormalisasikan ekonomi mereka.

“ masyarakat yang sudah mulai sadar bahwa mereka harus punya inovasi bagaimana cara memasarkan produk masing masing. Dan dari sini bisa dilihat usaha yang mendukung protokol kesehatan akan bisa lebih bertahan ditengah pandemi seperti saat ini daripada yang tidak mematuhi protokol kesehatan” ujar murni.

Dan point yang kita dapat saat ini dalam sektor ekonomi adalah media digital atau online memang sangat di butuhkan untuk menstabilkan ekonomi dari para pelaku usaha, sehingga kita bisa memutus rantai penyebaran covid-19 secara tidak langsung.

Berdasarkan SK walikota, ada beberapa stimulus untuk sektor ekonomi ini seperti peringanan pembayaran dan penghapusan denda pajak hotel, pajak restoran, pajak THM dan pajak parkir. Selain itu peringanan pembayaran berupa penundaan pembayaran untuk pelaku usaha, hal tersebut berarti tidak adanya denda jika ada keterlambatan pembayaran yang dilakukan pelaku usaha.

Dalam mengatasi hal ini Bappeda Litbang melakukan penguatan di sektor UMKM karena 70% penghasilan di sektor perdagangan. Bappeda Litbang bekerja sama dengan Bank Indonesia untuk membuka UKM center, dimana ukm yang ada bisa berkoordinasi disitu tentang kelembagaan, pendanaan dan pelatihan digitalisasi dalam proses pemasaran.

Editor : Onixradio

Kodim 0905 Balikpapan dan PLTU Berikan Internet Gratis

Kodim 0905 Balikpapan dan PLTU Berikan Internet Gratis

ONIXNEWS – Dalam masa pandemi seperti ini, para pelajar akhirnya melakukan kegiatan belajar dengan system daring. Dimana mereka akan belajar online dengan guru dan teman temannya. Terkadang hal ini yang memberatkan para orang tua karena kuota data yang banyak digunakan. Dengan adanya hal tersebut akhirnya KODIM 0905 Balikpapan menyediakan fasilitas internet gratis.

Kegiatan ini dilakukan khusus bagi para pelajar Kota Balikpapan, sebagai penunjang kegiatan belajar dirumah secara daring. Penyediaan fasilitas ini bekerjasama dengan PT. PJB dan PLTU teluk Balikpapan yang disediakan diseluruh koramil yang ada di Kota Balikpapan.

Dengan adanya fasilitas internet gratis ini, para pelajar yang ingin melakukan belajar online bisa langsung datang ke kantor koramil terdekat sambal membawa hanphone atau laptop sebagai alat belajarnya.

Fasilitas ini resmi di buka pada hari senin (14/9/2020) dan berlaku setiap hari selama masa pandemic covid-19.

Dandim 0905 Balikpapan Kolonel Armed I Gusti Agung Putu Sujarnawa mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepeduliaan pihaknya dan jajaran PLN Group terhadap masyarakat dan pelajar yang terdampak pandemic covid-19.

“Kegiatan ini bekerjasama dengan PJB, PLTU, PLN group membantu menyediakan hotspot gratis untuk anak anak kita yang kesulitan selama dalam kegiatan belajar daring ini. Kita bekerjasama kemudian menyiapkan tempatnya dan hotspot gratisnya mudah mudahan ini bisa membantu mereka sehingga anak anak kita bisa dimudahkan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.” Ujar Kolonel Armed I Gusti Agung Putu Sujarnawa saat meresmikan pembukaan fasilitas internet gratis di koramil 02 Balikpapan Barat, Senin (14/9/2020).

Sementara itu, General Manager PT. PJB Unit Bisnis Jasa O&M PLTU Kaltim Teluk Balikpapan, Kurniawan Dwi Hananto mengatakan penyediaan fasilitas ini merupakan wujud sinergi dalam membantu masyarakat yang terdampak covid-19.

“ini adalah wujud sinergi kami di PLTU Teluk Balikpapan, PLN kemudian PJB dan Kodim Balikpapan” ujarnya. Karena ketidakmungkinan para pelajar ini mendatangi kantor, maka dari itu fasilitas ini disediakan di koramil koramil terdekat supaya lebih mudah dijangkau masyarakat.

Seperti yang kita tau, selama pandemi ini berlangsung kebutuhan akan WiFi menjadi kebutuhan primer yang khususnya dibutuhkan oleh para pelajar, karena system belajar yang dituntut online agar virus ini tidak semakin luas.

“Kita PLN Group juga memiliki tanggung jawab untuk membantu meringankan beban masyarakat di luar tugas pokok kamu sebagai penyedia sarana listrik” ujar Kurniawan Dwi Hananto.

