Bakery egg foods around the world

96 Toilet di Pantai Manggar Segarasari Dibongkar, Begini Alasannya

Pemerintah Kota Balikpapan telah melakukan penertiban bangunan liar berupa puluhan toilet di Pantai Manggar Segarasari, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Hal ini dijelaskan oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan melalui Kepala Bidang Pariwisata, Irma Nurmayanti, di ruang kerjanya, Jl Marsama Iswahyudi, Sepinggan, Rabu (4/7/2018) pagi.

Dia menyatakan, pemerintah kota secara resmi telah melakukan penertiban bangunan yang dianggap ilegal.

"Sebanyak 96 bangunan toilet yang diratakan," ungkap perempuan berjilbab ini.

Irma menjelaskan, bangunan tersebut dianggap liar karena tidak resmi dari pemerintah Kota Balikpapan.

Lagi pula, selama ini keberadaan toilet ilegal tersebut bisa dikatakan sangat tidak layak untuk digunakan. Kondisi fisik toiletnya bisa dianggap tidak mencerminkan layaknya toilet di tempat wisata.

Bangunan toilet tersebut, dibangun oleh beberapa orang yang melakukan proses perizinan di area kawasan pantai. Padahal, Pantai Manggar Segarasari merupakan aset pemerintah Kota Balikpapan.

"Pemkot menertibkan supaya pantai bisa jadi lebih indah," katanya.

Tujuan dari pembenahan Pantai Manggar Segarasari supaya pantai bisa menjadi semakin baik kualitasnya dengan harapan para wisatawan yang datang ke pantai bisa puas dan menikmati secara maksimal keindahan alam pantai.

"Selama ini keberadaan toilet ilegal tidak jelas," tegasnya.

Keuntungan toilet yang diperoleh dari bayaran pengunjung pantai tidak masuk ke dalam kas Pendapatan Asli Daerah (PAD) Balikpapan.

"Kontribusinya tidak ada. Makanya pemerintah kota menertibkan, dibenahi supaya retribusinya bisa jelas masuk ke daerah Balikpapan," ujar

Rencananya, lokasi tempat berdirinya toilet ilegal yang sebanyak 96 unit tersebut akan dibangun tempat kawasan kuliner yang nantinya akan menampung para pedagang usaha kecil menengah.

Selain itu, di luar proyek itu, akan ada juga garapan pembangunan jogging track, pembuatan jalan beton di area pantai, dan peninggian pantai serta dibangunnya pemecah ombak.

Anggaran secara keseluruhan memakan biaya sekitar Rp 9 miliar.

"Agustus ini sudah mulai mau terbangun," kata Irma.

Dia berharap, melalui pembenahan Pantai Manggar Segarasari akan diperoleh banyak pendapatan asli daerah.

Secara keseluruhan, untuk target pendapatan asli daerah Balikpapan hanya dari sektor wisata sebesar Rp 3 miliar selama setahun.

"Sekarang saja kalau tidak salah baru dapat sekitar 2,5 miliar," tuturnya.

Proses penerbitan bangunan toilet ilegal dilakukan secara langsung oleh Satuan Polisi Pamong Praja Pemkot Kota Balikpapan bersama dengan kepolisian Polres Balikpapan. Penertiban berlangsung aman terkendali.

Source: tribun.kaltim.co


Wolfskies (05 Juli 2018, 11:09 WITA)

FACEBOOK COMMENTS WILL BE SHOWN ONLY WHEN YOUR SITE IS ONLINE

SHARE THIS PAGE!

Subscribe newsletter 
Thanks for filling out form!