Sumber : Tribunkaltim.co

Editor : Onixradio

KPU Balikpapan Menutup Pendaftaran Paslon Walikota Balikpapan Hanya Satu Yang Tercatat Sebagai Peserta

KPU Balikpapan Menutup Pendaftaran Paslon Walikota Balikpapan Hanya Satu Yang Tercatat Sebagai Peserta

ONIXNEWS – Setelah beberapa waktu lalu KPU mengumumkan adanya perpanjangan waktu pendaftaran calon kepala daerah dari tanggal 11 – 13 september 2020, KPU Balikpapan akhirnya menutup perpanjangan pendaftaran bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan pada hari minggu (13/9/2020) pukul 00.00 WITA.

Menurut ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha penutup pendaftaran bakal calon Walikota dan Wakil Walikota ini sudah sesuai dengan peraturan KPU dan telah melalui serangkaian proses tahapan.

“Kita KPU Balikpapan sejak pagi tadi sudah standby disini menunggu ada calon yang mendaftar, namun ternyata hingga pukul 00.00 WITA, kita sama sama saksikan perpanjangannyha kita tutup. Penutupan ini juga sudah sesuai dengan PKPU” ujar Noor Thoha saat konferensi pers di kantor KPU Balikpapan (13/9/2020).

Sebelumnya, alasan KPU Balikpapan melakukan perpanjangan waktu pendaftaran dikarenakan hanya ada 1 paslon yang mendaftar yaitu pasangan Rahmad Masud – Thohari Aziz. Namun karena selama perpanjangan tidak ada paslon lain yang mendaftar maka KPU Balikpapan akhirnya membuat berita acara.

“Kami tadi sudah pleno, kami nyatakan bahwa sampai pukul 24.00 WITA tanggal 13 september 2020 perpanjangan pendaftaran kita tutp dalam kondisi tidak ada bakal paslon yang mendaftar lagi” ujar noor thoha.

Pada akhirnya KPU Balikpapan menetapkan hanya ada satu paslon yang akan masuk dalam kontestasi pemilihan kepala daerah di Kota Balikpapan, yakni pasangan Rahmad Masud – Thohari Azis.

Paslon Rahmad – Thohari mendaftar pada 4 September kemarin dan rencananya dalam waktu dekat akan dilanjutkan tahap pemeriksaan kesehatan. Rencananya paslon Rahmad – Thohari akan menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Kanudjoso Djatiwibowo atau RSKD Balikpapan pada pukul 07.00 WITA, senin (14/9/2020) pagi.

Setelah pemeriksaan selesai dan hasilnya calon tidak ada masalah, maka akan ditetapkan pada 23 September 2020.

“Dengan ditutupnya pendaftaran maka ditetapkan calon tunggal.akan tetapi calon tunggal ini belum tentu dilantik pada tanggal 23 september 2020 nanti. Karena masih ada fase berikutnya seperti pemeriksaan kesehatan dan seleksi kelengkapan administrasi, kelau kedua fase itu dinyatakan memenuhi syarat dan sah secara hukum baru dilakukan pelantikan calon” ujar Noor Thoha.

Sumber : Tribunkaltim.co

Editor : Onixradio

Tauge Bisa Mencegah Uban Dan Merontokkan Ketombe

Tauge Bisa Mencegah Uban Dan Merontokkan Ketombe

ONIXNEWS – Tauge yang biasa kita temukan dalam olahan sayur yang kita konsumsi di kehidupan sehari hari ternyata memiliki manfaat lain. Selain bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan, salah satunya manfaat lainnya adalah merontokkan uban dan menghilangkan ketombe yang mengganggu.

Uban yang merupakan salah satu perubahan rambut yang sering dianggap sebagai masalah bagi banyak orang ini merupakan salah satu tanda bertambahnya usia, rambut yang berubah warna menjadi putih merupakan hal yang lumrah.

Namun hal ini mendatangkan rasa tidak nyaman untuk banyak orang, ditambah lagi dengan permasalahan kulit kepala lain seperti ketombe.

Bagi beberapa orang akan merasa gatal dan rambut lepek, namun hal ini bisa diatasi dengan sayuran tauge loh.

Tauge yang memiliki kandungan antioksidan yang banyak dipercaya dapat mencegah uban yang muncul pada rambut. Selain antioksidan, tauge juga mengandung selenium yang berfungsi untuk membantu menghilangkan jamur dan bakteri di kulit kepala.

Dengan demikian, ini akan membantu mengontrol masalah ketombe dan mengusir kotoran di kulit kepala.

Bagaimana caranya ? hanya dengan rutin konsumsi tauge, masalah rambut yang diatas akan hilang. Konsumsi tauge dengan rutin seketika merontok kan ketombe secara perlahan dan mencegah tumbuhnya uban di kepala kita nih.

Selain sehat untuk tubuh, juga sehat untuk rambut.

Sumber : Nakita.id

Editor : Onixradio

Strategi Polda Kaltim Menjelang Pilkada 2020 Dalam Situasi Pandemi Covid-19

Strategi Polda Kaltim Menjelang Pilkada 2020 Dalam Situasi Pandemi Covid-19

ONIXNEWS – PILKADA 2020 yang sebentar lagi akan dilaksanakan di Kota Balikpapan menyebabkan banyak spekulasi yang muncul di masyarakat. Penyelenggaraan pesta demokrasi pemilihan calon kepala daerah (PILKADA) serentak di wilayah Kalimantan Timur dianggap rawan akan terjadinya penyebaran yang lebih luas terhadap vidrus covid-19.

Hal ini dikarenakan beberapa kabupaten kota dari 9 kabupaten kota di Kaltim yang akan menyelenggarakan PILKADA serentak tahun ini, masuk kedalam kategori zona merah bahkan zona hitam positif covid-19.

Berdasarkan data yang dihimpun tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 kota Balikpapan , jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 pada Rabu tanggal 9 September 2020 mencapai 2.268 kasus, dari jumlah kasus tersebut, 151 diantaranya dinyatakan meninggal dunia, 1356 sembuh, 494 isolasi mandiri, 267 di rawat di Rumah Sakit.

Dengan demikian, tugas dan peran TNI Polri otomatis akan terbagi antara pengamanan dan kondusifitas jalannya Pilkada serta penegakan protokol kesehatan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak saat diwawancarai awak media disela kampanye penegakan protokol kesehatan serentak di Kaltim yang berlangsung di Terminal BP Balikpapan , Kamis (10/9/2020).

Irjen Pol Herry Rudolf Nahak mengatakan saat ini pihaknya telah mempersiapkan starategi pengamanan Pilkada Serentak dan bekerja dengan jajaran TNI serta instansi terkait lainnya. Penegakan protokol kesehatan mulai dari proses pencalonan, pemilihan, hinggga pelangikan menjadi salah konsentrasi pengamanan oleh aparat TNI Polri.

"Kita siapkan semua ketentuan sudah diatur oleh peraturan KPU kemudian termasuk protokol kesehatan yang harus dijaga itu juga sudah diatur dan Polri siap mengamankan bersama-sama TNI dan aparat terkait," kata Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak.

Terkait pengamanan setiap tempat pemungutan suara (TPS) pihaknya juga nantinya akan menyesuaikan dengan kebutuhan personil dengan pengaman protokol kesehatan yang lebih ketat.

"Kita harus lihat dulu karena jumlah TPS ini kan berubah dan bertambah kemudian yang tadinya satu TPS itu bisa 1000 orang Namun karena covid ini ada ketentuan baru jadi maksimal 500 yang akan mencoblos di sana sehingga TPS jadi tambah banyak, petugas keamanan pun jadi tampak banyak jadi kita akan melakukan," lanjutnya

Wilayah yang masuk dalam kategori zona merah Covid-19 nantinya akan mendapat pengaman khusus dengan menerapkan protokol kesehatan yang super ketat.

Sumber : Tribunkaltim.co

Editor : Onixradio

Permohonan Uji Materi UU Kepenyiaran Vs Content Creator

Permohonan Uji Materi UU Kepenyiaran Vs Content Creator

ONIXNEWS – Sersan Ngopi kemarin (9/9/2020) yang dibawakan oleh Rega Dinata membahas tentang apa yang sedang heboh di tanah air yaitu larangan larangan yang diajukan oleh salah satu stasiun televisi nasional. Dampak apa yang dihadapi oleh para content creator, terutama para conten creator Balikpapan. Narasumber yang hadir kali ini adalah para content creator yang ada di Baikpapan yaitu Aby cucunyakai , Bryan Aditya dan Cahaya Nur Hikmah.

Dengan adanya pemberitaan bahwa akan diberikannya pembatasan kreativitas para content creator, maka banyak polemic yang mengelilingi simpang siur nya berita tersebut. Sanksi yang diajukan pun tidak sembarangan, bagi yang melanggar nya akan dikenakan pidana. Belum jelasnya berita yang tersebar banyak masyarakat yang belum paham akan hal ini.

“kita ini belum tau jelas bagaimana tuntutan yang sebenarnya dari pihak pertelevisian ini, banyak pendapat muncul akhirnya kita bingung mau ngikutin yang mana” pendapat bryan selaku pengusaha sekaligus youtuber lokal Balikpapan.

Banyak nya kesimpang siuran berita yang beredar ini, akhirnya ada pencerahan dari pihak pertelevisian tersebut, mereka menjelaskan secara singkat saat diundang untuk podcast bersama Deddy Corbuzier. Pihak nya mengatakan bahwa peraturan itu tidak mengganggu dan para conten creator akan dilindungi undang undang apabila gugatan ini di approve oleh MA.

“Disini kan yang digugat itu penyedia nya yah seperti platform youtube, Netflix dan lainnya. Jadi masalahnya disini yaitu menurunkan kreativitas para content creator itu sendiri” ujar Cahya yang merupakan selebgram sekaligus putri Indonesia kaltim 2018.

Diajukannya gugatan ini bertujuan agar content creator dilindungi serta mendidik, namun banyak komentar pula jika selama ini pun siaran yang ada di televisi lebih banyak gimmick.

“sebenernya dibeberapa platform itu sudah ada aturan aturan nya sendiri untuk para content creator, contohnya Instagram kalau ada konten yang musiknya di klaim, otomatis di blokir itu video nya terus sensitive dikit ditegur sudah” ujar aby selaku selebgram sekaligus announcer dari onix radio.

Diajukannya gugatan ini banyak yang berpendapat bahwa televisi sudah mulai ditinggalkan dan peminatnya semakin berkurang. Masyarakat lebih memilih youtube dan platform lain. Namun jika di telaah lagi, televisi sekarang pun sudah memiliki channel youtube sendiri untuk mengupload tayangan yang sudah mereka tayangkan di tv sebelumnya. Secara garis besar yang dipermasalahkan oleh stasiun tv yang mengajukan gugatan yaitu korporasi yang menayangkan tayangan dari content creator.

Dari sini stasiun tv tersebut meminta hak yang sama yaitu hak penyiaran. Namun seperti yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ahmad M Ramli selaku dirjen PPI Kominfo bahwa tidak bisa disamakan atau tidak bisa dikategorikan sebagai penyiaran dalam ketentuan pasal 1 ayat 2 tentang undang undang penyiaran.

Jadi masalahnya disini adalah stasiun tv swasta ingin semuanya sama, karena selama ini tv swasta merasa dirugikan terutama dari segi komersial.

Editor : Onixradio

PAM Clinic Balikpapan Superblock Resmi Di Buka

PAM Clinic Balikpapan Superblock Resmi Di Buka

ONIXNEWS – Rabu (9/9/2020) PT. PAM Medika Utama yang merupakan anak perusahaan PAM Group dibawah kepemilikan bapak Adi Sumoasto Tjia, telah membuka fasilitas kesehatan yaitu PAM Clinic Balikpapan Superblock. PAM CLINIC ini berada di kawasan strategis Balikpapan Superblok, dengan begitu masyarakat akan lebih mudah mengakses nya termasuk karyawan dari PT. PAM MEDIKA UTAMA.

Balikpapan Superblock yang merupakan kawasan bisnis terpadu di Kota, tidak ingin hanya hadir ditengah masyarakat sebagai entitas bisnis, tetapi juga turut memberikan fasilitas kesehatan sebagai upaya meningkatkan akses kesehatan bagi masyarakat di Kota Balikpapan.

Pelayanan kesehatan untuk pasien di PAM Clinic Balikpapan superblock ini ditanda tangani oleh tim utama yang terdiri dari tenaga kesehatan professional, dan seluruh tim telah memiliki izin dari Dinas Kesehatan Kota Balikpapan. PAM Clinic Balikpapan Superblock juga menghadirkan fasilitas pelayanan penunjang kesehatan (rawat jalan) di antaranya UGD, Poli Umum, Apotek dan Laboratorium.

Dengan motto “A TRUSTED PARTNER IN HEALTHCARE” PAM Clinic diharapkan mampu memberikan pelayanan kesehatan dasar yang dibutuhkan oleh pasien sebelum dirujuk ke fasilitas kesehatan tingkat sekunder atau rumah sakit.

PAM Clinic melayani pasien dari hari senin hingga sabtu dengan jam operasional pukul 09.00 wita s.d 22.00 wita. Untuk rencana kedepannya, klinik ini akan bekerjasama dengan beberapa penyedia layanan kesehatan seperti BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan dan asuransi swasta lainnya.

Dengan hadirnya PAM Clinic Balikpapan Superblock beserta visi nya untuk menjadi instansi penyelenggara kesehatan yang professional, manusiawi dan terbaik di Kota Balikpapan, maka PAM Clinic Balikpapan Superblock akan berkontribusi dalam peningkatan akses pelayanan kesehatan yang berkualitas untuk masyarakat umum Kota Balikpapan.

Editor : Onixradio